Monday, June 3, 2019

Java Programming 13 - Perulangan For, While dan Do While

Assalamu'alaikum

Selamat siang, salam programming!!. Membahas kembali tentang java, kali ini saya ingin menjelaskan mengenai perulangan for, while dan do while. Selain percabangan, perulangan juga termasuk pembahasan yang penting untuk di kuasai. Karena perulangan dan percabangan termasuk logik untuk menjalankan program dengan kondisi yang di perlukan. Lalu apa yang di maksud dengan loops atau perulangan ini? berikut pembahasannya.

Loops

Seperti yang sudah di jelaskan di atas. Loops atau perulangan merupakan salah satu teknik yang harus di kuasai logiknya oleh programmer. Dimana perulangan ini adalah teknik yang di lakukan untuk melakukan perulangan terhadap suatu kondisi. Semisal di suatu kondisi kita ingin melakukan output integer 1-10 menggunakan System.out.println seperti contoh berikut. 

public class PerulanganForWhile {
    public static void main(String[] args) {
        
        System.out.println(1);
        System.out.println(2);
        System.out.println(3);
        System.out.println(4);
        System.out.println(5);
        System.out.println(6);
        System.out.println(7);
        System.out.println(8);
        System.out.println(9);
        System.out.println(10);

    }
}
Maka hasilnya yang keluar adalah nilai 1-10. 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

Cara melakukan output program seperti ini terlihat tidak efisien. Karena itulah perulangan pada programming ada. Perulangan pada java sendiri ada banyak jenisnya. Ada perulangan for, while, do while dan for each. Yang akan saya jelaskan di sini khusus untuk perulangan for, while dan do while saja. Perulangan for each akan di bahas di pembahasan yang berbeda. 

Perulangan For

Perulangan for adalah perulangan yang banyak dan sering digunakan. Untuk menjalankan perulangan for kita membutuhkan 3 poin, yaitu inisialisasi awal, kondisi akhir perulangan dan increment untuk menambah nilai inisialisasi awal. Perlu di catat, di perulangan for ini akan sering kita gunakan operator increment karena antara increment dan perulangan for saling berketerkaitan.

for (inisialisasi; kondisi; increment){
    //Perintah ketika kondisi benar
}
 
For akan di eksekusi jika kondisi perulangan masih bernilai true. Namun, jika kondisi sudah bernilai false, perulangan akan di hentikan. Berikut keterangan terkait script for diatas :
  • Inisialisasi = berupa tipe data dan valuenya 
  • Kondisi = kondisi akan di bandingkan dengan inisialisasi, biasanya berupa batas maksimal suatu inisialisasi agar sampai batas mana perulangan akan di eksekusi 
  • increment = penambahan nilai (bisa increment atau decrement), agar inisialisasi awal bertambah sehingga mencapai batas kondisi yang kita berikan terhadap inisialisasi 
Inti dari perulangan for : Perintah akan di jalankan secara terus-menerus selama kondisi dan inisialisasi bernilai true (belum mencapai batas kondisi). Dan akan berhenti sampa kondisi bernilai false (mencapat batas maksimal kondisi yang kita tentukan). 

Semisal kita ingin menampilkan integer 1-10 seperti contoh diatas dengan menggunakan perulangan for. Maka kita tinggal inisialisasi suatu variabel (disini saya buat variabel i) dengan kondisi kurang dari 10 dan tentu increment +1 untuk menambah nilai inisialisasi awal agar nilainya bertambah 1 setiap perulangan. Dimana yang di cetak pada output programmnya adalah nilai dari variabel 1.

public class PerulanganForWhile {
    public static void main(String[] args) {
      
        for (int i=1; i<10; i++){
            System.out.println(i);
        }

    }
}
Karena kondisi yang kita berikan adalah kurang dari 10, maka output program akan behenti sampai di nilai 9. Jika kita ingin sampai ke nilai 10, maka kondisinya harus i<=10 atau i<11. Berikut hasilnya.

1
2
3
4
5
6
7
8
9

Perulangan While

Sama seperti perulangan for, perulangan while juga di gunakan sebagai loops atau perulangan. Bedanya, while menggunakan inisialisasi di luar perintah perulanganya. Sehingga pada script while, kita hanya di fokuskan pada kondisi akhir perulangan dan increment. Untuk incrementnya sendiri di letakkan setelah setiap statement yang ingin di lakukan setiap perulangan. 

While(kondisi){
    //Perintah ketika kondisi benar
    increment;
}
 
Contohnya masih sama seperti for, kita akan coba cetak output 1-9 dengan menggunakan perulangan while. Sekali lagi saya tekankan, increment sangat di perlukan pada perulangan. Tujuannya untuk menambah nilai agar perulangan bisa sampai ke batas maksimal kondisi yang kita inginkan.
 
public class PerulanganForWhile {
    public static void main(String[] args) {
      
        int a=1;
        while (a<10){
            System.out.println(a);
            a++;
        }
    }
}
1
2
3
4
5
6
7
8
9

Perulangan Do While

Hampir sama dengan perulangan while, namun perulangan do while ini sistemnya di eksekusi dahulu baru di cek kondisinya. Sehingga memungkinkan program ini untuk setidaknya mencetak satu statement di luar kondisi yang di berikan. Do While sendiri penggunaannya bisa di bilang jarang, karena hanya digunakan di beberapa kondisi saja.

do{
    //Perintah ketika kondisi benar
    increment
} while (kondisi)
;
Semisal di sini kita ingin mencetak bilangan di luar kondisi yang di berikan. Misal, kondisinya variabel lebih kecil dari 10. Maka, pada inisialisasi kita berikan 11 yang nilainya harusnya lebih besar dari 10. Secara logik, jika ini di jalankan di perulangan for dan while. Maka, nilai 11 ini tidak akan di cetak.


Lain halnya jika di eksekusi ke perulangan do while, otomatis nilai 11 ini akan tercetak karena pengecekkan kondisi baru di lakukan setelah action eksekusi output program di jalankan.
 
public class PerulanganForWhile {
    public static void main(String[] args) {
      
        int i=11;
        do{
            System.out.println(i);
            i++;
        } while (i<10);
    }
}
11
Demikian penjelasan mengenai perulangan. Memang agak sulit di pahami bagi beberapa yang beru mengenal perulagan program. Tentu perulangan dan percabangan harus kalian kuasai untuk di pahami logiknya. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan bisa letakkan di komentar. Terima kasih, sampai berjumpa di pembahasan berikutnya. Salam programming!!.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment