Thursday, May 28, 2015

Lab 8 MikroTik - Install Ulang Perangkat MikroTik Dengan Netinstall



Bosan, Iseng? Install ulang routerboard yok!! Selain mereset konfigurasi menggunakan hard dan soft reset. Kita bisa mereset semua konfigurasi menggunakan cara install ulang loh. Penasaran cara install ulangnya? Berikut informasiinya.

Persiapan Termasuk Persiapan Mental

Pertama siapkan alat-alat yang diperlukan dulu seperti netinstall bisa didownload di website mikrotik, routerboard (sudah pastilah), paket-paket mikrotik (boleh versi terbaru atau lama) yang pasti sesuai dengan arsitektur routerboard anda dan terakhir, keberanian untuk menginstall ulang. Oh iya, hati-hati loh dalam menginstall ulang. Bisa-bisa kalau salah pilih drive C atau data D anda yang hilang. 



Atur Booting Lewat Ether

Sebelum menginstall ulang, kita harus mengubah pengaturan bootingnya agar booting melalui ether, ubah pengaturan booting bisa melalui menu system > Routerboard. Lalu klik setting dan ubah boot devicenya menjadi try ethernet once then nand. 

Pindahkan Kabel Ke Port 1 (POE)

Setelah itu, pindahkan kabel ethernet yang terhubung ke port 1 routerboard (POE).
 

Atur Ip Di Client

Karena router nantinya akan kita hard reset saat mendeteksi perangkat di netinstall, maka seluruh konfigurasi akan menjadi default pabrik. Sehingga ip router juga akan menjadi default. Jadi, ip yang harus disetting pada PC adalah ip yang satu network dengan ip default pabrik tersebut. Masih ingat ip default RB? Untuk lebih jelasnya, silahkan konfigurasi ip pada laptop seperti ini.
  • Ip Address : 192.168.88.2
  • Netmask : 255.255.255.0

Setting Net Booting di Netinstall

Lalu buka netinstallnya. Ingat! Jangan sampai salah tekan. Ikuti instruksi maka anda akan baik-baik saja. Klik pada netbooting lalu masukan address si router dengan menceklist boot server enabled. Lalu klik ok

Mendekteksi Perangkat MikroTik di Netinstall

Setelah pengaturan booting dan memasukan ip port 1 routerboard pada netbooting. Sekarang tinggal, mendeteksi si routerboard pada netinstall. Untuk mendeteksinya gunakan cara hard reset. Selesai hard reset, dipastikan akan muncul identitas si router pada netinstall dengan mac addressnya dengan status ready.  

Mencari Letak File Paket

Lalu cari letak paket-paket yang sudah didownload. Tapi tetap si routerboard masih yang dikonfigurasi (tetap pilih yang routerboard jangan yang drive diatasnya). Maka paket yang dipilih akan muncul pada jendela paket-paket. 

 Menginstall RB Dengan Paket-Paketnya

Selanjutnya, jika paket sudah masuk. Masih tetap routerboard yang dipilih, klik select all lalu klik install. 


Maka proses instalasi akan berjalan seperti biasanya. Dengan ini paket-paket yang terpilih tadi akan masuk kedalam sistem mikrotik.
 

Jika sudah selesai, routerboard akan meminta restart, klik ok. Setelah restart coba lihat konfigurasi-konfigurasinya lagi. Maka semua konfigurasi akan terhapus dan otomatis tereset ulang.

Update

Bagi yang bingung bisa langsung cek di video yang sudah saya tambahkan. Di video ini juga ada beberapa tambahan yang belum saya sempat jelaskan pada artikel ini. Seperti cara netinstall via ethernet tanpa mengubah booting di mikrotik dll. Semoga membantu memudahkan kalian untuk melakukan netinstall terhadap perangkat mikrotik kalian guys. Video juga bisa diakses pada link berikut ini.



Barangkali hanya itu yang dapat saya jelaskan, semoga penjelasan kali ini memudahkan anda dalam melakukan netinstall terhadap perangkat mikrotik kalian yang mungkin tiba tiba hang :v. Semoga bermanfaat, sekian dari saya, salam networking. Sampai berjumpa lagi di artikel berikutnya.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment