Wednesday, November 18, 2015

Lab 21 MikroTik - Blok Situs Dengan Menggunakan Address List

Assalamu'alaikum 

Masih di pagi yang sama, kali ini kita akan melanjutkan lab mikrotik kita dan masih di materi firewall. Masih berlanjut dari lab sebelumnya. Kali ini kita coba blok situs menggunakan address list. Tidak jauh berbeda dari lab sebelumnya, namun pada lab ini, kita menggunakan pengelompokan yang diberi nama (address list). Address list sendiri berguna sebagai pengelompokan agar pada filter rules tidak harus mengisi ip-ip yang ada, hanya tinggal menggunakan address list sebagai panggilan.

Tujuannya, agar pada menu filter rules tidak terlalu banyak settingan. Sehingga akan memudahkan mencari firewall mana yang digunakan dan mana yang tidak. Untuk memulainya setting pada tab address list. Lalu tambahkan. Untuk percobaannya kita gunakan situs youtube lagi. Isikan nama untuk penamaan address listnya dan address yang akan dimasukan pada nama address tersebut.
 

Lalu applykan dan tambahkan lagi ip-ip youtube yang lainnya. Supaya ga bocor salah satu ip yang menuju youtubenya. Dan untuk nama dari address listnya gunakan nama yang sama. Agar saat pemblokiran di filter rules, kita hanya menggunakan satu nama untuk seluruh address yang tersetting.  


Lalu seperti yang sudah saya katakan, kita tambahkan settingan filter rulesnya. Ingat, karena kita ingin memblok client yang menuju youtube artinya paket yang menuju youtube tersebut otomatis melewati router. Karena itu gunakan chain forward. Selanjutnya pada tab advanced (tab lebih lanjut), Masukan dst. Address listnya. Gunakan address list yang telah dibut tadi yang telah dijadikan satu nama. Dan terakhir, karena youtube ingin kita blok paketnya. Maka, action yang digunakan adalah drop.


Berdasarkan hasil percobaan yang saya lakukan saat pengetestan, membuka link youtube.com, pada loading pagenya akan terus berputar. Bahkan test ping ke youtube juga tidak bisa.

Update Video

Berikut saya sediakan video beberapa metode fitur mikrotik yang bisa di gunakan untuk blokir website yang ada di internet. 


Demikian penjelasan mengenai konfigurasi bloksitus menggunakan address list, semoga bermanfaat untuk anda, sekian dari saya. Saran dan pertanyaan bisa anda letakkan pada komentar. Terima kasih sudah berkujung.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment