Tuesday, May 26, 2015

Lab 6 MikroTik - Management Log

\

Pada lab sebelumnya kalian telah mengenal apa itu log. Log adalah catatan informasi hasil aktifitas si router. Semua aktifitas router akan tercatat didalam log tersebut. Namun hanya beberapa aktifitas saja yang tercatat. Sedangkan kita bisa memanage apa saja yang ingin tercatat dalam log tersebut. Pertama-tama kita lihat terlebih dahulu tampilan dari log. Log sendiri dapat dilihat pada menu log.


Selanjutnya, log bisa dimanage pada menu system > logging. Bisa terlihat pada tab logging, beberapa topik yang muncul pada loging adalah topik critical, error, info, dan warning. Beberapa topik ini bisa diberi action, seperti info yang diberi action defaultnya ke arah memory routerboard.


Kita juga bisa menambahkan topik baru dengan cara menekan pada tombol add rule. Semisal, kita ingin menambah topik tentang firewall. Jadi semua yang berkaitan dengan firewall akan masuk kedalam sistem log. Action yang kita berikan adalah memory. Sehingga semua topik yang berkaitan dengan firewall akan terekam dalam memory routerboard.


Lalu lihat pada log, bahwa pada baris akhir keterangan bisa terlihat, log rule baru telah ditambahkan oleh admin. Dengan ini maka seluruh info yang berkaitan dengan firewall, maka akan masuk kedalam sistem log dan terekam di dalam memory routerboard. 
Namun, hal ini tidak disarankan untuk anda, sebaiknya anda menghapus konfigurasi sebelumnya. Karena nantinya kita akan bermain dengan firewall sementara log anda akan penuh.


Demikianlah bagaimana cara memanagement log. Semoga anda dapat paham tentang sistem bagian mana saja yang dibolehkan di log. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Jangan lupa datang lain kali.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment