Monday, October 26, 2015

Project 2 NAN - Konfigurasi FTP Server

Assalamu'alaikum

Masih melanjutkan project 2 dengan saya sendiri si admin yang ga punya kerjaan yang kerjanya cuma mosting. Setelah sebelumnya, kita sudah mengkonfigurasi dns server. Sekarang, kita akan langsung mengimplemtasikan fitur dns di dalam ftp. Tanpa banyak basa basi, langsung saja kita ke TKP.

Install Proftpd

Disini saya akan mengimplemetasikan fitur ftp denga menggunakan aplikasi proftpd. Apa saja yang harus dikonfigurasikan pada proftpd ini. Langsung saja kita install aplikasinya dengan menggunakan perintah berikut ini.
# apt-get install proftpd
Jika muncul pop up saat penginstallan, pilih saja standalone. Hal ini dikarenakan kita ingin membangun server ftp sendiri (tidak dari internet). Lalu klik ok untuk melanjutkan.


Set Direktori Untuk FTP

Untuk penyettingan letak direktori utama itu sih terserah anda ingin meletakannya dimana. Berbagai cara bisa dilakukan, termasuk cara saya yang mengubah posisi direktori untuk user ftp ke direktori baru /share. Jika sudah mengeset direktori utamanya, tinggal tambahkan direktori didalamnya untuk sample.
 

Pengecekkan

Tahap terakhir dari konfigurasi ini adalah pengecekan. Sebelum itu, pastikan pada client sudah satu network dengan server dan sudah dapat terhubung. Jika sudah, kita buka web browser dan ketikan (ftp.ipserverlu) seperti ini ftp.192.168.1.2. Karena sebelumnya kita sudah menyetting dns atau domain pada ip 192.168.1.2 menjadi sebuah nama caman.lokal. Maka kita bisa menggunakan domain ftp.caman.lokal

Gunakan user ftp yang sudah dibuat tadi beserta passwordnya yang sudah diset sebelumnya. Lalu klik login untuk melihat isi direktorinya.
 

Maka, direktori yang dibuat sebelumnya akan muncul pada isi direktori ftp yang sedang diakses.

Hak Akses Direktori

Terakhir, kita setting juga hak aksesnya menjadi full akses untuk setiap user yang login. Fungsinya buat apa? Untuk menjadikan akses full bisa di gunakan. Contohnya untuk kopi data ke server atau share data. Keamanan Hak Akses ini juga merupakan tanggung jawab anda sebagai administrator. Silahkan setting sesuai dengan keinginan anda.


Demikianlah sekilas penjelasan mengenai settingan ftp pada jaringan implementasi ini. Semoga bermanfaat untuk anda. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf, saran dan pertanyaan silahkan masukan di komentar. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment