Monday, October 26, 2015

Project 2 NAN - Konfigurasi Web Server Di Debian

Assalamu'alaikum

Masih melanjutkan kisah server dari postingan sebelumnya, di hari yang sama di waktu yang sama dan di deadline yang sama. Saya akan langsung membagikan sistem server saya selanjutnya yaitu konfigurasi web server. Dari sini kita juga bisa mengimplementasikan dns dan bahkan ftp yang sudah diimplementasikan sebelumnya. Ingat!! semua konfigurasi yang digunakan adalah untuk kepentingan si server sendiri.

Install Paket Apache2

Untuk membuat sebuah web server sederhana, ya walaupun cuma support html. Kita bisa menggunakan aplikasi yang satu ini pada server debian. Untuk menginstall aplikasi ini, kita bisa menggunakan perintah yang satu ini
# apt-get install apache2

Sinkronisasi Web Server

Karena sebelumnya, kita sudah menyetting dns. Kita terlebih dahulu kita sinkronkan dns tersebut. Penyinkronan ini otomatis terbuat direktorinya ketika paket apache2 sudah selesai di install. Letak direktorinya berada pada /etc/apache2/sites-available. Untuk berjaga-jaga jangan gunakan file defaultnya. Kita kopikan saja file default menjadi website agar lebih termanagement.
# cd /etc/apache2/sites-available
/etc/apache2/sites-available# cp default website 
Jika sudah, langsung saja edit file websitenya dengan menggunakan perintah :
/etc/apache2/sites-available# nano website
Editlah seperti contoh file yang sudah saya edit ini. Untuk server name adalah sinkronisasi terhadap domain sebelumnya yaitu domain www. ServerAlias diperlukan karena pasti yang mengakses, ada yang tidak menggunakan tanda www. Dibagian DocumentRoot adalah letak file html yang sinkronasikan disini. Ubahlah letak html tersebut sesuai keinginan kalian. Akan lebih baik jika diletakkan pada direktori /var/www.


Restart Sistem Dan Atur Direktori Website

Jika settingan sudah selesai, kita coba aktifkan file tersebut dan non-aktifkan file default. Gunakan perintah berikut ini untuk mengaktifkan.
/etc/apache2/sites-available# a2dissite default
/etc/apache2/sites-available# a2ensite website
Setelah itu, kita coba pindahkan letak html default /var/www/index.html ke direktori yang sebelumnya sudah disetting yaitu ke /var/www/website/index.html. Gunakan beberapa perintah berikut ini untuk memindahkannya.
# cd /var/www
/var/www# mkdir website
/var/www# mv index.html website/
Jika sudah bagian terakhirnya adalah merestart aplikasi apache2 dengan menggunakan perintah berikut ini
# /etc/init.d/apache2 restart

Pengecekkan

Setelah itu, kita cek pada client. Sebelum itu, pastikan client sudah berada di network yang sama dengan server dan dapat berhubungan dengan si server. Jika sudah, coba buka websitenya pada web browser dengan mengetikan ip server pada URL bar atau bisa menggunakan domain www.caman.lokal seperti yang sudah di setting sebelumnya. Maka berikut tampilan default htmlnya.
 

Mengedit Html

Kita juga bisa mengedit htmlnya agar lebih menarik dan membawa kesan informatif pada klien kita nantinya. Untuk mengedit htmlpun ada berbagai cara, seperti mengambil html yang sudah jadi dan memindahkannya ke server melalui ftp. Atau mengeditnya secara manual. Berikut kinerja saya ketika mengedit file html pada debian melalui jalur ftp.


Maka hasil dari pengeditan tersebut akan menjadi seperti ini. Keren bukan? Daya tarik dari tampilan informatif akan membuat klien takjub dan menjadikan para klien penuh dengan informatif. Sekedar tambahan dari saya untuk project ini, bagian website alangkah baiknya diisi dengan informasi-informasi jaringan NAN kalian. Seperti pembukaan, informasi jaringan, dan beberapa rule atau peraturan.
 

Sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi pembaca dan semoga menjadi inspirasi untuk mendesain html yang lebih baik lagi. Bagi para pembaca yang ingin menyalurkan atau mendonasikan htmlnya kepada admin jones ini, bisa di melalui komentar (ngarep). Yaudahlah, sudah saatnya kita bubar pada materi ini, saran da pertanyaan silahkan masukan di komentar terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment