Monday, June 3, 2019

Java Programming 14 - Perulangan For Each di Java

Assalamu'alaikum

Selamat siang, salam programming!!. Melanjutkan kemmbali pembahasan perulangan. Jika sebelumnya kita sudah membahas perulangan for, while dan do while. Kali ini saya ingin membahas tentang perulangan for each.

Perulangan For Each

Perulangan for each digunakan untuk mengambil nilai suatu array. Walaupun array bisa di ambil nilainya menggunakan perulangan for biasa, menggunakan perulangan for each lebih simpel digunakan karena bisa mengambil seluruh data array tanpa perlu menentukan indeksnya. Perulangan for each biasanya digunakan untuk mengambil suatu data pada database.

The Reason Why "For Each" Better for Array than For

Untuk mengambil data pada array, kita bisa menggunakan perulangan baik menggunakan perulangan for maupun perulangan for each. Bedanya adalah, jika menggunakan perulangan for, kita harus menginisialiasi, memberikan kondisi dan increment terhadap jumlah array. 

Semisal disini saya membuat array dengan variabel nama dan memiliki 3 value nilai alfa, farhan dan syarief. Karena array selalu di mulai dari 0, maka inisialisasi di lakukan dari 0. Untuk kondisinya tidak lebih dari panjang array (array.length). Sisanya menggunakan increment untuk menambah nilai inisialisasi awal. 

public class PerulanganForEach {
    public static void main(String[] args) {
      
        String [] nama = {"alfa","farhan","syarief"};
      
        for (int i=0; i<nama.length; i++){
            System.out.println(nama[i]);
        }
    }
}
alfa
farhan
syarief

Tentu hasilnya seperti diatas, indeks nilai semua array bisa di tampilkan menggunakan perulangan for. Namun untuk kondisi seperti ini, dimana kita ingin menampilkan semua array seperti cara menampilkan di atas. Maka dengan menggunakan for each, kita tinggal deklarasi tipe data variabel barunya sesuai dengan tipe data arraynya, lalu arahkan ke variabel arraynya. 
 
public class PerulanganForEach {
    public static void main(String[] args) {
      
        String [] nama = {"alfa","farhan","syarief"};
              
        for(String CetakNama : nama){
            System.out.println(CetakNama);
        }

    }
}
Maka hasilnya akan sama seperti menggunakan perulangan for diatas.

alfa
farhan
syarief
Demikian penjelasan singkat mengenai perulangan for each di java. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan bisa di letakkan di kolom komentar. Terima kasih, sampai berjumpa di pembahasan berikutnya. Salam programming!!. 

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment