Friday, May 22, 2015

Lab 4 MikroTik - Management Paket : Enable dan Disable Paket


Melihat Paket MikroTik Pada Router MikroTik

Lanjut lagi ke lab selanjutnya, kali ini kita akan mulai memanagement paket. Versi MikroTik dapat dilihat dari paket-paket yang telah terinstall. Di paket-paket tersebut menunjukan fitur apa saja yang sudah didukung oleh router. Untuk melihat versi dari paket bisa dilihat pada menu System > Packages. Sedangkan untuk perintah command linenya bisa menggunakan perintah :

[admin@alfa] > system package print

Enable Dan Disable

Paket-paket tersebut dapat di enable (aktifkan) di disable (dinonaktifkan), uninstall, unshedule, update maupun downgrade. Pada lab ini hanya menunjukan cara meng-enable dan men-disable. Langsung uji coba, disini saya mengingkan agar ipv6 yang aktif didisable dan wireless yang non aktif di enable. 
 

Setelah kedua paket di di enable dan didisable, maka akan muncul penjadwalan paket pada baris sheduled. Itu menandakan bahwa paket akan siap di aktifkan jika ada perintah. Untuk itu, untuk mengaktifkan konfigurasi enable/disable paket caranya adalah dengan merestart/mereboot sysem si router agar konfigurasi dapat berjalan. 

Merestart Sistem MikroTik

Untuk merestart system router dapat dilakukan pada menu system > Reboot. Maka secara otomatis system akan reboot. Perintah CLI yang digunakan adalah sebagai berikut.

[admin@alfa] > system reboot

Pengecekkan

Setelah proses reboot telah selesai, cek kembali paket yang tadi di enable dan disable. Maka kedua paket akan berubah kedudukannya. Yang semula Ipv6 aktif menjadi tidak aktif dan wireless yang semula tidak aktif menjadi aktif.


Update

berikut ini saya sediakan video tutorialnya untuk lebih memudahkan. Video juga bisa di akses pada link berikut ini. Lab pada video digabungkan dengan lab upgrade dan downgrade paket agar di satukan pada video yang sama tentang management package mikrotik.


Sekian dari saya, semoga bermanfaat. Lain waktu jangan bosan tuk berkunjung ke blog yang sederhana ini. Terima kasih, sampai jumpa. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment