Monday, November 2, 2015

Lab 17 Cisco - Spanning Tree Portfast

Assalamu'alaikum

Melanjutkan dari lab cisco sebelumnya, kali ini saya akan menjelaskan tentang spanning tree portfast. Sekedar saran, untuk mempermudah kalian memahami materi ini, disarankan anda kembali melihat lab cisco sebelumnya sebelumnya. Karena diharapkan, lab yang dibuat tidak di longkapi. Kembali lagi, apa itu port fast dan apa kegunaannya? Berikut penjelasannya.

Tahap STP-State

Biasanya, ketika kita hendak mencolokkan kabel ke switch akan membutuhkan waktu lama supaya dapat di gunakan. Biasanya membutuhkan waktu 50 detik dari lampu orange ke lampu hijau. Tahap STP-state interface pada switch yang sudah dibahas sebelumnya, yaitu :

Blocking ----> Listening ----> Learning ----> Forwarding
       20s           15s             15s

Konfigurasi PortFast

Jika menggunakan portfast maka STP state-nya dari blocking langsung ke forwarding. Untuk mempercepat port fast tersebut, kita bisa menggunakan perintah sebagai berikut.

Switch#conf t
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Switch(config)#int range fa0/1-4
Switch(config-if-range)#spanning-tree portfast
%Warning: portfast should only be enabled on ports connected to a single
 host. Connecting hubs, concentrators, switches, bridges, etc... to this
 interface  when portfast is enabled, can cause temporary bridging loops.
 Use with CAUTION

%Portfast will be configured in 4 interfaces due to the range command
 but will only have effect when the interfaces are in a non-trunking mode.
Switch(config-if-range)#
Dengan begini, port fast ethernet 1-4 akan lebih cepat port statenya. Sebagai tambahan, port fast biasa digunakan pada bagian port yag mengarah ke host/client. Karena itu, peringatan pada konfigurasi dijelaskan. Memasang portfast hanya akan membuat switching loop. Alangkah baiknya, jika tidak memasang portfast pada interface yang terhubung ke device pembagi lainnya seperti switch apalagi jika menggunakan 2 link yang sama

Demikian penjelesan yang benar-benar sangat singkat. Semoga bermanfaat untuk anda. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment