Monday, July 1, 2019

Oracle Apex 7 - Query di Application Builder Using SQL Builder

Assalamu'alaikum

Selamat siang, salam database!!. Masih melanjutkan pembahasan application builder di oracle apex. Kali ini kita akan coba membuat application builder dimana kita melakukan query kolom tabelnya dengan menggunakan SQL. Sehingga kita bisa menenentukan kolom mana yang ingin kita tampilkan dengan menggunakan perintah SQL tersebut. 

Create Application Builder Using SQL Builder

Langsung saja kita coba buat application buildernya. Tepatnya di menu App Builder, lalu klik Create untuk membuat aplikasi baru. Pada konfigurasi page kita buat pagenya sebagai report. Karena di latihan kali ini saya ingin melakukan query terhadap tabel pembelian di Skema "Skema" (Default), maka skema yang kita gunakan adalah skema default, jadi setup sebagai skema 'SKEMA'.
 

Setelah memilih tampilan report, pada report page kita berikan nama bebas. Lalu pada pilihan tabel, kita ganti ke tab SQL Query, lalu klik tombol palu seperti yang saya gambarkan dibawah ini.
 

Maka akan muncul pop up baru. Langkah stepnya masukan tabel tabel yang kita perlukan dari jendela sebelah kiri caranya tinggal di klik saja list tabelnya (ket: merah). Setelah semua tabel masuk ke lembar kerja ceklist kolom-kolom yang ingin kita tampilkan (ket: oren). Terakhir tinggal kita hubungkan foreign-keynya, caranya tinggal klik kotak kosong yang berada disamping nama kolom lalu di arahkan ke lawannya (ket: hijau dan biru). Setelah itu kita tinggal klik return.


Note : saya disini ingin menampilkan kolom Kode Pembelian, Tanggal Pembelian, Jumlah Pembelian (tabel PEMBELIAN) lalu kolom Nama Barang (tabel BARANG) dan kolom Nama Pelanggan (tabel Pelanggan).
 

Maka otomatis script sql akan muncul sendirinya sesuai konfigurasi tabel yang kita lakukan diatas. Jika sudah sesuai, tinggal klik add page saja.
 

Sehingga konfigurasi pagenya kurang lebih akan seperti contoh gambar dibawah. Jika sudah sesuai tinggal klik create application saja.
 

Jika aplikasinya sudah di buat, langsung saja tinggal kita jalankan. Klik di Run Application.
 

Setelah itu akan di redirect ke tampilan login. Masukan login sesuai yang disetting pada konfigurasi page sebelumnya. Jika default, login username dan passnya sama seperti login credentials application express.
 


Maka tampilannya akan muncul page report SQL yang kita setting sebelumnya.
 

Hasilnya akan sesuai dengan instruksi SQL yang kita jalan kan. Dimana kita hanya ingin menampilkan Kode Pembelian, Tanggal Pembelian, Jumlah Pembelian, Nama Pelanggan dan Nama Barang saja.
 

Demikian penjelasan mengenai Query Application Builder menggunakan SQL Builder. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan bisa letakkan di komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai berjumpa di pembahasan oracle selanjutnya. Salam Database!!.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment