Wednesday, May 20, 2015

Management CentOS 2 : Setting Address Di CentOS


Masih bersama saya dan sistem operasi yang lagi kita project-kan disini, CentOS. Dalam memahami dan mengenal sistem dan cara mengkonfigurasi dasar nya, kita perlu memanagement konfigurasi dasar. Salah satunya sesuai judul, Setting address di CentOS. Hal ini bertujuan agar saat nanti muncul pengkonfigurasian Ip, anda tidak bingung lagi bagaimana cara setting ip atau address di CentOS. 

Letak File Konfigurasi Address

Sesuai dari sistem linux, segala bentuk konfigurasi diletakkan didalam suatu file tertentu yang berada pada direktori tertentu. Sedangkan file yang harus kita konfigurasi kali ini adalah file yang berkaitan dengan settingan address. Letak file tersebut berada di direktori /etc/sysconfig/network-scripts/

Langsung saja kita mulai konfigurasi Ipnya, pertama masuk kedalam direktori konfigurasi address tersebut. 
# cd /etc/sysconfig/network-scripts

Konfigurasi Interface Ether0

Lalu cek isi dari direktori tersebut menggunakan perintah ls. 


Bisa terlihat pada gambar diatas adalah interface-interface yang bisa dikonfigurasi. Salah satunya interface eth (ethernet) yang akan kita edita file nya menggunakan text editor vi. Gunakan perintah berikut untuk mengedit filenya.
network-scripts]# vi ifcfg-eth0
Lalu edit file seperti gambar dibawah ini. Sekarang kita coba konfigurasi interface eth0 ini dengan konfigurasi ip static (manual). Sehingga konfigurasi yang bisa kita gunakan adalah sebagai berikut :
  • Bootproto harus dijadikan ke mode static atau juga bisa none
  • Setiap ingin mengkonfigurasi address, gunakan huruf besar semua dengan format penulisan yang sama.
  • Konfigurasi address dengan nama konfigurasinya dipisah dengan simbol samadengan "="
  • Konfigurasi lainnya ikuti saja seperti gambar dibawah ini. 


Seperti pada management sebelumnya, untuk menyimpan file yang sudah diedit, kita bisa menggunakan cara klik tombol esc lalu ketik :wq yang berarti write dan quit. Jika konfigurasi sudah disetting, langkah akhir yang perlu dilakukan adalah merestart konfigurasi network. Kita bisa menggunakan perintah berikut ini.
network-scripts]# service network restart
Setelah sistem konfigurasi network sudah di restart, kita tinggal mengecek apakah konfigurasi yang kita setting sebelumnya sudah sesuai dengan konfigurasi yang diinginkan atau tidak. Pengecekkan bisa menggunakan perintah
network-scripts]# ifconfig

Demikianlah cara konfigurasi ip atau address di CentOS. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Dan untuk materi-materi selanjutnya saya harap anda sudah mengerti cara setting ip di CentOS sehingga tidak perlu dijelaskan lagi. Sekian dari saya, kurang lebih mohon maaf saran dan pertanyaan silahkan masukan  di komentar. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment