Thursday, May 28, 2015

Lab 7 MikroTik - Reset Konfigurasi MikroTik


Apa yang akan kalian lakukan jika kalian tidak bisa masuk ke sistem mikrotik? panikah? Cari bantuankah? atau menunggu sampai alatnya bisa kembali normal? Di dalam lab kali ini saya ingin menjelaskan beberapa hal kenapa kita tidak bisa masuk ke sistem mikrotik dan bagaimana cara mengatasinya. Ini dia lab yang ditunggu-tungu yaitu reset konfigurasi. 

Dalam reset konfigurasi ini terdapat 2 cara atau metode yang bisa kita lakukan. Cara tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah soft reset dan hard reset. Dimana soft reset ini adalah melakukan reset didalam sistem mikrotiknya sedangkan hard reset berkaitan langsung dengan alat RBnya. Maksudnya apa? berikut penjelasan materinya.



Hard Reset

Lupa username login? Lupa password login? Tenang jangan panik karena ada solusinya. Apa itu? Yaitu mereset konfigurasi. Memang dengan mereset konfigurasi, kita akan bisa masuk kembali ke dalam mikrotik. Namun, hanya sepintas kata, semua konfigurasi yang telah kita lakukan akan hilang dalam sekejap mata. 

Jika hard reset dilakukan, maka konfigurasi akan kembali ke default mode. Seperti ip default dan login default. Dalam hard reset kita tidak diberikan pilihan mana yang ingin di reset, mana yang tidak.  


Untuk melakukan hard reset ikuti langkah-langkah dibawah ini, yang penting siapkan saja routerboard yang sudah ada konfigurasinya.
  • Mencabut semua kabel, baik itu kabel ethernet maupun kabel power.
  • Masukan benda yang berujung kecil seperti tusuk gigi atau pulpen untuk menekan tombol reset.
  • Pastikan benda tersebut menekan tombol reset sampai ada bunyi tombol yang tertekan atau sebut saja bunyi tombol
  • Setelah terdengar bunyi, colokan kabel power.
  • Maka lampu ACT akan berkedap-kedip, tunggu sampai lampunya berhenti berkedap-kedip.
  • Jika lampu sudah berhenti berkedap-kedip reset konfigurasi sudah selesai dilakukan.
  • Tinggal colok kabel ethernet dan masukan pada pc dan lihat pada semua konfigurasi. Dan semua konfigurasi akan kembali ke default mode.

Soft Reset

Berbanding terbalik dengan hard reset mikrotik, soft reset dilakukan di sistem mikrotiknya sehingga untuk meresetnya kita membutuhkan perintah reset konfigurasi. Soft reset dilakukan jika konfigurasi sudah terlalu banyak dan susah untuk diatur. Namun jika lupa username dan password untuk login soft reset tidak bisa dilakukan karena soft reset hanya bisa dilakukan pada saat masuk kedalam sistem mikrotik.

Menggunakan soft reset lebih dimudahkan. Kenapa? Karena kita bisa memilah mana yang ingin di reset dan mana yang tidak ingin direset. Pemilahan yang dapat dilakukan yaitu.
  • Tidak mereset konfigurasi user
  • Tidak ada default konfigurasi
  • Tidak ada satupun yang di backup
Untuk mereset konfigurasi secara reset bisa pada menu System > Reset configuration. Atau bisa menggunakan perintah command line dibawah ini.

[admin@alfa] > system reset-configuration

Update

Bagi yang masih bingung cara mereset konfigurasi secara hard maupun soft, bisa langsung ditonton video yang sudah saya siapkan berikut. Video juga bisa diakses pada link berikut



Berakhirlah perjumpaan kita di lab reset konfigurasi ini. Semoga hal ini bisa membantu anda dalam melakukan reset ketika diperlukan. Terima kasih saya ucapkan kepada pengunjung baik yang setia maupun yang nyasar. Saran dan pertanyaan jangan lupa di letakkan di komentar. Terima kasih lagi.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment