Monday, November 2, 2015

Belajar File Sharing Di Windows Pada Jaringan

Assalamu'alaikum

Bertemu lagi dengan saya dan masih terus bersama saya. Kali ini saya ingin menjelaskan pembelajaran yang dasar-dasar dulu nih. Semoga artikel ini berguna, terutama anda yang baru-baru ini mengenal jaringan. Karena, seharusnya kalian tau bahwa dengan menggunakan jaringan banyak manfaat yang bisa diambil terutama keuntungan-keuntungan menggunakan jaringan.

Topologi

Salah satu keuntungan jaringan adalah sharing folder. Sharing folder atau berbagi folder tentu bisa dilakukan pada jaringan kecil maupun jaringan yang besar. Karna kali ini kita hendak membahas sharing folder, kita akan mencoba sharing folder antar 2 PC (peer to peer) yang menggunakan sistem operasi windows seperti contoh topologi berikut ini.

Setting Address

Setelah itu, kita setting address pada kedua pc tersebut. Untuk addressnya bebas terserah kalian asalkan address tersebut sesuai standar, okeh!!. Kalo bingung untuk address yang digunakannya, coba gunakan address berikut ini.

PC/Laptop1 (Windows 8)192.168.1.1
PC/Laptop 2 (Windows 7)192.168.1.2
Jika kedua PC sudah disetting addressnya, pastikan kedua perangkat tersebut sudah bisa saling ping dengan menggunakan CMD seperti contoh gambar test ping berikut ini. *test ping dilakukan ke address lawan

Menghidupkan Folder Sharing

Secara default, file sharing dimatikan pada sistem windows. Untuk menghidupkannya cukup mudah. Pertama buka control panel dan cari advanced sharing center. Lalu ditampilan tersebut, pada private dan public aktifkan file sharing (turn on file sharing). Pada all networks, aktifkan turn on sharing dan jangan lupa untuk mematikan turn off password agar saat yang mengakses file sharing bisa mengakses tanpa password.


Sharing Folder

Jika test ping berjalan baik artinya kedua pc sudah dapat terhubung. Sekarang, kita akan langsung ujikan setting sharing folder pada windowsnya. Pertama, siapkan folder yang ingin disharing. Jika sudah, klik kanan pada folder tsb, lalu pilih share with, pada pilihan selanjutnya, pilih Spesific People.



Maka akan muncul pop up/tampilan setting file sharing seperti tampilan berikut ini. Pada tampilan ini, kita pilih kita ingin sharing folder dengan siapa. Pada tampilan berikut terdapat 3 Opsi yaitu
  • Pertama, Untuk user lain yang ada pada pc itu sendiri
  • Kedua, Untuk user Guest
  • Ketiga, untuk user lainnya. 
Karena kita mensharing pada sebuah jaringan, kita menggunakan everyone (Semua orang) termasuk orang pada jaringan lain. Klik pada everyone dan add untuk menambahkan. 
 

Selanjutnya, hak akses. Hak akses ini adalah seberapa besar akses yang diberikan kepada PC lain yang ada pada jaringan. Disini ada dua opsi, read dan read/write. Bedanya, read hanya bisa membaca artinya PC lawan hanya bisa membaca folder, tidak bisa mengedit atau menghapus. Sedangkan Read/write bisa digunakan untuk mengedit atau menghapus. Jika sudah klik share.
 

Jika tampilan seperti gambar dibawah ini muncul, artinya folder yang kita sharing sebelumnya sudah bisa dilihat dari PC Lawan.
 

Pengecekkan

Lalu pada PC lawan. Untuk mengakses folder share yang di bagikan pada PC1 sebelumnya. Kita bisa menggunakan windows run. Shortcut keyboardnya menggunakan Logo Windows dengan tombol R. Lalu isikan windows runnya dengan menggunakan perintah Backslash 2x (\\) diikuti dengan IP Pc1.
  

Cara yang sama bisa dilakukan pada windows Explorer. Buka windows explorer. Lalu pada URL barnya, ketikan perintah yang sama seperti pada windows Run sebelumnya.
 

Maka secara otomatis, kita akan langsung masuk ke folder share PC1. Disini bisa terlihat, bahwa folder yang tertera sama seperti yang disharing sebelumnya pada PC1. Dengan ini kita langsung bisa mengirimkan data lewat folder sharing ini.
 

File Sharing Dengan Switch

Selain itu, kalian juga bisa mensharing folder menggunakan 3 PC secara yang bersamaan. Namun, jika seperti ini bukan peer-to-peer lagi namanya. Tepatnya, menggunakan alat jaringan diantara PC tersebut. Contohnya menggunakan switch sebagai penghubungnya. Kalian juga bisa mencoba langsung menggunakan switch (kalo ada alatnya) atau juga bisa menggunakan virtualisasi (dijelaskan di materi yang berbeda).

Demikian penjelasan singkat mengenai folder sharing pada windows, semoga bermanfaat untuk anda. Sekian dari saya saran dan pertanyaan silahkan masuk di komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment