Wednesday, June 26, 2019

Oracle Apex 2 - DML SQL Skema HR

Assalamu'alaikum

Selamat pagi, salam database. Melanjutkan pembahasan oracle sebelumnya dimna kita sudah tambahkan skema baru untuk workspace yang kita gunakan yaitu skema HR. Kali ini kita akan coba manipulasi data pada skema HR yang sudah di tambahkan tersebut dengan menggunakan perintah SQL Commands. Langsung saja berikut pembahasannya.

Data Menipulation Language

Mungkin perlu di jelaskan sekali lagi, Data Manipulation Language atau DML adalah instruksi yang bisa kita gunakan untuk melakukan query (istilahnya mencari data) terhadap data di dalam database. Tentu melakukan Manipulasi data menggunakan bahasa SQL (structured query language). Dimana kita bisa mencari atau memanipulasi data di dalam database sesuai kondisi data atau informasi data yang kita inginkan. 


Di dalam oracle application express (APEX), kita bisa melakukan DML pada SQL Command di Web Client Apex. Kalo Object browser adalah tempat untuk melihat listing entitas suatu database atau skema. Maka di menu SQL commands, kita bisa melakukan Manipulasi Data sesuai skema atau database yang kita ingin manipulasikan.

Sebelum itu kalian memerlukan 2 tab, yaitu satu tab menu untuk DML SQL Commands dan yang satunya untuk melakukan cek table atau entitas pada menu Object Browser. Semisal disini, kita ingin cek data pada tabel COUNTRIES. Pada tabel countries, bisa kita lihat data di menu data yaitu terdiri dari attribute entitasnya yaitu country_id, country_name dan region_id (yang di arahkan ke tabel REGIONS).
 

hanya ingin menampilkan attribute Country_ID dan Country_name nya saja. Maka kita bisa menggunakan perintah query sebagai berikut. Hasilnya, yang muncul adalah attribute Country_ID dan Country_Name beserta data pada attribute tersebut. 

Note : Terkait perintah query ini akan lebih kalian pahami jika kalian sudah menguasai bahasa query. Saya sudah jelaskan di pembahasan yang lain terkait pembelajaran bahasa query ini. Saya sarankan cek pembahasan berikut terlebih dahulu SQL - DML - Query Single Table dan SQL - DML - Query Multi Table.
 

Selanjutnya, semisal kita ingin menampilkan kolom tertentu seperti di atas namun dengan kondisi yang kita inginkan seperti misalnya hanya menampilkan data Country_ID dan Country_Name dari region_ID yang bernilai 1. Jika kita cek di data regions, maka region_ID yang bernilai satu adalah region yang berada di data Region_Name = Eropa. Maka hasil query nya adalah listing data country yang berada di region eropa.
 

DML Multi Tabel Using Join

Karena pembahasan mengenai DML cukup padat, tidak bisa saya jelaskan satu persatu perintah masing-masing DML baik single tabel maupun multi tabel. Saya ambil poin-poin pentingnya saja untuk di bahas disini. 

Jika diatas, yang saya jelaskan adalah pembahasan tentang single tabel, maka kali ini kita coba DML terhadap multi tabel di skema HR. DML multi tabel sendiri ada beberapa cara bisa menggunakan subquery, join atau juga bisa menggunakan variabel penampung sebagai query entitasnya. Yang saya bisa jelaskan disini adalah DML Multi tabel Using Join dan Variabel Penampung yang akan saya jelaskan di pembahasan selanjutnya. 


Semisal disini kita ingin menampilkan data Country_ID, Country_Name dan Region_name, maka otomatis kita membutuhkan 2 tabel yang berbeda. Yaitu dari tabel Countries dan tabel Regions. Perintah yang bisa kita gunakan adalah sebagai berikut.
 

Note : oiya, sekedar catatan, hasil yang di tampilkan dari perintah query yang di instruksikan hanya menghasilkan 10 kolom karena pada rows yang kita terapkan hanya 10. Tentu kalian bisa setting berapa rows yang ingin kalian tampilkan pada querynya.
 

DML Multi Tabel On + Join

Untuk perintah yang menggunakan instruksi ON ini memang terlihat lebih rumit, namun biasanya perintah ini sering digunakan karena konsepnya mudah di pahami. Jika diatas kita menggunakan using sebagai parameter untuk foreign keynya, maka kali ini kita menggunakan perintah on untuk parameter penghubung foreign key antara tabel countries dan tabel regions. 

Ingat, untuk menampilkan multi tabel kita memerlukan perantara penghubung foreign key agar data yang di manipulasi tidak menghasilkan keganjilan data atau data yang rangkap (ganda).
 

Kembali lagi menggunakan using join untuk query multi tabel. Semisal disini kita ingin menampilkan data dari 3 tabel. Maka kita bisa menggunakan perintah Join dua kali. Disini saya ingin menampilkan data nama, nomor telepon, nama pekerjaan dan nama department setiap karyawan. Maka disini kita membutuhkan 3 entitas atau tabel yaitu tabel Employees, tabel Jobs dan tabel Departments.
 

Dari data yang di tampilkan diatas semisal ingin kita berikan kondisi tertentu data yang ingin di tampilkan yaitu ingin mencari job yang job_idnya adalah 'AD_PRES'. Maka kita bisa menggunakan perintah berikut ini.
 

Cukup sekian penjelasan mengenai DML SQL Skema HR baik single tabel maupun multi tabel. Semoga mudah di pahami dan semoga bermanfaat bagi pembaca. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan bisa letakkan di komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai berjumpa di pembahasan oracle selanjutnya. Salam Database!!

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment