Tuesday, May 26, 2015

Belajar GNS3 3 : Memasukan Ios Router Ke Sistem GNS3



Selamat datang kembali para hadirin dan pemirsa yang selalu setia bersama kami. Hari ini saya ingin menjelaskan sedikit tentang materi pembelajaran virtualisasi networking. Karena dimungkinkan beberapa postingan kedepan saya ingin menjelaskan tentang Cisco. Maka, ada baiknya kita mempelajari virtualisasinya. Faktor yang mendukung kita untuk menggunakan metode virtualisasi adalah kurangnya modal untuk mengkonfig alat cisco beneran.

Selain itu, GNS3 ini merupakan implementasi asli dari iosnya cisco langsung. Sehingga terdapat dan banyak kemiripan sintaks, konfigurasi maupun tampilan. Di GNS3 kita bisa memasang alat ios ini. Tujuannya ya ga lebih, supaya bisa mengkonfigurasi sistem operasi yang ada pada alat cisco. Selain itu, konfigurasi iOS pada GNS3 lebih lengkap karena sistemnya dari iOS asli. Yang akan dimasukan nantinya ke GNS3 adalah iosnya router cisco.



Download iOS Cisco 

Untuk masuk ke tahap pembelajaran, bagi kalian yang ingin mencoba bisa langsung mendonwload iOS pada link berikut ini Download iOS yang sudah saya sediakan demi kepentingan belajar bersama. Total iOS yang akan kita masukan berjumlah 6 iOS (yang sudah diextrack dari file download-annya).

Setting iOS Di GNS3 

iOS yang sudah di download dan di extract tadi, sekarang kita masukan di GNS3nya. Caranya dengan mengedit file iOS pada pilihan "iOS images and hypervisors" di menu edit pada gns3 seperti gambar dibawah ini.


Lalu akan muncul tampilan menu pop-up. Yang memuat pemasukan Ios imagenya sendiri. Untuk menambahkan Ios baru bisa pada tombol discovery (tombol titiktitik). Di bagian Image file. 

Setelah itu, isikan platfrom dan modelnya. Pastikan dan samakan platform dan model sesuai dengan platform dan model pada Ios anda. Sebagai contoh seperti kotak biru yang sudah saya tandai. Setelah itu klik save, maka pada ios image table akan muncul Ios yang sudah anda masukan.   


Di settingan sebelumnya kita telah menambahkan iOSnya dengan model maupun platfrom yang telah disesuaikan. Maka ketika pengkonfigurasi iOS sudah diselesaikan, pada ikon-ikon alat jaringan akan muncul beberapa yang bisa digunakan sesuai dengan model iOS yang telah disetting sesuai model dan platformnya.

Update

Berikut ini saya sediakan video tutorial dan kebetulan late update lama sekali :v. Semoga video ini membantu memudahkan kalian mengkonfigurasi ios cisco pada gns simulator kalian gaes. www.youtube.com/watch?v=LpGEhXrbtqQ

 
Semoga dengan ini ilmu yang diberikan akan bermanfaat untuk yang mendapatkan. Bila ada kesalahan atau kekurangan mohon di maafkan. Terima kasih telah berkunjung, sekian dari saya. Salam perpisahan. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment