Thursday, May 21, 2015

Lab 1 MikroTik - Mengkoneksikan RouterBoard Dengan PC/Laptop



Perkenalkan lagi, saya alfa farhan. Masuk ke lab pertama MikroTik kita yaitu menghubungkan RB dengan PC. Dalam lab-lab MikroTik ini, saya akan menggunakan konfigurasi real device RouterBoard. Untuk yang ingin mengkonfigurasi menggunakan mode virtual seperti GNS3, bisa melihatnya di bagian "belajar virtualisasi".

Pada lab pertama ini saya ingin mengajarkan anda bahwa setiap ingin mengkonfigurasi router, haruslah terhubung antar pc dan router. Jika sudah terhubung antar keduanya, maka 2 fungsi yang bisa berguna adalah : 
  • Bisa saling terhubung : artinya keduanya sudah bisa saling mengirim data. (dengan syarat address antar keduanya telah terhubung). 
  • Bisa mengakses router menggunakan pc : artinya di dalam sistem pc, kita bisa masuk kedalam sistem router menggunakan aplikasi dengan cara login kedalam sistem router tersebut.

Topologi

Untuk lebih jelas, saya disini menggunakan topology. Bisa di lihat, pc terhubung ke salah satu interface router (lebih tepatnya interface ether2) menggunakan kabel utp. Agar si pc dapat terhubung dengan router maka membutuhkan alamat (address). Kita gunakan saja addressnya yang satu network.

Masuk Ke Sistem MikroTik Menggunakan Winbox

Pertama login dulu ke router dari pc menggunakan aplikasi winbox. Untuk aplikasi winbox bisa didownload di link berikut ini. Kita bisa menggunakan mac address dari si router. Cara mencari tau mac addressnya bisa menggunakan tombol discovery. Dengan syarat, router dan pc terhubung menggunakan perantara.

Setting Ip Di Interface MikroTik 

Maka pada tampilan si winbox terdapat menu sebelah kiri (sebut saja menu kiri). Setelah itu, agar pc dan router dapat terhubung, kita setting ip untuk routernya dulu. Caranya, klik pada pilihan (menu kiri) Ip lalu masuk ke Addresses. Pada jendela address list klik pada tanda plus (+) untuk menambahkan konfigurasi. 

Masukan ipnya dan jangan lupa netmasknya sesuai dengan keinginan (disini saya menyetting ip 13.13.13.1/24. Setelah itu interfacenya gunakan interface yang terhubung ke PC (di topologi kita menggunakan interface ether2). Lalu apply dan ok. Jika menggunkan CLI bisa menggunakan perintah dibawah ini.



[admin@alfa] > ip address add address=13.13.13.1/24 interface=ether2

Setting Address Di PC/Laptop

Jika pada router sudah di setting ipnya, maka tinggal pada pc. Ingat setting ip harus satu network dengan si router. Jadi, setting ip di interface ethernet (yang mengarah ke RB) dengan contoh settingan seperti rincian berikut ini.
  • Ip Address : 13.13.13.2
  • Netmask : 255.255.255.0

Pengetestan Pengiriman Paket Data

Lalu buka cmd dan coba test ping ke router. Jika berhasil maka akan muncul replynya. Jika belum, pasti ada kesalahan saat mengkonfigurasi. Ulangi dan coba lagi. Selain itu, pengetestan juga dapat di lakukan pada si router. Yaitu dengan cara membuka terminal. Setelah terminal sudah di buka, coba test ping ke si pc dengan mengeping ke ip si pc.

Update

Berikut, saya sediakan video tutorial awal bagi yang masih belum faham. Video juga bisa diakses pada link berikut ini. Semoga bermanfaat guys.

 
Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih telah berkunjung. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima Kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment