Thursday, April 30, 2015

Cara Setting Address Di OpenSuse KDE



Sekedar Iseng dan bawaan tugas, saya ingin memposting cara mengatur Ip Mode Dekstop pada OpenSuse. Barangkali ada yang masih bingung cara settingnya. Bagaimana caranya? Kita akan mulai.


Pertama-tama buka OpenSuse. Lalu arahkan mouse ke pojok bawah kiri atau tepatnya kearah menu list pada OpsenSuse. Lalu klik dan arahkan (tidak perlu di klik) mouse ke bagian komputer. Lalu pilih aplikasi yast. Di aplikasi inilah kita akan mengatur segala konfigurasi termasuk konfigurasi Ip, netmask, gateway maupun Dns (domain name system).



Dan beginilah tampilan dari aplikasi yast. di dalam aplikasi ini banyak pengaturan yang bisa kita setting. Di menu sebelah kanan adalah menu untuk semua konfigurasi. Sedangkan Tampilan menu kiri hanya sebagai judul dari konfigurasi menu sebelah kanan agar mempercepat pencari konfigurasi yang ingin kita gunakan. Setelah itu, klik pada network devices dan pilih ke Network Setting.

Setting Ip Beserta Netmask

Lalu kita bisa melihat Ip pada menu Overview, Melihat Dns pada menu Hostname, Dan melihat gateway pada menu Routing. Untuk mengganti Ip address bisa pada menu Overview lalu pilih Add atau edit. Karena pada gambar sudah ada Ipnya, tinggal kita edit. Jadi Klik pada Edit.


Lalu pada tampilan edit IP kita ubah Ipnya, misal 20.20.20.1 dengan subnetmask /30. Pada subnetmask juga bisa kalian masukan netmask yang sebenarnya 255.255.255.252. Setelah selesai konfigurasi Pilih dan klik yang next.



Setting Gateway

Jika ingin mengatur Gateway, kalian bisa memilih pada menu routing dan ubah gateway pada Ip versi 4 dan pilih device yang digunakan sesuai kebutuhan.



Begitulah sekilah cara menyetting Ip Mode dekstop pada OpenSuse. Tetap bersama web kami dan raihlah impian kalian bersama kami. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar.

2 comments:

  1. gan caranya yang CLI gimana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah nyoba sih gan, info dari https://forums.opensuse.org/showthread.php/431523-Configure-Static-Ip-using-the-Terminal ada 3 files yg harus di ubah

      /etc/sysconfig/network/ifcfg-eth0
      BOOTPROTO='static'
      IPADDR='192.168.2.77'
      MTU='1500'
      NAME=''
      NETMASK='255.255.255.0'
      STARTMODE='auto'
      USERCONTROL='no'

      /etc/sysconfig/network/routes
      default 192.168.2.1 - -

      /etc/resolv.conf
      nameserver 192.168.2.1

      dicoba aja gan :D

      Delete

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment