Friday, October 30, 2015

Project 2 NAN - Konfigurasi Web Chat - Sparkweb

Assalamu'alaikum

Jumpa lagi dengan saya di siang yang cerah ini. Karena ingin melanjutkan postingan sebelumnya, kali ini saya akan menjelaskan tetang konfigurasi web chatnya. Sehingga chat server yang sebelumnya sudah disetting akan bisa dipergunakan dan difungsikan untuk client. Untuk aplikasi yang dibutuhkan kita bisa menggunakan sparkweb. Seperti apa cara ngonfignya? berikut materialnya.

Bahan Sparkweb

Untuk sparkwebnya bisa didownload di situs resminya atau bisa menggunakan bahan yang sebelumnya sudah saya berikan linknya. Untuk lebih jelasnya, klik link berikut ini untuk mendownload bahan sparkwebnya. Di material ini kita bisa melihat dengan jelas bahwa setiap konfigurasi sebelumnya (DNS, FTP dan Web Serta Chat) akan diimplementasikan disini.

Konfigurasi Laman Sparkweb

Karena sparkweb adalah sebuah laman yang pastinya menggunakan html dan alat-alat lainnya untuk menjalankan sebuah chat di web browser. Untuk mengkonfigurasi laman sparkwebnya, kita pindahkan dulu bahan sparkweb yang sudah didownload tadi menggunakan koneksi ftp. Jika sudah, cek file pada server debian. Lalu pindahkan ke direktori /var/www.


Setelah itu, cek file sparkweb.html pada direktori sparkweb yang sudah dipindahkan. File tersebut adalah inti dari tampilan web chatnya. Karena itu, kita ubah terlebih dahulu nama file tersebut menjadi index.html dengan menggunakan perintah berikut ini. Alasan kenapa filenya harus diubah namanya karena, secara default index.html adalah file yang akan di baca saat client mengakses sebuah web.
# cd /var/www/sparkweb
/var/www/sparkweb# mv SparkWeb.html index.html
Lalu edit file index.htmlnya dengan menggunakan perintah berikut ini. Edit bagian servernya. Disini karena sebelumnya kita menyetting domain khusus untukk chat, masukan saja domain chat tersebut.
/var/www/sparkweb# nano index.html

Konfigurasi File Controller Sparkweb

Setelah itu, kita harus mengkonfigurasi file controller untuk sparkwebnya agar sparkwebnya bisa diakses melalui client dan bisa disebut sebagai website. Untuk mengeditnya, pertama kita copykan file default controllernya. Letak file ini berada di direktori /etc/apache2/sites-available.
# cd /etc/apache2/sites-available
/etc/apache2/sites-available# cp default sparkweb
Setelah itu edit file copyannya atau file sparkweb. Yang diedit disini adalah domain yang digunakan dan letak file htmlnya. Untuk mengeditnya gunakan editor nano dengan menggunakan perintah berikut ini.
/etc/apache2/sites-available# nano sparkweb 

Pengetestan Pada Client

Untuk menguji coba, pastikan terlebih dahulu bahwa client sudah dapat terhubung ke server. Jika sudah, coba buka domain chat yang sudah dikonfigurasikan sebelumnya. Maka tampilan dari sparkweb adalah seperti gambar berikut.


Masih berlanjut di client, sekarang kita coba tambahkan user baru pada controller chat server. Buatlah dua user baru dengan passwordnya.


Setelah user dibuat, cobalah login pada tampilan sparkwebnya. Gunakan username dan password yang sama seperti yang dikonfigurasikan pada controller sebelumnya. Lalu klik login untuk mencoba login.


Maka tampilan dari login sebuah user adalah seperti gambar berikut ini. Disini klien nantinya bisa menambahkan teman atau tetangga pada jaringan NAN ini. Tapi tetap, sebelumnya kita harus mengkonfigurasikan usernya terlebih dahulu pada controller chat servernya.
 

Demikian perjumpaan kita pada siang yang cerah ini. Semoga artikel ini membantu anda dan bermanfaat untuk anda. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment