Wednesday, April 24, 2019

C++ Programming 10 - Pointer Di C++

Asslamu'alaikum

Selamat siang, melanjutkan kembali pembahasan mengenai c++, di pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai pointer. Jika di pembahasan c++ sebelumnya yang dibahas adalah terkait memory array yang bertipe index. Hampir sama seperti array yang berfungsi sebagai memory, pada pointer digunakan untuk menyimpan memori variabel tertentu.  

Pointer

Pointer merupakan tipe data berukuran 32 bit berisi nilai atau value dengan alamat memori tertentu. Penggunaan pointer harus di deklarasikan terlebih dahulu dengan menggunakan tipe data pointer. Bentuk umum tipe data pointer adalah *variabel contoh :
float *variabel; 
Dimana menunjukan sebuah variabel dengan tipe data float adalah sebuah pointer. Untuk menjalankan pointer sendiri terdapat 2 jenis operator yang bisa difungsikan. Yaitu operator deference dan operator reference. 



Operator Deference (&)

Operator deference adalah operator pointer yang di gunakan untuk mengambil memori suatu value pada variabel tertentu. Penyebutan fungsi operator deference adalah "address of" suatu variabel. Dengan menggunakan operator deference kita juga bisa mengetahui letak variabel akan di simpan. Dimana kita hanya perlu menambahkan tanda amperstand di depan variabel &variabel yang berarti "address of".
 
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream>
using namespace std;

int main()
{
   int aziz, amir, *sono;
   aziz = 75;
   amir = aziz;
   sono = &aziz;

   cout<<"Nilai Aziz = "<<aziz<<endl;
   cout<<"Nilai Amir = "<<amir<<endl;
   cout<<"Nilai Sono = "<<sono<<endl;
   getch();
}
Pada contoh di atas, terlihat untuk menggunakan operator deference terlebih dahulu tipe data pada variabel sono harus di deklarasikan sebagai pointer. Dan begitu kita melakukan print pada variabel sono, karena sudah di lakukan operator deferance, hasilnya akan terlihat posisi memory variabel aziz yang di lakukan penyimpanan pada pointer sono.
Hasilnya
Nilai Aziz = 75
Nilai Amir = 75
Nilai Sono = 0x6ffe2c



Operator Reference

Berbeda dengan operator Deference, fungsi dari operator reference ini adalah untuk memunculkan nilai dari memori yang di simpan oleh operator deference sebelumnya.  

#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#include<iostream>
using namespace std;

int main()
{
   int aziz, *sono, rafli;
   aziz = 75;
   sono = &aziz;
   rafli = *sono;

   cout << "Nilai Aziz = "<<aziz<<endl;
   cout << "Nilai Sono = "<<sono<<endl;
   cout << "Nilai Rafli = "<<rafli<<endl;
   getch( );
}
Pada hal ini, variabel rafli tidak perlu di deklarasikan sebagai pointer. Kita cukup memanggil reference (*) dari variabel sono untuk menampilkan memori yang sebelumnya di simpan oleh pointer variabel sono. Hasilnya akan seperti ini.
Nilai Aziz = 75
Nilai Sono = 0x6ffe30
Nilai Rafli = 75
Dan sekirannya begitu penjelasan mengenai pointer pada c++. Di pembahasan berikutnya nanti akan kta lanjutkan dengan pembahasan mengenai memory struct. Sekian dari saya, sampai berjumpa di pembahasan berikutnya. Salam programming!!.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment