Friday, May 22, 2015

Pengenalan Singkat Mengenai Cisco



Kembali lagi bersama saya.. masih membahas materi-materi atau pelajaran yang berkaitan dengan komputer atau jaringan. Kali ini kita akan membahas tentang Cisco. Apa itu Cisco?? Penasaran? ngga? yang bener? yakin? ini dia rincian mengenai cisco. 

Apa itu Cisco? Makanan kah?

Cisco... lima huruf yang secara tidak langsung berhubungan dalam kebutuhan kita sehari-hari. Ya, dia adalah salah satu vendor yang telah membantu kita untuk bisa berkomunikasi ke internet. Dimana, cisco ini berkaitan dengan perangkat-perangkat yang berfungsi dalam menghubungkan jaringan. Didalam cisco terdapat bermacam-macam alat jaringan. Berikut adalah daftar ringkas alat-alat yang disediakan cisco.



Masing-masing dari alat diatas memiliki fitur-fitur yang berbeda-beda dan ber-aneka ragam. Tapi fitur-fitur tersebut tidak lepas dari fungsi alat tersebut.

Remote Akses

Perangkat-perangkat cisco diatas pasti memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri. Sebelum menikmati fungsi dari alat-alat jaringan tersebut, kita sebagai network engineer, minimal harus bisa masuk ke sistemnya.

Di beberapa alat cisco seperti router dan switch, kita bisa meremote akses (masuk ke sistem cisco) dengan cara menggunakan kabel console. Contohnya seperti gambar dibawah. Alat cisco, diremote menggunakan kabel console (Roll Over + Serial to USB Converter) yang terhubung ke port console router dan port USB laptop.

Remote Akses Console

Jika kabel console sudah terpasang, biasanya pada laptop akan secara otomatis menginstall driver device konsolnya. Setelah itu, untuk meremotenya kita perlu mengetahui port com berapa yang sudah terdetect di laptop. Kita bisa mengeceknya di pengaturan device manager.


Jika kita sudah mengetahui port com berapa kabel consolenya, kita bisa langsung meremote sistem cisconya menggunakan aplikasi hyperterminal atau bisa juga dengan putty lalu masukan pilihan port 'com' nya pada tipe koneksi serial.

Demikianlah penjelasan yang singkat padat dan berat dan juga beberapa cara meremote akses real device perangkat-perangkat cisco. Semoga kalian bisa memahaminya. Hal ini dikarenakan mulai dari lab ini, kita akan mencoba konfigurasi dari fitur-fitur yang ada perangkat-perangkat cisco ini. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment