Friday, June 14, 2019

PHP Programming 4 - Percabangan dan Form Input Get Atau Post di PHP

Assalamuu'alaikum

Selamat sore, salam programming!!. Jika sebelumnya kita sudah membahas keterkaitan operator pembanding kurang dari, lebih dari dan sama dengan. Di pembahasan kali ini saya ingin menjelaskan mengenai pembading kondisi dengan memberikan statement jika kondisi tersebut benar, jika salah maka statement tidak di jalankan. Operasi ini biasa di kenal dengan perintah IF Else. Selain IF Else, kita juga akan membahas mengenai switch case.

Input Output di PHP

Supaya kita bisa melakukan instruksi perbandingan, kita terlebih dahulu tau tentang perintah input di PHP. Karena di awal pertemuan pembahasan php saya hanya menjelaskan tentang output di PHP saja, maka kali ini saya ingin membahas tentang input di PHP. Nantinya perintah input ini bisa digunakan untuk di arahkan ke instruksi percabangan IF Elsenya. 


Untuk melakukan instruksi input, kita bisa menggunakan perintah $_GET (kembali ke pembahasan tag form di html). Selain periintah $_Get, kita juga bisa menggunakan perintah $_POST. Penggunaan kedua perintah ini disesuaikan dengan bagaimana data di kirim pada user apakah menggunakan method get atau menggunakan method post.

Untuk testing di sini kita akan menggunakan method get agar lebih mudah kita lakukan input data via url web browser saja. Selain itu, untuk mengambil inputan user, kita membutuhkan satu variabel untuk menampung data yang di input user. Disini saya menggunakan variabel nama untuk menampung data inputan nama dari user. Berikut phpnya.

<?php
$nama = $_GET['nama'];

if ($nama)
    echo "Selamat datang " . $nama;

?>
Karena kita menggunakan method get untuk inputan usernya. Maka, untuk menjalankan contoh hasil di atas, terlebih dahulu kita ketik inputan datanya pada url browser seperti contoh berikut.

IF Else User Condition

Selanjutnya kita bisa mengembangkan untuk member misalnya disini saya ingin memberikan akses terhadap variabel 'nama' untuk value yang saya izinkan adalah dengan nama "alfa" atau "Alfa". Selain kedua nama tersebut tidak di izinkan. Berikut list script phpnya. 

<?php
$nama = $_GET['nama'];

if ($nama=="alfa" || $nama=="Alfa"){
    echo "Selamat datang " . $nama;
}

else {
    echo "Maaf anda tidak memiliki akses";
}

?>
kira-kira hasilnya akan seperti contoh berikut.
 

Pembanding Besar Kecilnya Antar Bilangan

Next, kita akan membuat pembanding bilangan besar dari, kecil dari atau sama dengan antara 2 bilangan yang kita inputkan. Berikut list script phpnya. 

<?php
$a=$_GET['bil1'];
$b=$_GET['bil2'];

if ($a > $b){
    echo "a lebih besar dari b";
}

elseif ($a == $b){
    echo "a sama besar dari b";
}

else {
    echo "a lebih kecil dari b";
}

?>
kira-kira hasilnya akan seperti contoh berikut.
 

Note : untuk input 2 nilai variabel yang kita inginkan, kita bisa menggunakan perintah "&" sebagai pemisah antara variabel bil1 dan variabel bil2. Berikut contohnya.

Switch Case Statement

Masuk ke pembahasan switch case. Sama seperti if else, switch case berguna sebagai operasi pembanding yang di eksekusi dengan statement yang di berikan sesuai kondisinya. Semisal disini kita ingin mendeteksi nilai variabel angka yang di inputkan user. Berikut list script phpnya. 

<?php
$a=$_GET['angka'];

switch($a){
    case 0:
        echo "Angka 0";
        break;
    case 1:
        echo "Angka 1";
        break;
    case 2:
        echo "Angka 2";
        break;
    case 3:
        echo "Angka 3";
        break;
    default :
        echo "Angka di luar jangkauan";
        break;
}
?>
kira-kira hasilnya akan seperti contoh berikut.
 

HTML Form Method Post to PHP

Jika pada latihan diatas, semua di lakukan testing inject paksa inputan user menggunakan url bar. Di latihan ini saya ingin membahas ulang kembali mengenai form method kali ini dengan method post. Bedanya dari method get, pengiriman data nilai variabel yang di buat tidak melalui url bar. Sehingga data yang di kirim di encript dan lebih aman.


Di latihan ini kita akan menggunakan 2 file yang di perlukan untuk menjalankan pengiriman data tanpa inject paksa dari url browser. Yaitu file html untuk formnya dan file php sebagai penjalan programnnya. Nantinya antara html dan php akan di hubungkan dengan elemen action yang di berikan pada script formnya. Dan untuk Program yang saya buat pada php disini adalah program untuk operasi aritmatika perhitungan. Sehingga kita bisa membuat kondisi operasi apa yang di eksekusi oleh program. Dalam hal ini saya menggunakan operasi IF Else sebagai pembanding kondisinya.

Untuk penghubung variabel antara html dan php kita akan menggunakan 3 variabel yaitu variabel bil1 untuk bilangan1nya, bil2 untuk bilangan 2 dan op sebagai variabel penampung operator yang di pilih user. Langsung saja, berikut script untuk latihan13.5.html.

<html>
<head>
<title> Latihan Program Html X PHP | Mahasiswa Mercu Buana Bekasi Pemrograman Web Genap 2019
</title>
</head>
<body>
<form method="post" enctype="multipart/form-data" action="http://localhost/latihan13.5.php">

<table border="0" align="center" cellpadding="5" cellspacing="0">
<tr><td>Bilangan 1</td><td>:</td><td><input type="text" name="bil1" placeholder="bilangan 1"></td></tr>

<tr><td>Bilangan 2</td><td>:</td><td><input type="text" name="bil2" placeholder="bilangan 2"></td></tr>

<tr><td align="top">O</td><td>:</td><td><input type="text" name="bil2" plaperasi</td><td>:</td><td>
<input type="radio" name="op" value="tambah">+
<input type="radio" name="op" value="kurang">-
<input type="radio" name="op" value="kali">x
<input type="radio" name="op" value="bagi">/
<input type="radio" name="op" value="sbagi">% </td> </tr>

<tr><td align="right"><input type="reset" name="Reset" value="Reset"></td><td></td><td><input et" name="Reset" value="Reset"></td><td></td><td><input type="submit" name="Submit" value="Submit"></td></tr> 
                                  
</table>
</form>
<p align=center> &copy; Mahasiswa Mercu Buana Bekasi Pemrograman Web Genap 2019 </p>
</body>
</html>
Dan berikut script untuk latihan13.5.php.

<?php

$bil1 = $_POST['bil1'];
$bil2 = $_POST['bil2'];
$op = $_POST['op'];
 
if ($op == "tambah"){
    echo $bil1 + $bil2;
}

elseif ($op == "kurang"){
    echo $bil1 - $bil2;
}

elseif ($op == "kali"){
    echo $bil1 * $bil2;
}

elseif ($op == "bagi"){
    echo $bil1 / $bil2;
}

elseif ($op == "sbagi"){
    echo $bil1 % $bil2;
}


?>
Lalu kita coba buka file htmlnya, maka hasilnya akan seperti berikut.
 
 
Demikian penjelasan padat tentang pembahasan percabangan dan Form Input Get atau Post di PHP. Semoga mudah di pahami dann bermanfaat bagi pembaca. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan bisa letakkan di komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai berjumpa di pembahasan berikutnnya. Salam programming!!. 
 

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment