Wednesday, June 26, 2019

Oracle Apex 1 - Menambah Skema HR di Existing Workspace

Assalamu'alaikum

Selamat pagi, salam database. Melanjutkan kembali pembahasan database di pembahasan oracle apex atau application express. Kali ini saya ingin menjelaskan tentang cara menambah skema baru di workspace yang sudah di buat kemarin. Workspace yang saya buat kemarin dengan nama LembarKerja hanya memiliki satu skema yaitu skema standar default ketika workspace di create pertama kali. Saya sarankan cek terlebih dahulu artikel berikut untuk pembahasan kali ini, Setup New Project - New Workspace Untuk SQL Workshop di Oracle APEX 18.1.

Add New Scheme In Existing Workspace

Tujuan kita menambah skema di workspace yang sudah kita buat adalah untuk pembelajaran awal. Di pembahasan pembahasan selanjutnya, saya nantinya akan membahas ke skema HR yang terdiri dari entitas-entitas dan data terkait Human resource dan nantinya lebih mudah saya menjelaskan kepada pembaca sekalian. Jadi kali ini kita akan coba menambah skema HR yang berisikan data-data HR pada workspace LembarKerja yang sudah pernah saya buat.


Kita hanya bisa menambah skema baru di tampilan application express sebagai web admin, http://localhost:8080/apex/apex_admin. Lalu login sebagai admin dengan password yang pernah di set sebelumnya. Setelah itu masuk ke menu manage workspace.
 

Selanjutnya, klik pada existing workspace atau juga bisa pada status di sebelah kanan webnya yaitu workspace count.
 

Pada workspace yang sebelumnya di buat (disini workspace yang saya buat adalah LembarKerja), tinggal di klik saja. Jika belum ada workspacenya, tinggal di create workspace barunya.


Setelah itu klik add schema di tampilan kanan web untuk menambah skema baru. Terlihat di tampilan di bawah, skema existing yang saya buat sebelumnya adalah "SKEMA". 
 

Pada penambahan skema baru, klik pada existing schema. Biasanya setiap aplikasi oracle ini sudah tersedia beberapa skema yang bisa kita gunakan untuk pembelajaran. Karena itu ada beberapa listing skema existing yang sudah ada default ketika oracle di install pada sistem kita.
 

Skema yang ingin di tambahkan disesuaikan dengan workspace yang kalian buat. 
 

Pada skema yang ingin kita gunakan, pilih skema HR. Kalian bisa menggunakan fitur dropdown list yang berada di sebelah kanan pemilihan skema. Setelah itu klik next.
 

Jika sudah sesuai seperti skema yang ingin di tambahkan ke workspace pada detail informasi yang di tampilkan, tinggal klik add skemanya saja.
 

Maka pada workspace LembarKerja sekarang memiliki 2 skema yaitu skema bawaan default (new skema) ketika saya menambah workspace di awal dan satu lagi skema yang baru kita tambahkan yaitu skema HR.
 

Pengecekkan Pada Apex Client

Login sebagai web client di oracle apex, http://localhost:8080/apex. Lalu masuk ke menu SQL Workshop.


Selanjutnya pilih pilihan Object Browser untuk melihat informasi listing tabel
 

Bisa terlihat di bawah, jika skema yang di pilih adalah "SKEMA" (default create awal), maka listing tabel atau entitasnya adalah listing seperti gambar di bawah. Saya juga kurang paham tentang listing entitas skema bawaannya ini, namun menjelaskan seperti data tentang demo pemesanan mungkin. 
 

Untuk skema yang baru di tambahkan atau skema HR maka listing entitas dan datanya terkait dengan data human resources di sebuah perusahaan. Lengkap dengan data karyawan, gaji, pekerjaan, department, negara, region dll yang menggambarkan data sebuah human resource (HR). 

Nantinya, kita akan melakukan pembelajaran terkait oracle DML atau juga beberepa DDL pada skema HR yang di buat ini. Beberapa di antaranya, kita akan coba melakukan query atau manipulasi data-data yang berada di dalam skema HR ini.
 

Mungkin cukup sekian pembahasan pertemuan awal oracle apex yang pertama ini, yaitu tentang menambah skema baru di workspace yang sudah di buat. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Kita lanjutkan pembahasa manipulasi data pada skema HR di pembahasan selanjutnya. Sekian dari saya, jika ada yang ingin di tanyakan bisa letakkan di komentar. Terima kasih, salam database!!.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment