Monday, May 25, 2015

iSCSI Part 2 - iSCSI Inititator - Windows

Topologi

Masih lanjutan dari postingan iSCSI sebelumnya, sekarang kita akan mengkonfigurasi iSCSI Initiatornya atau client-clientnya. Di part 2 ini saya akan menjelaskan cara setting iSCSI Initiator di Windows. Sehingga kita tinggal melanjutkan dari settingan yang telah disetting sebelumnya pada iSCSI Target.

Tabel Address.

Mengikuti dari postingan sebelumnya, pada iSCSI Initiator Windows kita akan menyetting address perangkatnya dengan address : 77.77.77.3/29

Tujuan 

Untuk mengetahui cara mengkonfigurasi iSCSI Initiator di Windows, sekaligus memahami dan membuktikan bahwa harddisk atau media penyimpanan bisa saling berbagi dengan menggunakan media jaringan.

Konsep Dasar

iSCSI Initiator bisa dibilang client dari server iSCSI (iSCSI Target). Fungsinya adalah client yang akan menggunakan media penyimapan si server. Sehingga pada client tidak perlu menggunakan harddisk sendiri melainkan cukup menggunakan penyimpanan yang ada pada server.

Konfigurasi

Mengkoneksikan iSCSI Initiator Ke iSCSI Target

Tinggal tahap konfigurasi, sekarang kita akan coba buka aplikasi iSCSI Initiator yang berada di control panel bagian administrative tools. Disini saya menggunakan windows 8 sebagai iSCSI Initiatornya.


Selanjutnya, pada menu iSCSI Initiator kita masukan address dari iSCSI Targetnya pada bagian target seperti yang sudah di tandai. Setelah itu kita klik "Quick Connect" pada pada address target yang kita masukan untuk koneksinya tadi akan terdeteksi domain penyama yang telah disetting sebelumnya pada iSCSI Target.



Kenapa pada tampilan status "domain penyama iSCSInya" masih inactive? hal ini dikarenakan pada server CentOS (iSCSI Target) Sebelumnya telah kita setting media autentikasi. Agar dapat mengaktifkan konfigurasi iSCSI di Initiatornya, kita juga harus memasukan autentikasi tersebut. Caranya dengan mengklik pada domain iSCSI Target lalu pilih connect dan klik pada pilihan advanced.


Maka pada jendela "advanced setting" ada baris pengisian autentikasi chap. Isikan dengan nama dan secret yang sudah kita setting sebelumnya pada server iSCSI Target.


Dengan begini, maka domain iSCSI Target sudah terkoneksi dengan iSCSI Windows. 

Setting iSCSI Sebagai Media Penyimpanan Windows (NTFS)

Tahap akhir dari konfigurasi iSCSI Initiatornya adalah dengan menjadikan media penyimpanan yang sudah terkoneksi dengan iSCSI Initiatornya sebagai media penyimpanan di windowsnya. Sebelum itu, kita masukan dulu koneksi iSCSInya agar bisa dimasukan ke sistem partisi pada windows. Caranya dengan mengklik Auto Configurasi pada menu Volumes dan devices.


Setelah media penyimpanan sudah dimasukan kedalam sistem partisi pada windows, tinggal tahap akhir yaitu menjadikan partisi free space yang sudah ditambahkan tadi untuk dijadikan ke partisi windows. Tujuannya agar partisi tersebut langsung bisa digunakan untuk kepentingan media penyimpanan.

Pada gambar bisa terlihat bahwa ketika masuk ke pengaturan computer management, secara otomatis akan muncul jendela penambahan disk setelah menambahkan penyimpanan baru hasil dari iSCSI Initiator. Langsung saja, kita jadikan media penyimapan sebagai MBR (master boot record) lalu klik ok.

Lalu kita jadikan fre spacenya agar bisa digunakan untuk media penyimpanan windows caranya dengan mengklik pada free space di disk yang baru muncul lalu kita tambahkan dengan new simple volumes. 


Cara selanjutnya tidak dijelaskan karena cara menambah partisinya tidak berbeda dari cara menambah partisi di windows pada umumnya. Jika penambahan partisi agar bisa digunakan sudah selesai, maka pada media penyimpanan akan muncul partisi baru yang bisa kita jadikan media penyimapan untuk windows.



Demikian penjelasan dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Untuk konfigurasi iSCSI Initiator pada debian akan saya jelaskan pada part selanjutnya yang sudah saya sediakan pada link berikut ini. Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa lain hari. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment