Monday, July 1, 2019

Oracle Apex 8 - PL/SQL Introduction

Assalamu'alaikum

Selamat sore, salam database!!. Masuk ke pembahasan PLSQL pada oracle database. PLSQL ini merupakan bahasa yang bisa di terapkan pada database oracle karena oracle sendiri sudah support untuk melakukan instruksi dengan bahasa PLSQL. Bedanya dengan bahasa SQL biasa, PLSQL terbagi atas beberapa blok/bagian. Langsung saja berikut pembahasannya. 

PL/SQL Introduction

Pada dasarnya PL/SQL merupakan gabungan 2 bahasa yang memiliki satu penggunaan yang sama namun hanya struktur penulisannya yang berbeda. Dimana PL (Procedural Languange) merupakan bahasa prosedural yang terdiri dari beberapa blok dan SQL (Structured Query Language) bahasa yang digunakan untuk melakukan query terhadap database. 


Karena sudah di sebut bahasa prosedural, PL digunakan sebagai bahasa pemrograman yang di lakukan dengan memberikan serangkaian perintah yang berurutan. Sehingga kita bisa melakukan instruksi layaknya pemrograman biasa pada bahasa prosedural PL ini. Sedangkan PL/SQL sendiri merupakan gabungan antara bahasa prosedural dan bahasa query. Dimana strukturnya sendiri, SQL di letakan didalam bahasa PL.

PL sendiri terbagi menjadi beberapa blok atau bagian yaitu :
  • Bagian deklarasi (DECLARE), bagian deklarasi ini ditandai dengan menggunakan keyword DECLARE. Bagian deklarasi ini bersifat optional artinya tidak menggunakan blok ini pun bahasa PL masih bisa di jalankan. Bagian ini digunakan untuk deklarasi variabel, konstanta (variabel tetap), dan cursor. 
  • Bagian eksekusi program (BEGIN ... END). Bagian ini ditandai dengan menggunakan keyword BEGIN dan di akhiri dengan keyword END. Bagian ini wajib jika ingin menjalankan Bahasa Prosedural. Bagian ini digunakan untuk instruksi-instruksi yang ingin di jalankan.  
  • Bagian penanganan Eksepsi (EXCEPTION HANDLING). Bagian/blok Exception Handling digunakan untuk menangani eksepsi apabila program mengeluarkan pesan error. Bagian Exception Handling juga bersifat optional.
Berbeda dari SQL yang pengakhiran programnya (;) di akhiri di beberapa baris jika penggambaran querynya sudah lengkap, di PL setiap instruksi yang diberikan harus langsung di akhiri dengan titik koma (;). 

Titik koma juga tentu di berikan di struktur blok penulisan program PL, namun hanya di letakkan di blok END saja. Struktur blok PL digambarkan sebagai berikut

DECLARE
   <<bagian deklarasi variabel dll>>
BEGIN
   <<bagian eksekusi>>
EXCEPTION
   <<bagian eksepsi>>
END; 

Output Program PL

Untuk latihan pertamanya kita akan coba melakukan output dengan menggunakan bahasa prosedural. Disini kita hanya akan menggunakan blok BEGIN saja. Hal ini untuk menunjukan kalau program PL bisa berjalan tanpa menggunakan blok DECLARE dan EXCEPTION. Untuk melakukan output program di program PL kita bisa menggunakan perintah :

DBMS_OUTPUT.PUT_LINE ('String');

Tipe Data Procedural Language (PL)

PL juga tentu memiliki tipe-tipe data yang bisa di deklarasikan pada blok DECLARE. Listing tipe data program PL bisa di lihat ketika kita membuat tabel baru dengan type attribute yang ingin digunakan. Umumnya tipe data yang sering digunakan adalah number (untuk angka), Varchar (untuk string atau kalimat), dan Date (Untuk tanggal).


Note : penulisan value tipe data date pada oracle adalah 'MM-DD-YYYY' dimana M adalah month (bulan), D adalah Day (Hari) dan Y adalah Year (Tahun).


Semisal disini kita ingin membuat program penjumlahan sederhana. Pada blok DECLARE, kita deklarasikan dulu variabel dan tipe data yang digunakan, jangan lupa berikan size untuk variabel tersebut. Instruksi untuk memberikan value kedalam variabel yang di deklarasi adalah dengan menggunakan simbol titik dua dan sama dengan (:=). Jika sudah di proses antara bil1 dan bil2, hasil di tampilkan menggunakan perintah DBMS_OUTPUT.PUT_LINE.

Program Menghitung Luas Segitiga

Sekarang kita coba buat program untuk menghitung luas segitiga. Variabel yang kita deklarasikan yaitu alas, tinggi dan luas. Masukan value alas dan tingginya. Lalu untuk proses jumlah luasnya, gunakan perintah mencari luas segitiga yaitu 1/2 Alas x Tinggi. Hasil variabel luas di tampilkan dengan menggunakan perintah DBMS_OUTPUT.PUT_LINE.

DECLARE
   ALAS NUMBER(5);
   TINGGI NUMBER(5);
   LUAS NUMBER(5);
BEGIN
   ALAS := 6;
   TINGGI := 4;
   LUAS := (ALAS*TINGGI)/2;
   DBMS_OUTPUT.PUT_LINE ('LUAS SEGITIGA ' || LUAS);
END;
LUAS SEGITIGA 12

Program Menghitung Luas dan Keliling Persegi Panjang

Selanjutnya kita coba buat program penghitung luas dan keliling persegi panjang. Caranya sama seperti diatas yaitu tentukan variabelnya, masukan valuenya lalu di prosesnya masukan rumus luas dan keliling persegi panjang setelah itu tampilkan. 
 
DECLARE
   PANJANG NUMBER(5);
   LEBAR NUMBER(5);
   LUAS NUMBER(5);
   KELILING NUMBER(5);
BEGIN
   PANJANG := 6;
   LEBAR := 4;
   LUAS := PANJANG * LEBAR;
   KELILING := 2*PANJANG + 2*LEBAR;
   DBMS_OUTPUT.PUT_LINE ('Luas persegi panjang adalah = ' || LUAS);
   DBMS_OUTPUT.PUT_LINE ('Keliling persegi panjang adalah = ' || KELILING);
END;
Luas persegi panjang adalah = 24
Keliling persegi panjang adalah = 20
Demikian penjelasan mengenai PL/SQL lebih tepatnya pembahasan kali ini hanya membahas PLnya saja. Kemungkinan di pertemuan selanjutnya akan bertemu dengan scripit PL/SQL. Sekian dari saya, jika ada yang ingin di tanyakan bisa letakkan di kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai berjumpa di pembahasan oracle selanjutnya. Salam Database!!. 

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment