Monday, April 27, 2015

Telnet Vs SSH



Sekarang kita akan membahas keamanan yang di tawarkan oleh telnet dan openssh mana yang lebih aman agar tidak mudah di hack. langsung saja kita mulai materinya. pertama kita akan melihat keamanan telnet. Pertama-tama dan yang utama kita harus buka debiannya. Lalu kita buka aplikasi wireshark, jika belum punya silahkan di download saja di google!!


Pada tampilan dibawah pilih yang start untuk jaringan yang digunakan contoh : Local Area Network. Tujuannya agar kita bisa melihat dan merekam paket data yang berjalan. Salah satu isi dari paket datanya adalah nama dan password.


Paket Data Telnet

Setelah itu kita buka cmd untuk mengetest telnetnya (pastikan telnet pada server sudah diinstall dan telnet client sudah aktifkan)


kita login sebagai user alfafarhan dengan pw yang tidak terlihat. Saat kita sedang melihat dan merekam paket data yang berjalan, kita cari tulisan telnet pada "kotak perjalanan paketnya" pada bagian atas.



Untuk melihat proses detail paket datanya kita bisa "meng-klik kanan pada tulisan telnet tersebut lalu pilih TCPStream" maka tampilan akan seperti gambar di bawah. Dibawah benar jelas kelihatan bahwa nama user dan password yang digunakan. Hal ini disebabkan oleh kelemahan telnet yaitu pengiriman data yang dikirim dalam bentuk clear text.

Paket Data SSH

Sekarang kita coba di ssh bagaimana keamanan yang di tawarkan ssh apakah sesuai dengan namanya (SecureShell) ? Pertama-tama kita buka putty pada client untuk me-remote debian server (pastikan kalian sudah menginstall aplikasi ssh di debian) masukan user dan password yang digunakan



Lalu kita lihat paket datanya pada wiresharknya. "ikuti instruksi seperti telnet diatas hanya saja pencariannya yang ada bacaan ssh-nya" Lalu klik kanan dan pilih TCPStream untuk melihat proses detail paket data. Maka tampilan akan seperti gambar di bawah. banyak sekali kata-kata yang ga perlu dibaca. kata-kata itu merupakan encriptan dari proses perjalanan paket data. Ini merupakan kelebihan dari aplikasi ssh.



Sekarang kalian sudah mengerti bukan? ternyata keamanan lebih bagus openssh. Sekian materi dan tutorial dari saya semoga bermanfaat. Terima Kasih telah berkunjung. Saran dan Pertanyaan silahkan masukan di komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment