Monday, June 17, 2019

PHP Programming 5 - Function di PHP

Assalamuu'alaikum

Selamat siang, salam programming!!. Kali ini masuk ke pembahasan selanjutnya yaitu tentang function. Function atau fungsi sendiri adalah suatu library dari tugas / instruksi yang sering digunakan. Jadi jika ada instruksi yang sering di ulang ulang atau sering digunakan, maka kita bisa menggunakan function untuk instruksi tersebut.

Struktur Function

Cara memanggil fungsi sendiri di panggil dengan menulis nama fungsi dan di ikuti argumen atau parameter (jika ada). Argumen atau parameter di tulis di dalam kurung dan jika lebih dari satu dipisah dengan koma. contoh : 

$variabel_hasil = nama_fungsi (parameter1, parameter2);
Dan untuk penulisan fungsinya kita bisa menggunakan perintah function, diikuti nama fungsinya lalu di ikuti parameternya dan di isikan instruksi di dalam fungsinya. Semisal isi pada suatu fungsi ingin kita isikan print out string, maka kita tinggal memberikan instruksi echo pada function tersebut.  

function output (){
       echo "Testing tulis program";
}
Penulisan fungsi diatas masih hanya sebagai library saja. Untuk melakukan output echo di dalam fungsi diatas, kita tinggal panggil fungsinya saja. Karena fungsi diatas tidak menggunakan parameter, kita tinggal panggil di ikuti buka dan tutup kurung.

output(); 

Fungsi Perkalian Bilangan

Untuk latihan pertama, kita buat suatu fungsi yang isinya instruksi perkalian. Dalam hal ini kita membutuhkan 2 parameter yang dapat menampung 2 buah angka yang akan di kalikan. Disini saya mencotohkan cara output dengan dua metode yang berbeda, cara pertama yaitu kita tampung dulu hasil perkalian di dalam variabel hasil dan metode yang kedua langsung di hubungkan dengan string echonya. Berikut list script phpnya.
 
<?php
function perkalian ($angka1, $angka2){
    $hasil = $angka1 * $angka2;
    return $hasil;
}

$hasil = perkalian (5,6);
echo "Perkalian 5 x 6 adalah $hasil";
echo "<br>";
echo "Perkalian 4 x  7 adalah " . perkalian (4,7);
?>
kira-kira hasilnya akan seperti contoh berikut.


Variabel Global In Function

Selanjutnya tentang variabel global. Di php, variabel global sering di gunakan dan berkaitan erat dengan penggunaan funtion. Hal ini di karenakan, sistem function memiliki keamanan pada variabel yang di deklarasikan. Dimana variabel didalam function tidak bisa di akses di luar function begitu juga sebaliknya. Hal ini bisa kita cek, jika kita mendeklarasika variabel di dalam function, maka ketika di echo variabel yang di dalam fuuntion hasilnya akan error.

<?php
$a = 5;

function coba(){
    $a = 10;
    $b = 7;
}

coba();
echo $a;
echo $b; //error
?>
berikut hasil errornya.


Begitu juga sebaliknya, variabel yang berada di luar function tidak bisa di akses di dalam function, hasilnya akan error.

<?php
$b = 7;

function coba(){
    $a = 10;
    echo $a;
    echo $b; //error
}

coba();
?>
berikut hasil errornya.

Untuk dapat menghubungkan variabel di dalam dan di luar function, maka kita bisa menggunakan variabel global. Penggunaan variabel global ini memang bisa mendeklarasikan variabel di dalam dan di luar function. Namun, penggunaannya harus di perhatikan karena jika sudah menggunakan variabel global maka tingkat keamanan variabel yang di sediakan function berkuurang keamanannya. Berikut contoh phpnya.

<?php
$a = 1;

function coba(){
    global $a;
    global $b;

    $b = 2;
    echo $a;
    echo $b;
}

coba();
echo $a;
echo $b;

?>
kira-kira hasilnya akan seperti contoh berikut.

 
Note : Variabel global adalah cara mekanis untuk menampilkan variabel di dalam funtion, penggunaannya juga harus di perhatikan dan biasanya juga di dalam kondisi tertentu baru menggunakan variabel global. Pada dasarnya untuk menampilkan variabel di function, kita tinggal akses saja funtionnya dengan mengunakan parameter-parameter yang kita inginkan seperti pada fungsi perkalian bilangan diatas.

Variabel Static In Function

Jika ada variabel global, maka di function terdapat juga variabel static. Variabel static ini digunakan untuk konsistensi nilai suatu variabel. Tujuannya adalah untuk melakukan cek data terbaru dari hasil algoritma berjalan. Sehingga nilai variabel akan bernilai sesuai data terupdate.

Dengan mengggunakan variabel static ini, kita bisa membuat looping tanpa menggunakan perintah for. Semisal disini saya ingin melakukan echo pemanggilan. Dengan menggunakan increment, kita bisa menambah nilai dari variabel yang kita tentukan untuk loopingnya. Berikut list script phpnya.

<?php
function coba (){
    static $a = 0;
    $a = $a + 1;
    return "Ini adalah pemanggilan ke - $a fungsi coba() </br>";
}

echo coba();
echo coba();
echo coba();
echo coba();

?>
kira-kira hasilnya akan seperti contoh berikut.
 

Heading Function

Dengan function kita juga bisa manmpilkan heading1 atau 2, 3 dst. Dimana function ini juga bisa di isikan parameternya sebagai string (menggunakan kutip 2). Heading di dalam function ini merupakan cara yang saya sebut mengakali script. Berikut list script phpnya.

<?php

function heading ($a, $b){
    echo "<h" . $b . ">" . $a . "</h" . $b . ">" ;
}

echo heading("Ini judul ", 1);
?>

kira-kira hasilnya akan seperti contoh berikut.

Kalkulator Menggunakan Percabangan

Selain heading, isi function juga bisa berupa instruksi percabangan seperti statement IF atau Switch case. Dengan menggunakan percabangan, disini saya membuat kalkulator misalnya, dimana kondisi instruksi IFnya saya sesuaikan dengan numerik pada function ketika di panggil. Berikut list script phpnya.

<?php
function kalku ($num1, $num2, $oper){
    if ($oper == 1){
        $hasil = $num1 + $num2;
    }
 
    else if ($oper == 2){
        $hasil = $num1 - $num2;
    }
 
    else if ($oper== 3){
        $hasil = $num1 * $num2;
    }
 
    else if ($oper == 4){
        $hasil = $num1 / $num2;
    }
    return $hasil;

}

$hasil = kalku (7, 6, 3);
echo "Hasil perkalian 7 x 6 = $hasil";
?>
kira-kira hasilnya akan seperti contoh berikut.
 

Membuat persegi menggunakan perulangan For

Jika sebelumnya percabangan, sekarang kita juga bisa mengkombinasikan function dengan perulangan. Disini saya ingin membuat peruulangan sebuah bintang, dari bintang yang tersusun kita bisa membuut sebuah persegi. Berikut list script phpnya.

<?php
function loops ($a, $b){
    for ($i = 1; $i <= $a; $i++){
        for ($j = 1; $j <= $b; $j++){
            echo "* ";
        }
        echo "<br>";

    }
}

echo loops (5, 6);
?>
kira-kira hasilnya akan seperti contoh berikut.
 
 
Demikian penjelasan mengenai function di php. Semoga mudah di pahami dan bermanfaan bagi pembaca. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan bisa letakkan di komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai berjumpa di pembahasan php berikutnya. Salam programming!!.
 

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment