Saturday, May 30, 2015

Management DHCP Server Di Windows Server


Sebagai seorang yang handal dalam sysadmin + network engineer, kita harus bisa memanagement penggunaan DHCP pada server kita. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan penggunaan DHCP. Untuk Management DHCP ini bisa dibilang merupakan kelanjutan dari postingan dhcp windows server sebelumnya.  

Menu Konfigurasi DHCP

Untuk mengkonfigurasi atau memenagement DHCP kita bisa membukanya pada start menu di bagian administrative tools lalu pilih DHCP. Di menu konfigurasi tersebut, kita bisa melihat konfigurasi scope yang telah kita konfigurasikan pada saat menginstall DHCP di postingan sebelumnya.

Melihat Besar Penggunaan DHCP

Jika sebelumnya, pada client sudah mendapatkan ip dari DHCP server. Dan ip yang didapatkan tersebut adalah 10.10.10.8/25. Sekarang, di windows server kita bisa melihat host atau address mana saja yang aktif. Disini kita juga bisa melihat persentase penggunaan host dhcp yang kita sediakan.

Cara melihatnya adalah dengan mengklik kanan pada scope yang bersangkutan, lalu pilih display statistics.. Maka jendela statistik penggunaan dhcp akan terlihat. Dan sesuai dengan penggunaan, yang hanya menggunakan layanan dhcp kita baru berjumlah 1 client saja.

Untuk melihat address berapa saja yang digunakan, kita bisa melihatnya dengan mengklik pada address leases di scope yang bersangkutan. Maksudnya scope yang bersangkutan adalah scope yang sedang digunakan oleh satu client tersebut.

Memindahkan Penggunaan Scope

Sekarang, kita coba nonaktifkan scope alpha (scope yang aktif digunakan 1 client tersebut). Selain menonaktifkan scope alpha, kita ubah juga ip server kita agar ip server kita berada didalam scope Beta. Dengan konfigurasi begini, maka apakah yang terjadi?
 
Sekarang, coba di cek lagi ip pada clientnya. Secara otomatis ipnya pasti akan pindah ke scope beta yang telah ditentukan.


Kita juga bisa melihat penggunaan address yang digunakan oleh client pada address leases di scope yang bersangkutan.
 

Sekian penjelesan singkat mengenai management DHCP Server di windows server. Semoga anda menikmati konfigurasi anda. Sekian dari saya, sampai jumpa pada postingan selanjutnya. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di kotak komentar. terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment