Thursday, April 30, 2015

Instalasi Windows Server



Pernahkah kalian mencoba windows server? Sama seperti sistem operasi untuk mengendalikan server, windows server juga menyediakan fitur-fitur yang bisa kita jadikan sebagai sistem untuk server. didalam windows server ada beberapa versi seperti windows server 2000, windows server 2003 maupun windows server yang kita gunakan yaitu windows server 2008. Langsung saja saya akan menjelaskan cara menginstall windows server 2008. Bagaimana caranya? Kita langsung saja ke materi.

Langkah pertama instalasi adalah menyiapkan cd atau iso windows server 2008. Saat instalasi dimulai proses pertama kali akan muncul seperti tampilan dibawah ini. Yaitu pemilihan bahasa untuk instalasi, syncronisasi waktu, dan metode penggunakan keyboard.



Tanpa bertele-tele, klik saja install now untuk langsung menginstall.


Jika kalian memiliki key activation, masukan saja key yang kalian miliki tersebut. Jika tidak punya, kita bisa mencelist pada automatically activate windows when i'm online seperti gambar dibawah. Kebetulan saya sendiri tidak memiliki kode aktifasinya. Jadi tinggal ceklist dan klik next untuk melanjutkan.


Oh iya gan satu lagi, kalo misalnya agan tidak memiliki kode aktivasi, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Ini menandakan bahwa jika kita tidak memasukan kode aktivasi akan menimbulkan kehilangan data, informasi dan program seperti yang tercantum pada tulisan di jendela pop-up. Untuk itu, kalian bisa mencari iso atau cd (tidak memiliki kode aktifasi) carilah yang sudah di crack. Agar sesuatu yang tidak diinginkan tidak terjadi.


Lalu pilih versi dari windows yang ingin digunakan. Saya sarankan agar memilih versi yang standar saja.


Berikut merupakan lisensi dari windows server 2008, Baca lisensinya setelah itu ceklist dan klik pada next untuk melanjutkan proses instalasi.


Untuk tipe instalasinya kita bisa memilih custom agar kita mengkonfigurasinya secara manual.


Untuk pembagian partisinya kalian bisa membuat partisi semau kalian. Untuk membaginya, pada Disk 0 Unallocated Space (bisa disebut dengan free space jika pada linux) dengan size 25 Gb. Lalu klik new untuk membagi partisi. Setelah itu masukan sizenya misalkan 20 gb lalu apply. Untuk sisa harddisknya (5 Gb) kalian bisa mengikuti cara sebelumnya dengan partisi unallocated.


Setelah itu, kita tunggu proses instalasinya, memang agak lama pada proses ini, karena inilah bagian inti dari instalasi tersebut. kalian bisa makan atau minum kopi dulu untuk menunggu proses ini. Jika instalasi sudah selesai biasanya sistem akan reboot dan Setelah reboot telah selesai maka proses instalasi akan diselesaikan. Dan sebentar lagi, kalian akan dapat menikmati dari sistem operasi yang bernama windows server 2008 ini.



Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini. Ini berbahaya tapi tenang, jangan panik karena ada solusinya dengan cara mengklik ok pada tampilan dibawah ini. Sebenarnya tampilan ini, ditunjukan karena pembuatan password harus diubah atau dibuat untuk login yang pertama kali. Password ini digunakan untuk login sebagai administrator atau bisa disebut login sebagai super user.


Karena itu, kita harus membuat passwordnya untuk login sebagai administrator. Pada cara ini, pastikan kalian membuat password dengan tulisan, angka maupun simbol. Sebagai contoh password saya "alfafarhan.98"


Dan inilah salah satu tampilan dari windows server 2008. Sekarang tinggal menkonfigurasinya yang akan saya jelaskan pada materi selanjutnya.



Hanya itu yang dapat saya jelaskan dan semoga anda dapat mencoba sekali-kali dalam konfigurasi pada windows server ini. Karena banyak kelebihan dalam sistem konfigurasinya, diantaranya konfigurasi dalam mode dekstop sehingga memudahkan konfigurasi.

Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment