Saturday, June 1, 2019

Java Programming 7 - Array di Java

Assalamu'alaikum

Selamat sore, salam programming!!. Melanjutkan kembali pembahasan java langsung kebut dalam sehari :v. Di pembahasan kali ini saya ingin membahas mengenai array pada java. Apa itu array dan bagaimana fungsi penggunaanya? Langsung saja berikut pembahasannya. 

Array []

Array merupakan kumpulan data pada sebuah variabel dengan tipe data yang sama. Array sendiri sering disebut sebagai memory yang dapat berbentuk memory 2 dimensi maupun 3 dimensi. Jadi pada dasarnya array adalah suatu kumpulan nilai pada satu variabel. Nilai dalam array sendiri tidak ada batasnya, tergantung penggunaannya. 


Ciri dari sebuah array adalah adanya tanda [] (kurung kotak). Ciri ini sudah lazim pada memory array pada bahasa pemrograman manapun. Dalam array ada yang di kenal dengan index. Index ini merupakan listing memory array yang bisa di simpan pada variabel. Index pada array di mulai dari 0 bukan dari 1, kecuali jika memang kita ingin setup awal indexnya adalah 1. 

Penulisan array di Java

Untuk membuat array java bisa menggunakan 2 rumus sebagai berikut.

- tipeData [] variabelnya = new tipeData[jumlahArray]
- tipeData [] variabelnya = {value1, value2, dll}
Untuk rumus pertama merupakan rumus deklarasi suatu variabel array tanpa mengisi index arraynya. Sedangkan rumus kedua sudah termasuk mendeklarasikan array di lengkapi dengan nilai value didalam arraynya. Rumus kedua sendiri menurut saya lebih prefer digunakan karena selain sudah mendeklarasikan array, kita tidak perlu repot lagi memberikan array length (panjang arraynya).

Rumus Array Pertama

Contoh penulisan array rumus pertama adalah sebagai berikut

int [] hasil = new int [5];
String [] nama = new String [5];
Untuk pengisian indeks array pada rumus pertama bisa dilakukan dengan cara manual pada indeks yang ingin kita masukan data array. Semisal kita ingin meletakan data pada indeks ketiga pada array variabel nama, caranya yaitu.

nama[2] = "andi"; 
Cara diatas masuk kedalam array index ketiga karena aray pertama di mulai dari 0 (nama1[0], nama2[1], nama3[2]). Dan berikut untuk contoh deklarasi array dengan menggunakan rumus pertama dan cara mengisi arraynya. Dan untuk menampilkan arraynya, kita tinggal print out variabel array sesuai index yang ingin kita tampilkan.

public class Array {
    public static void main(String[] args) {
      
        int [] umur = new int [3];
        umur [0] = 10;
        umur [1] = 20;
        umur [2] = 30;

      
        System.out.println(umur[1]);               
    }
}
Hasilnya
20
Kita juga bisa mengganti nilai array index yang kita inginkan. Sehingga hasil akhirnya, nilai index array yang diganti akan berubah nilainya.
 
public class Array {
    public static void main(String[] args) {
      
        int [] umur = new int [3];
        umur [0] = 10;
        umur [1] = 20;
        umur [2] = 30;
      
        System.out.println(umur[1]);
      
        umur [1] = 21;
        System.out.println(umur[1]);

    }
}
Hasilnya
20
21

Rumus Array Kedua

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, penggunaan array ini lebih banyak pemakainya dan lebih mudah di mengerti jika kalian sebelumnya bergerak dari platform bahasa pemrograman yang lain seperti bahasa c misalnya. Selain itu, pada java rumus array kedua ini otomatis panjang arraynya akan langsung tergenerate otomatis sesuai jumlah nilai data pada array yang kita inputkan.
  

Untuk contoh di bawah, kita akan menggunakan 2 variabel array dengan tipe data yang berbeda. Array variabel nama menggunakan tipe data String dan array vvariabel umur menggunakan tipe data integer. Karena tipe datanya berbeda, maka nilai di dalam index nya pun juga berbeda. Semisal string, setiap data indexnya di apit kutip dua sedangkan integer langsung input nilainya saja.
 
public class Array {
    public static void main(String[] args) {
      
        String [] nama = {"alfa","farhan","syarief"};
        int [] umur = {10,20,30};
      
        System.out.println("Panjang array nama = " + nama.length);
        System.out.println(nama[2]);
    }
}
Hasil outputnya
Panjang array nama = 3
syarief
Demikian penjelasan mengenai array pada java programming. Semoga bermanfaa bagi pembaca. Sekian dari saya, jika masih ada yang ingin di tanyakan bisa letakkan di komentar. Terima kasih, salam programming!!.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment