Saturday, June 1, 2019

Java Programming 5 - Operator Penugasan

Assalamu'alaikum

Selamat sore, salam programming!!. Berjumpa lagi di pembahasan programming java. Karena di pembahasan sebelumnya saya sudah menjelaskan mengenai operator aritmatika, maka di pembahasan kali ini yang kita bahas adalah operator penugasan.

Operator Penugasan

Pada dasarnya function dari operator penugasan tidak jauh berbeda dari operator aritmatika. Operator penugasan sendiri merupakan operator versi lebih singkatnya dari operator aritmatika. Penggunaan operator penugasan ini biasanya sering digunakan di beberapa kasus. Karena operator penugasan versi singkatnya dari operator aritmatika, tentu membuat program java yang di program akan lebih ringan jika program nantinya sudah kompleks. 


Operator penugasan terdiri dari 6 operator utama yang biasa di jumpai. Diantaranya :
  • = pemberian nilai
  • += penjumlahan nilai
  • -= pengurangan nilai
  • *= perkalian nilai
  • /= pembagian nilai
  • %= sisa bagi nilai
Untuk implementasi operator penugasan kita akan membuat contoh berikut. Semisal disini saya membuat variabel a dengan nilai 10. Lalu kita ingin menambah nilai a tersebut sejumlah 20 lagi. Maka secara logik, kita tinggal menambahkan 20 terhadap variabel a. Lalu tinggal kita print outputnya saja.
 
public class OperatorPenugasan {
    public static void main(String[] args) {
      
        int a = 10;
        a = a + 20;
        System.out.println(a);     
  
    }
}
Hasilnya, nilai 10 menjadi 30 pada outputnya.
30

Tentu, kita bisa menggunakan metode kedua yaitu dengan menggunakan operator penugasan. Dalam hal ini semisal saya ingin menambah nilai a sebesar 20 lagi. Maka penulisan operator penugasannya adalah sebagai berikut
 
public class OperatorPenugasan {
    public static void main(String[] args) {
      
        int a = 10;
        a = a + 20;
        System.out.println(a);
      
        a += 20;
        System.out.println(a);

    }
}
Maka hasilnya nilai a pada output print kedua adalah 50.
30
50
Untuk operator penugasan yang lain sama penggunaannya seperti operator penugasan pemberian nilai jumlah diatas. Operator jumlahnya tinggal di ganti dengan operator yang ingin kalian gunakan.

Demikian penjelasan singkat mengenai operator penugasan pada program java. Semoga bermanfaat. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan bisa letakkan di komentar. Terima kasih, salam programming!!. 

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment