Saturday, June 6, 2015

Ceph Cluster Di CentOS - Part 3


Tinggal sedikit lagi konfigurasi yang harus kita lakukan. Karena part ketiga dari mengkonfigurasi ceph cluster ini adalah part konfigurasi terakhir. Semoga anda dapat lebih sabar dalam mengkonfigurasi. Dan lebih tabah jika ada kendala ataupun kesalahan dalam mengkonfigurasi ceph. Berikut langkah terakhirnya.

Membuat Ceph File System

Langkah terakhir yang harus dilakukan di client adalah membuat file system khusus untuk penggunaan cephnya. Hal pertama yang harus dikonfigurasi untuk membuat ceph file sistem adalah membuat pool pada ceph osd. Berikut perintah yang dapat kita gunakan untuk membuat poolnya.

# ceph osd pool create data 100
# ceph osd pool create metadata 100
Setelah dibuat dicek osd poolnya dengan menggunakan perintah ls.


Selanjutnya, kita buat deh file system cephnya. Perintah yang dapat kita gunakan adalah sebagai berikut.

# ceph fs new fsdata metadata data
Lalu, kita buat secret file dengan cara menyalin keyring yang sudah diberikan dari admin-node sebelumnya. Dan meletakkan keyring tersebut ke file baru. Sebelum itu kita cek dulu keyring yang sudah didapatkan dari admin-node dengan perintah cat ke direktori keyringnya.


Jika sudah tinggal kita mounting deh driver ceph yang sebelumnya sudah disetting pada server admin-node dan node lainnya. Mountingnya kearah server MON (yang disetting di server node1) dan di mounting kearah direktori yang baru saja. Untuk perintahnya bisa menggunakan perintah berikut ini.

# mkdir /mnt/ceph
# mount -t ceph 172.16.11.3:6789:/ /mnt/cephfs/ -o name=admin,secretfile=/etc/ceph/admin.secret
Jika sudah di mounting, kita cek dulu hasil mountingannya dengan menggunakan eprintah df -h.


kita install paket terakhir yaitu paket ceph-fuse. Perintah yang dapat kita gunakan adalah sebagai berikut.

# yum -y install ceph-fuse
Setelah itu, dimounting lagi. Jika sebelumnya kita mounting driver ceph, sekarang yang dimounting adalah filesystem cephnya. Arah mountingannya dari server MON ke direktori baru yang akan dibuat. Gunakan perintah berikut ini untuk melakukan perintahnya.

# mkdir mycephfs
# ceph-fuse -m 172.16.11.3:6789 mycephfs/ 
Selesai dimounting seperti biasa, cek dulu hasil mountingannya.

Pengecekkan Di Client

Langkah terakhir pada part ini adalah pengecekkan. Yang dicek pertama adalah ujicoba. Lakukan ujicoba pada ceph filesystemnya. Ujicoba yang dilakukan bisa seperti contoh gambar dibawah ini.


Pengecekkan terakhir yang harus dilakukan adalah melihat hasil mountingan pada ceph filesystemnya. Perintah yang dapat digunakan adalah perintah df -h.


Sekian perjumpaan kita dalam membahas konfigurasi dan settingan Ceph Cluster Di CentOS. Semoga anda dapat memahami konsep yang sudah saya jelaskan dan paham konfigurasinya. Terima kasih sudah mau berkunjung, jangan lupa saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih.
 

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment