Monday, June 8, 2015

Web Server Di CentOS (DNS + HTTP + HTTPS) - Part 3 Web Server HTTPS


Masih kelanjutan dari part sebelumnya, kali ini kita akan membahas cara mengkonfigurasi di server httpsnya. Sebelum itu pastikan server https sudah terkonfigurasi denga address yang sudah di sesuaikan di tabel address part 1 sebelumnya. Jika sudah, langsung saja kita masuk ke materi kita.

Mounting Direktori Utama Web Server

Pada server http sebelumnya sudah kita setting direktori utama untuk web servernya. Sisanya, tinggal mengkonfigurasi direktori utama pada web server https. Untuk mempermudah dan mempercepat konfigurasi, langkah mudah yang bisa kita lakukan adalah memounting direktori utama diserver http ke server https. 

Sama seperti di server http sebelumnya yang telah menggunakan paket NFS untuk memounting direktori utama, di server https juga menggunakan aplikasi NFS untuk memounting direktori utama di server http. Pertama install dulu aplikasi NFSnya dengan menggunakan perintah berikut ini.

# yum -y install nfs-utils nfs-utils-lib
Jika sudah, kita buat direktori untuk tempat peletakan hasil mountingannya. Gunakan perintah berikut ini untuk membuat direktori.

# mkdir /web
Selanjutnya tinggal di mounting deh direktori /web di server http kearah direktori /web yang baru dibuat di server https. Untuk mountingnya kearah address server http dan perintah yang digunakan adalah perintah berikut ini.

# mount 192.168.1.2:/web/ /web

Install Aplikasi Web Server HTTPS 

Alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat server https adalah aplikasi httpd, php, dan mod_ssl. Untuk menginstall ketiga aplikasi tersebut bisa menggunakan perintah berikut ini.

# yum -y install httpd php mod_ssl

Direktori Utama Https

Yang dilakukan selanjutnya adalah membuat direktori utama untuk httpsnya. Untuk peletakan direktori httpsnya bisa diletakkan di direktori httpd. Untuk membuat direktorinya dapat menggunakan perintah berikut ini.

# mkdir /etc/httpd/ssl

Keamanan Https

Sesuai dengan namanya, https (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah web server yang memiliki tingkat keamanan dalam mengakses. Didalam https, kita harus menyetting informasi untuk httpsnya. Sehingga hal ini akan menandakan kepunyaan siapa web https yang digunakan. untuk mengkonfigurasinya, kita bisa menggunakan perintah sesuai pada gambar dibawah ini.

Selain itu, dengan menggunakan perintah yang disebutkan. Kita juga memasukan kemanan untuk httpsnya. Keamanan tersebut berupa key yang disimpan didalam direktori yang diinginkan (dalam hal ini letak direktori untuk keynya berada di direktori utama https yang sudah dibuat  tadi).

Mengedit File Konfigurasi Https

Untuk menjalankan https, ada beberapa yang harus dikonfigurasi termasuk file konfigurasi khusus untuk tempat mengkonfigurasi https. File tersebut bernama ssl.conf yang terletak pda direktori /etc/httpd/conf.d. Untuk mengedit file tersebut, perintah yang dapat digunakan adalah sebagai berikut.

# vi /etc/httpd/conf.d/ssl.conf
Lalu pada baris Virtualhost, hilangkan tanda pagarnya dan diisi dengan 443 (port https). Lalu, dibawahnya (baris DocumentRoot) tambahkan letak direktori utama web server httpsnya. Dan untuk servernamenya masukan domain yang sudah disetting pada server dns untuk domain httpsnya dan pastikan tidak lupa menambahkan port httpsnya (443).


Masih berada di file yang sama, carilah baris sertificate SSL. Di sertifikat tersebut, masukan letak direktori yang sudah dijadikan tempat keamanan Https sebelumnya.
 

Mematikan Firewall

Seperti biasa, agar website server https bisa diakses oleh client. Kita harus, mematikan firewallnya terlebih dahulu. Caranya dengan mengedit file /etc/selinux/config. Untuk mengeditnya gunakan perintah berikut ini. Lalu edit baris selinux menjadi disabled.

# vi etc/selinux/config

Langkah terakhirnya menggunakan perintah setenforce 0 untuk mematikan firewallnya. Seperti contoh perintah berikut ini.

# setenforce 0

Restart Aplikasi HTTPD

Agar konfigurasi dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan, kita harus merestart aplikasi Httpnya. Untuk merestart aplikasi gunakan perintah berikut ini.

# service httpd restart

Pengecekkan Pada Client : Implementasi

Langkah terakhir untuk menyelesaikan material kita kali ini adalah pengecekkan pada client. Sebelum itu, pada client harus disetting address, netmask dan dns sesuai dengan tabel address yang sudah saya sediakan sebelumnya di part1. Jika sudah maka kita akan melanjutkan pengetestannya.

Bukalah web browser, lalu untuk pengecekkan pertama, bukalah nama domain server http sesuai dengan yang disetting pada server dns. Masih ingat bukan nama domain untuk server http? ya nama domainnya adalah alfafarhan.net. Jika website berhasil terbuka, maka proses autentikasi akan muncul. Kenapa? hal ini disebabkan karena sebelumnya pada server http sudah disetting autentikasi.


Isikan autentikasi sesuai dengan setingan pada server httpnya. Jika berhasil melewati proses autentikasi, maka tampilan website akan seperti gambar dibawah ini. Tampilan website ini berdasarkan settingan file html yang di konfigurasikan di server http.
 
   
Pengecekkan kedua adalah pengetestan terhadap server https. Buka website domain kedua alfafarhan.com (untuk server https yang disetting di server dns). Jika tampilan seperti gambar dibawah yang muncul, cukup klik tetap lanjutkan. Tampilan seperti ini muncul dikarenakan sifat dari web server https yang memiliki keamanan yang tinggi.
 

Jika sudah mengklik "tetap lanjutkan", maka tampilan dari isi website sama seperti tampilan website server http. Hal ini disebabkan karena sebelumnya direktori utama server http sudah dimounting oleh server https menggunakan aplikasi NFS.

Hanya beberapa konfigurasi dan settingan dns + web server http maupun https yang bisa saya jelaskan kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan masukan dikomentar. Terima kasih sudah mau berkunjung, datang lain kali.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment