Monday, February 4, 2019

Mengatasi Artikel yang Hanya Muncul Satu Pada Home Blog dan Insert Jump Break

Assalamu'alaikum

Selamat siang para reader, selamat beraktifitas. Berawal dari salah satu permasalah blogging yang menimpa saya sejak awal memulai blogging di blogger. Yaitu kok artikel di home cuma muncul satu doang ya? Awalnya saya kira itu permasalahan mengenai templates atau bug mungkin, namun setelah di pikir pikir blog blog yang lain aman saja dan homenya muncul lebih banyak artikelnya. Dari situ saya mulai melakukan surfing ke beberapa artikel yang menjelaskan mengenai fenomena ini, anjay. 

Faktornya

Banyak faktor sebenernya ya alasan kenapa menu home hanya memunculkan satu artikel saja, padahal di settingan tata letak sudah di setup agar muncul tergantung berapa artikel yang ingin kalian munculkan. Jelas ini sangat mengganggu, karena ada beberapa pengunjung blog yang tentu ingin melihat beberapa content artikel yang di bahas pada author. Walaupun keliatannya gamungkin sih :( hahha. 



Salah satu faktor yang paling sering kenapa hal ini bisa terjadi adalah karena baru mulainya melakukan blogging sehingga banyak yang tidak tau rahasia yang terkuak untuk menjelaskan fenomena ini. Dulu banget saya juga udah sempet surfing tapi ga ketemu hasilnya sampai belakangan belakangan ini saya coba surfing dan melakukan beberapa metode yang di sarankan oleh artikel blog sebelah. Hasilnya ternyata memang sesuai yang di harapkan. Tadinya di home blog cuma hanya menampilkan 5 sampai 7 artikel, sekarang bisa lebih dari itu.

Copas Blog Sebelah

Faktor pertama adalah kemungkinan isi artikel copas dari blog sebelah. Ini sangat wajar karena selain tidak di legalnya perbuatan ini, melakukan copas dari blog orang lain untuk memanfaatkan keuntungan diri sendiri adalah tindakan yang tidak di benarkan. Selain itu kerugian dari mengcopas blog sebelah ada kemungkinan perbedaan codingan yang tidak sesuai dengan templates blog sehingga menampilkan drop down html yang panjang pada artikel yang di bahas.


Jadi saya sarankan kalau mau copas blog sebelah, copas dulu ke notepad baru tempelkan ke artikel anda :v. Namun tetap tindakan copas ini tidak di benarkan, jadi jangan sampai anda ikut ikutan ya gaiss.

Copas Bahan Artikel Dari Aplikasi Word

Alasan mengapa saya menyarankan menggunakan notepad ketimbang aplikasi word (semisal microsoft word) adalah dikarenakan copas langsung dari aplikasi word akan berefek ke panjangnya list html seperti contoh diatas. Hal ini dikarenakan besar kecil font bahkan sampai jenis font yang di ketik di word ketika di copas ke artikel akan status font dan jenis font tersebut akan ikut tercopy beserta tulisan tulisannya.  



Karena dulu belum banyak yang membahas terkait masalah ini, tentu ini merupakan kesalahan yang terjadi di blog ini hahha. Beberapa artikel yang merupakan jobsheet pekerjaan yang sudah di pelajari langsung di tempel mentah mentah ke dalam blog suatu artikel. Sehingga listing html artikel menjadi panjang dan ketika listing html suatu artikel menjadi panjang, membuat home blog kena imbasnya.



Jadi lebih baik jika melakukan editing artikel lebih baik menggunakan notepad ya gais ketimbang word karena editing via word sangat sangat tidak di anjurkan. Mungkin boleh ketik di word, tapi sebelum di tempel ke blog ada baiknya di copas dulu ke notepad baru di tempel copasan di notepad ke dalam blog. 

Insert Jump Break 

Untuk mengatasi semua jenis artikel baik yang copas blog lain dan copas via aplikasi word sebenarnya cukup mudah ternyata. Namun perlu di catat untuk poin poin diatas juga. Yaitu mengatasinya dengan menggunakan insert jump break yang bisa di temukan di salah satu fungsi blog diatas lembar halaman artikel yang kalian ketik. 

Untuk mudahnya, kalian cukup tanamkan jump break pada akhir paragraf pertama pada setiap artikel kalian. Pada dasarnya sebenarnya fungsi insert jump break ini adalah fungsi yang disediakan blog untuk mengatasi kendala tidak sesuai munculnya banyak artikel sesuai yang kita setting.



Karena itu para blogger sekalian, alangkah baiknya ketika setiap ingin mempublikasikan artikel, insert jump break jangan sampai di lupakan. Itu catatan pentingnya. Mungkin hanya itu pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan terus lanjutkan bloggingnya gaiss. Sekian dari saya, sampai berjumpa di pembahasan berikutnya. 

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment