Thursday, May 21, 2015

Lab 3 MikroTik - Berkenalan Dengan MikroTik


Setelah kita masuk dan login ke dalam sistem mikrotik, sekarang saya akan menunjukan kepada anda bagaimana sih isi dari mikrotik itu? Dan bagaimana cara menggunakannya? Setiap pertanyaan anda akan terjawab pada lab ini.

Agar pengenalan dengan mikrotik dapat berjalan dengan mudah, kita gunakan winbox. Karena apa? karena menggunakan winbox jauh lebih disarankan untuk anda sebagai pemula. Dan juga aplikasi ini sering digunakan oleh para penggunanya.


Langsung saja kita lihat pada tampilan winbox (login dulu ya kalo mau liat tampilannya). Saya akan mengambil beberapa hal yang perlu anda tau yaitu :
  • Hide password : Untuk mengubah password yang dimasukan menjadi tanda bintang-bintang. Jika hide password di unceklist setiap kita masukan password, kettikan password akan terlihat pada layar.
  • Versi Mikrotik : Pada title bar (bagian paling atas) menunjukan bahwa versi berapakah yang mikrotik gunakan.
  • Undo & redo : undo berfungsi sebagai mengulang kembali ke awal jika kita salah konfigurasi atau redo adalah kebalikannya.
  • Fitur Mikrotik : Bisa disebut menu kiri, fungsinya untuk perintah-perintah untuk mengkonfigurasi si router.

Lalu, untuk fitur mikrotik. Fitur mikrotik bisa dijalankan jika aplikasi pada paket sudah tertera atau terinstall. Untuk melihat paket-paket yang ada atau sedang digunakan mikrotik bisa pada menu kiri pilih yang System Lalu pilih Package. 



Selain itu, kita juga bisa melihat spesifikasi sistem yang mikrotik gunakan. Pada sistem inilah, kita bisa melihat secara rinci sistem serta versi yang mikrotik anda gunakan. Bisa dibilang inilah ktp dari si routerboard mikrotik. Untuk melihat sistemnya bisa pada menu System > Resources.  



Setelah berkenalan menggunakan GUI, kita juga harus berkenal menggunakan CLI. Kita coba login ke mikrotik menggunakan telnet atau ssh (terserah anda). Lalu kita coba lihat sistem dari mikrotik. Karena kita menggunakan mode CLI, maka perintah yang digunakan adalah perintah berupa sintaks. Untuk melihat sistem mikrotik bisa menggunakan perintah command line berikut ini.

[admin@alfa] > system recources print


Semoga dengan perkenalan ini, hubungan anda dengan mikrotik akan semakin dekat dan terus berjalan baik seiring berjalannya waktu. Sekian dari saya, salam perkenalan. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment