Friday, October 7, 2016

Lab 33 Cisco - GLBP (Gateway Load Balancing Protocol)

Assalamu'alaikum

Masih dimalam yang sama, bersama saya yang selalu setia memberikan material material yang selalu kalian tunggu tunggu. Walaupun sempet vacum dikit sih xixixi... Lanjut, masih di materi high-availibility, Tidak jauh berbeda dari HSRP dan VRRP, GLBP juga bisa digunakan untuk High-Availibility. Seperti biasa kita akan gunakan topology dibawah ini.

 Last Article *Just Opsi

Untuk konfigurasi kita lanjutkan dari lab sebelumnya, hanya tinggal menghapus konfigurasi VRRPnya. Berikut perintah menghapus VRRP pada interface fa0/1.
 
R1(config)#int fa0/1
R1(config-if)#no vrrp 1
R1(config-if)#
R2(config)#int fa0/1
R2(config-if)#no vrrp 1
R2(config-if)#

Konfigurasi GLBP

Setelah dihapus, baru kita akan konfigurasi GLBPnya.
 
R1(config)#int fa0/1
R1(config-if)#glbp 1 ip 12.12.12.12
R1(config-if)#
R2(config)#int fa0/1
R2(config-if)#glbp 1 ip 12.12.12.12
R2(config-if)#
Tidak perlu menjadikan main-link dan backup-link. Kita lihat apa yang terjadi. Selanjutnya tinggal implementasi pada client. Setting ip pada client seperti settingan berikut ini.

PC : IP 12.12.12.11/24, GW 12.12.12.12
Jika sudah coba kita test traceroute ke arah ip loopback R3 (3.3.3.3). Maka pada hasil traceroute kedua path akan dilalui paket data. Hal ini dikarenakan priority pada setiap router sama. Sehingga tidak ada main-link atau backup-link. Hal ini biasa disebut dengan Load-balance (penggunaan 2 jalur untuk paket yang lewat).

Demikian penjelasan mengenai GLBP, semoga bermanfaat untuk anda. Saya admin undur diri, saran dan pertanyaan bisa dimasukan di komentar. Terima kasih sudah berkunjung lain kali, dan jangan lupa untuk terus semangat mencari sesuatu yang baru ya gan. Salam jomblo, salam networking.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment