Saturday, June 6, 2015

Ceph Cluster Di CentOS - Part 2

Membuat Ceph Object Storage atau OSD di Admin-Node

Masih kelanjutan dari part sebelumnya, setelah memformat disk yang sudah dilakukan di setiap node (node1, node2, node3). Sekarang tinggal pemasangan ceph-nya. Pertama kita siapkan dulu OSD yang akan digunakan ceph. OSD yang disiapkan berdasarkan settingan pemformatan harddisk menjadi tipe xfs pada ketiga node yang sudah disetting sebelumnya. Gunakan perintah berikut ini untuk menyiapkan OSDnya.

# ceph-deploy osd prepare node1:/ceph-osd node2:/ceph-osd node3:/ceph-osd
Selanjutnya OSD yang sudah disiapkan kita aktifkan. Gunakan perintah berikut ini untuk mengaktifkan OSDnya.

# ceph-deploy osd activate node1:/ceph-osd node2:/ceph-osd node3:/ceph-osd

Menyalin File Konfigurasi dan Key Ceph Ke Node1 - 3 Di Admin-Node

File konfigurasi ceph harus kita salin ke Node-node lainnya. Gunakan perintah berikut ini untuk menyalin file konfigurasinya.

# ceph-deploy admin admin-node node1 node2 node3
Jika sudah, langkah selanjutnya adalah memberikan hak akses read pada file ceph.client.admin.keyring di direktori /etc/ceph-cluster

# chmod +r /etc/ceph-cluster/ceph.client.admin.keyring

Membuat Metadata Server Ke Node1 Di Admin-Node

Langkah terakhir yang harus disetting pada server-server node maupun admin-node adalah membuat metadata server untuk Node1. Konfigurasi yang bisa kita gunakan adalah sebagai berikut.


# ceph-deploy mds create node1

Pengecekkan Status Ceph

Pengecekkan pertama adalah mengecek kesehatan ceph di admin-node. Jika sudah ok, maka konfigurasi sebelumnya berhasil dan berjalan mulus.


Setelah itu, pengecekkan status quorumnya.

 
Selanjutnya pengecekkan status ceph pada node1, node2 dan node3. Dan juga jangan lupa untuk mengecek OSD yang aktif atau tidak dengan perintah tree.
 

Pengecekkan terakhir yaitu melihat kapasitas harddisk ceph. Sebelumnya saat penambahan harddisk, saya menambahkan harddisk sebesar 6 Gb di setiap node. Sesuai dengan pengecekkan total harddisk (penyimpanan) sebesar 18 gb dari 3 server node.

Instalasi CentOS Release Xen dan Upgrade Kernel Di Client

Masuk ke konfigurasi pada client. Agar ceph lebih stabil pada client, kita bisa menginstall Xen pada clientnya. Gunakan perintah berikut ini untuk menginstall xen.

# yum -y install centos-release-xen
Selanjutnya, adalah mengupgrade kernel. Kernel pada client adalah kernel 2.x sedangkan ceph support ke kernel 3.x. Karena itu, pada client harus kita upgrade kernelnya. Dalam hal ini, mengupgrade kernel membutuhkan waktu yang lama. Jika upgrade sudah selesai, jangan lupa di reboot.

# yum -y update kernel 
Jika kernel sudah berhasil di upgrade, kita cek dulu kernel pada clientnya.

Menginstall Ceph dan Menyalin Keyring File ke Client Di Admin Node

Sementara, di Admin-node harus kita install dulu cephnya si client. Gunakan perintah berikut ini untuk menginstall ceph ke client.


# ceph-deploy install client
Jika sudah tinggal kita salin keyring file yang ada di admin-node. Gunakan perintah berikut ini untuk menyalin file keyring ke client.


# ceph-deploy admin client

Membuat Blok Device Di Client

Untuk membuat blok device, kita harus membuat disk baru terlebih dahulu. Disk yang dibuat di sini adalah disk model rbd. Jika sudah dibuat jangan lupa disknya dimapping. Perintah yang dapat digunakan adalah sebagai berikut.


# rbd create disk1 --size 5012
# rbd map disk

Disk baru yang sudah dibuat dan di mapping, harus kita format agar tipenya menjadi ext4. Fungsinya, agar nanti bisa digunakan oleh client saat dimounting ke sistem file client yang sudah menggunakan tipe file ext4. Gunakan perintah berikut ini untuk memformat tipe sistem filenya.

# mkfs.ext4 /dev/rbd1
Terakhir tinggal di mounting antara disk baru dengan salah satu direktori. Untuk direktorinya, kita buat saja terlebih dahulu.

# mkdir /ceph-bl-dv
# mount /dev/rbd1 /ceph-bl-dv
Jika sudah di cek dulu hasil mountingannya dengan menggunakan perintah df -h.


Part2 berakhir disini semoga anda puas dengan konfigurasinya. Sekian dari saya, konfigurasi ceph cluster akan dilanjutkan di part selanjutnya yang sudah saya sediakan pada link berikut ini. Terima kasih sudah mau mampir.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment