Monday, June 8, 2015

Analisis Kebutuhan Hardware Dan Software Windows Server 2008

Tujuan

  • Dapat mengetahui sejarah windows server 200
  • Dapat mengetahui pengertian windows server 2008 
  • Dapat mengetahui spesifikasi hardware dan software untuk keperluan windows server 2008 
  • Dapat mengetahui pengertian windows7 
  • Dapat mengetahui spesifikasi hardware dan software untuk keperluan windows7

Konsep Dasar

Pengertian windows server 2008

Windows Server 2008 adalah sebuah versi baru Windows Server, yang dirilis pada tanggal 27 Februari 2008. Pada saat pengembangannya, Windows Server memiliki nama kode “Windows Server Codenamed Longhorn.” Windows Server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. 

Windows Server 2008 dibangun di atas beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista, dan ditujukan agar bisa lebih modular secara signifikan, ketimbang pendahulunya, Windows Server 2003. Windows Server 2008 dikembangkan dari Windows Server 2003 R2 yang sudah terbukti cukup andal dan aman, untuk membantu meringankan tekanan tersebut, dengan mengotomatisasikan tugas pengelolaan harian, memperketat pengamanan, meningkatkan efisiensi dan keandalan sistem.

Fitur utama yang menjadi keunggulan Windows Server 2008 ini adalah penyederhanaan tugas administrasi, karena riset internal Microsoft, sekitar 70 persen anggaran belanja TI dihabiskan untuk tugas pengelolaan harian.

Kelebihan Windows Server 2008

  • Windows Server 2008 dapat beroperasi tanpa tampilan grafis atau graphical user interface (GUI) dengan adanya teknologi powershell. 
  • Terdapat Layanan untuk Macintosh. 
  • Bisa Membooting jarak jauh untuk client.

Kekurangan Windows Server 2008

Dokumentasi online, yang praktis tidak diperlukan, ketika sistem keamanan tertinggi Active X telah dipilih menyebabkan strategi keamanan yang kurang baik pada IIS.

Spesifikasi Hardware untuk windows server 2008

Prosesor

Spesifikasi prosesor minimum yang digunakan adalah 1 GHz (x86 processor) atau 1.4 GHz (x64 processor). Sebagai catatan, Prosesor Intel Itanium 2 dibutuhkan secara khusus untuk instalasi Windows Server 2008 untuk sistem yang berbasis Itanium.

Memori (RAM)

Kapasitas memori minimum yang dibutuhkan untuk Windows ini adalah 512 MB RAM. Maksimum RAM untuk sistem 32-bit adalah 4 GB (Standard) atau 64 GB (Enterprise dan Datacenter). Sedangkan maksimum memori untuk sistem 64-bit adalah 8 GB (Foundation), 32 GB (Standard) atau 2 TB (untuk Enterprise, Datacenter, dan sistem berbasis Itanium).

Kapasitas Harddisk

Kapasitas harddisk minimum untuk sistem 32-bit membutuhkan 20 GB (atau lebih) sedangkan untuk sistem 64-bit membutuhkan 32 GB atau lebih. Sistem Foundationmembutuhkan minimal 10 GB. Sebagai catatan, untuk komputer dengan RAM lebih dari 16 GB membutuhkan banyak disk space untuk keperluan paging, hibernation, dan beberapa keperluan lainnya.

Display

Kebutuhan display minimal adalah menggunakan Super VGA (800 × 600). Tetapi tentu saja untuk kinerja yang lebih baik, Anda dianjurkan menggunakan monitor dengan resolusi yang lebih tinggi.

Aplikasi yang dibutuhkan untuk windows server 2008

File server

File Server fungsinya sebagai media layanan transfer berbagai jenis file, baik audio maupun video dan dokumen, File server bisa berarti komputer yang digunakan untuk menampung data-data yang dimiliki oleh sejumlah client.Kapasitas penyimpanan server tersebut juga tergantung dari kapasitas HDD yang dimiliki oleh server tersebut.

Server Database    

Server ini melayani servis bagi client yang membutuhkan layanan penyimpan database. Dalam server database tersebut,bisa berisi ratusan ataupun ribuan database dari banyak User. Biasanya database tersebut di kelompokan atau disimpan per-user yang memakai database tersebut.Agar tidak terjadinya pencurian data.

Web server

Web Server adalah sebuah software yang melayani permintaan berupa https dari pc/client yang terhubung dalam jaringan (internet/intranet) dan memberikan suatu hasil berupa halaman-halaman web yang ditampilkan dalam web browser. Web server menggunakan port 80.

Berikut Ini Jenis-Jenis Web Server:
  • Microsoft Windows server 2003 Internet Information Service (IIS) 
  • Light HTTP 
  • Jigsaw 
  • Sun java system web server 
  • Xitami web server
  • Apache Web server – the HTTP web server 
  • Apache Tomcat

Mail Server

Mail server mempunyai peran untuk melayani client dalam hal mail surat . Surat dalam hal ini,client bisa mengirimkan pesan ke client yang lain,yang dimana surat tersebut bisa di simpan dalam server mail itu juga. Selain sebagai tempat untuk menyimpan surat,server mail juga menyediakan layanan pelengkap mail servis sebagai web interface untuk memudahkan client menulis surat dan mengorganisir surat yang di punya client .

Print Server

Server ini bisa digunakan untuk pusat layanan percetakan (print) bagi client. Dengan adanya server ini, segala aktivitas “print” bisa dilakukan secara bersama dan menghemat biaya hardware karena meskipun terdapat satu printer, printer tersebut bisa digunakan oleh banyak komputer.

Terminal Server

Berfungsi sebagai pusat pengendali jaringan dan tutoring jaringan.

DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol) Server

fungsinya menangani pengalaman IP address untuk seluruh user didalam jaringan secara otomatis.

Administration and Management server

Member Login dicapai oleh notaris Password dan Username dapat membandingkan mereka. Dengan semua nama pengguna dan password untuk mereka. Juga dapat mengendalikan semua perangkat dan mengidentifikasi program yang harus bekerja dan juga dapat membatalkan layanan tertentu di salah satu workstation. Ia juga dapat menutup atau membuka aplikasi pada komputer yang berkuasa penuh dalam jaringan.

Wide Area Information Server (WAIS)

Wide Area Information Server (disingkat menjadiWAIS) adalah sebuah  sistem pencarian dan pembukaan dokumen di Internet yang berbasis system operasi UNIX yang dapat digunakan untuk mencari dokumen pada lebih dari 500 pustaka WAIS (yang disebut sebagai WAIS Library) di Internet seperti halnya Project Gutenberg (situs buku elektronik gratis), dengan menemukan berkas-berkas yang telah diindeksasi yang cocok dengankeyword (kata kunci) yang dimasukkan oleh pengguna. WAIS juga dapat digunakan sebagai mesin pencari (search engine) dalam sebuah situs web individual. 8. Mail server

Windows 7 sebagai Client

Windows 7 adalah versi windows terakhir yang menggunakan menu start yang menggantikan versi windows sebelumnya, Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista. Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel.

Kelebihan dari Windows 7

  • Proses Booting dan proses Shut Down lebih cepat. Booting delay time,  waktu durasi booting lebih cepat. 
  • Hemat Konsumsi daya,sehingga windows 7, lebih stabil jika dibandingkan dengan windows vista.

Kekurangan dari  Windows 7

  • Terdapat beberapa program yang  belum bisa beroperasi di Windows7. 
  • Pada Windows Player 12 Terjadi Bug.

Spesifikasi Hardware untuk windows7 (client)

  • Processor Intel dengan kecepatan minimal 1 GHz (32 bit atau 64 bit) 
  • RAM minimal 1 GB untuk 32 bit dan 64 GB untuk 64 bit. 
  • Space harddisk yang masih tersisa minimal 16 GB untuk 32 bit dan 20     GB untuk 64 bit.
  • Direct X 9 graphic card

Aplikasi yang di butuhkan Windows 7

  • Microsoft office 
  • Antivirus, contoh : MSE , ESET , SMADAV, dll. 
  • Web browser, contoh : Internet Explorer,Mozila firefox,google chrome,dll. 
  • winRar/winZip 
  • Utillities
Sekian Perjumpaan kita berakhir disini semoga anda-anda sekalian dapat mengerti materi yang saya berikan ini. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih sudah berkunjung.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment