Sunday, May 24, 2015

Cara Mounting Harddisk Tambahan Di CentOS



Ada yang penasaran bagaimana cara menambahkan harddisk di linux? Bisa dibilang kalau menambah harddisk yang dimaksud ini adalah layaknya menambah partisi seperti di windows. Dalam hal ini saya ingin berbagi ilmu bagaimana sih cara nambah harddisk di CentOS? Langsung saja berikut penjelasannya.

Latar Belakang

Nambah harddisk, manfaatnya apa? Oke, sekarang gini. Semisal, di suatu server terdapat banyak pengguna yang berusaha mengakses server tersebut. Kita sebut saja server tersebut adalah storage server (server penyimpan data). Dalam hal ini pengguna-pengguna yang banyak tersebut menyimpan data dari data yang ukurannya kecil maupun besar. 

Suatu hari, penyimpanan di server mulai menipis. Niat kita adalah menghapus data-data yang telah banyak tersimpan. Tapi tidak untuk perusahaan ini, para pelanggannya (user) tidak ingin data-data mereka selama ini dihapus. Karena itu, satu-satunya cara adalah dengan menggunakan metode penambahan harddisk pada server tersebut. 

Mounting harddisk?

Sudah menjadi sifat sebuah sistem operasi. Setelah harddisk ditambahkan, penyimpanan di harddisk tersebut tidak langsung bisa digunakan. Satu-satunya cara adalah dengan memountingkan harddisk tersebut kedalam sistem operasinya. Layaknya menambah partisi pada windows, hal yang sama juga harus dilakukan di sistem operasi Linux.

Cek Harddisk Baru

Dalam implementasi kita kali ini, kita akan mencoba menambahkan harddisk di CentOS. Langsung saja, kita mulai. Pertama kita cek dulu harddisk yang sudah kita tambahkan tadi dengan menggunakan perintah berikut ini.

# fdisk -l
Biasanya pada sistem operasi berbasis linux seperti CentOS ini pada harddisk yang sudah kita tambahkan. Biasanya akan muncul device baru (harddisknya) pada direktori /dev/sdb. Device inilah yang disebut disk dari hardisknya yang akan kita tambahkan. 

Memasang Disk Penyimpanan Ke Sistem CentOS

Disk /dev/sdb yang terdeteksi pada pengecekkan device harddisk tadi, yang akan kita tambahkan ke sistem CentOS nya. Pertama kita jadikan /dev/sdb sebagai partisi kita terlebih dahulu. Caranya bisa menggunakan metode Fdisk atau CFDisk. Dalam hal ini saya lebih menyarankan anda menggunakan CFDisk, seperti yang akan saya implementasikan. Jika menggunakan metode cfdisk, kita bisa menggunakan perintah berikut ini.

# cfdisk /dev/sdb
maka tampilan dari cfdisk adalah seperti gambar dibawah ini. Langkah selanjutnya adalah dengan membuat partisi pada free space tersebut. Dengan menggunakan metode cfdisk (berbasis tampilan) kita bisa mengklik pada perintah new seperti yang ditampilkan.


Setelah itu partisi free space yang ingin di tambahkan tersebut kita jadikan mode primary. 

Untuk sizenya, kita berikan saja full size pada isi penyimpanan harddisknya.

Maka free space tadi sudah berubah menjadi tipe media penyimpanan linux. Untuk menjadikannya sebuah partisi kita jadikan dulu menjadi bootable.


Jika bootable sudah di klik, kita gunakan pilihan perintah write untuk menjadikan (menulis) konfigurasi penambahan harddisk pada media penyimpanan CentOS. 


Jika tulisan ini muncul, tinggal tulis "yes" untuk menjalankan perintah write tadi.


Dan selesai penambahan, kita tinggal menggunakan perintah Quit untuk keluar dari mode cfdisk ini.

Mengaktifkan Penggunaan Penyimpanan

Agar media penyimpanan dapat digunakan oleh sistem linux, terlebih dahulu kita setting pada partisinya. Yang disetting disini adalah :
  • Physical Volume
  • Volume Group
  • Logical Volume


Untuk menyetting ketiga konfigurasi diatas adalah dengan menggunakan perintah berikut ini.

# pvcreate /dev/sdb1
# vgcreate vg_alfa /dev/sdb1
# lvcreate -L 4G -n lv_alfa vg_alfa
Dengan begini sistem dari media penyimpana yang sudah kita tambahkan tadi sudah bisa digunakan sebagai media penyimpanan sistem CentOS. Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment