Thursday, February 7, 2019

C++ Programming 9 - Array di C++

Assalamu'alaikum

Selamat malam, salam programming. Lanjut lagi ke programming c++ selanjutnya. Di pembahasan kali ini, saya ingin menjelaskan mengenai array pada cpp programming. Jika pada pembahasan looping programming sudah pernah di senggol mengenai array dan pembahasan array merupakan salah satu komponen penting lainnya pada c++, cek C++ Programming 6 - Loops / Perulangan di C++. Jadi apa itu array? Langsung saja kita bahas pembahasannya.

Kenapa Kita Perlu Array?

Pada dasarnya alasan mengapa array di perlukan adalah di karenakan kita memerlukan fungsi index suatu penyimpanan. Normalnya kita bisa membuat manual listing variabel yang di butuhkan (Var1, Var2, Var3 dst). Namun penggunaan listing variabel manual seperti itu tidak bisa di terapkan di suatu kondisi yang membutuhkan banyak listing. Hal tersebut akan membuat programmer kesulitan untuk memanage nya.




Untuk catatan saja sesuai gambar diatas, index array selalu di mulai dengan nilai array 0. Sehingga array 0 merupakan awal index listingnya.

Deklarasi Array Di C++

Deklarasi array berdasarkan size yang di inginkan, secara sederhananya mendeklarasikan variabel array adalah dengan membuat tipe variabelnya dan menambahkan kurung siku setelah nama variabel. 
// variabel array dengan index 7
int array[7];

// deklarasi size array dengan variabel yang berbeda, size array2 = 10
int n = 10;
int array2[n];
Deklarasi array dengan nilai array, kita bisa memasukan nilai ke index array yang kita deklarasikan. Setelah di deklarasikan, kita coba tampilkan dengan menggunakan perintah cout.

#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
    int arr[] = { 10, 20, 30, 40 };
   
    cout << arr[0] << endl;
    cout << arr[1] << endl;
    cout << arr[2] << endl;
    cout << arr[3] << endl;
   
    return 0;
}
Hasilnya
10
20
30
40


atau untuk menampilkannya kita bisa menggunakan instruksi perulangan atau looping program. Dengan menggunakan perulangan, variabel array yang ingin ditampilkan diwakilkan oleh variabel perulangan yaitu i. Sehingga bentuknya seperti ini arr[i]. Dan ingat, untuk perulangan suatu array peraturan index pertama array dimulai dari nilai 0.

#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
    int arr[] = { 10, 20, 30, 40 };
  
    for (int i=0; i<=3; i++){
        cout << arr[i] << endl;
    }
  
    return 0;
}
Deklarasi array dengan nilai dan size yang dibatasi, jika sebelumnya kita memberikan array tanpa batasan berapa array yang akan di manage. Tentu kita juga bisa memberikan batas berapa array yang kita perlukan. Dengan melibatkan kapasitas, kita berikan juga nilai arraynya.

#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
    int arr[3] = { 5, 10, 15 };
  
    for (int i=0; i<=2; i++){
        cout << arr[i] << endl;
    }
  
    return 0;
}

Contoh Penggunaan Array

Untuk contoh kita akan coba membuat program untuk menyimpan 5 nama mahasiswa yang di input melalui keyboard dan di tampilkan kembali. Untuk menyimpan datanya, kita menggunakan instruksi array. Untuk di langkah ini karena seharusnya sudah membahas tentang prosedur dan fungsi kita akan mulai program dengan menggunakan void. Dan untuk menampilkan array, kita menggunakan instruksi perulangan.

#include <iostream>
#include <windows.h>
using namespace std;

void data_mahasiswa(){
    string nama [5];
    int indeks;
  
    for (indeks=0; indeks<=4; indeks++){
        cout << "Masukkan nama mahasiswa ke-" << indeks << " : ";
        cin >> nama[indeks];
    }
     
    system ("cls");
    cout <<" Daftar Nama Mahasiswa " << endl;
    cout <<"--------------------- " << endl;
    cout <<"No | Nama Mahasiswa   " << endl;
    cout <<"--------------------- " << endl;
     
    for (indeks=0; indeks<=4; indeks++){
        cout << indeks << "    " << nama[indeks] << endl;
    }
}

int main(){
    system ("cls");
    data_mahasiswa();
    return 0;
}


Demikian penjelasan mengenai array pada c++ semoga bermanfaat untuk kalian. Kurang lebih mohon maaf, saran dan pertanyaan silahkan letakkan di komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai berjumpa di pembahasan berikutnya.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment