Tuesday, November 21, 2017

Belajar GNS3 4 : Remote Mikrotik Di GNS3 Menggunakan Winbox

Assalamu'alaikum

Selamat malam, salam networking. Move on dulu dari konfigurasi networking. Sekali kali kita coba konfigurasi virtualisasi. Di artikel kali ini, saya ingin sedikit berbagi tentang materi remote winbox pada routerOS yang bersifat virtual pada gns3. Lho emang bisa? bisa dong. Dengan menggunakan fitur loopback, kita bisa menjadikan PC kita sebagai device virtual di gns3. Langsung saja disimak pada materi kali ini gaess.



Menyiapkan Interface Loopback Windows

Pertama tama yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan terlebih dahulu interface loopback pada windows atau pc kita. Interface loopback sudah pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya, cek cara membuat interface loopback di windows. Pembuatan interface loopback ini harus dilakukan agar, pc kita bisa menjadi salah satu device yang ada pada gns3. Kalian tentu bisa mendisable kembali interface tersebut pada network and sharing center.

Menyiapkan Perangkat Virtual

Setelah semua siap, barulah kita mulai lab gns3nya. Buka aplikasi gns3, lalu masukan qemu mikrotik, ethernet switch dan host yang merupakan salah satu cloud yang bisa diarahkan ke interface real pada windows. Kalian bisa memilih cloud ataupun host untuk di masukan ke dalam layar project. Cek juga cara menambahkan mikrotik qemu di gns3.

Konfigurasi Host atau Cloud

Setelah itu, kita konfigurasi host yang sudah di letakkan di layar project. Kita tambahkan interface loopback pada generic ethernetnya Nio. Sesuaikan nama interface loopback dengan yang tertera pada interface sharing and center windows. Karena nama interface saya ethernet2, maka kita tinggal menambahkan saja ethernet2 tersebut pada NIonya. 


Bagi yang mengalami kendala interface loopback tidak muncul pada Nio Gns3nya, seperti contoh pada gambar berikut. Ada step yang harus di tambahkan lagi. Kita hanya perlu merestart service npf pada cmd.
 

Pertama tama, buka cmd sebagai administrator. Kalian bisa search pada pc kalian. Cara ini juga bisa dilakukan pada windows 7 dan windows 8.
 

Setelah itu barulah kita restart service npfnya dengan menggunakan perintah seperti gambar berikut. Caranya mudah sekali, hanya mestop servicenya lalu menghidupkan kembali service tersebut.
 

Next step, jika interface Nio loopback windows sudah ditambahkan di hostnya. Tinggal kita sambungkan menggunakan kabel. Sambungkan saja ke interface host yang baru kita tambahkan seperti contoh berikut. Dan jangan lupakan switchnya. Alasannya, karena qemu mikrotik tidak bisa langsung diarahkan ke interface hostnya.
 

Konfigurasi Qemu RouterOS

Untuk membuktikan berhasil tidaknya, kita konfigurasi sedikit beberapa konfigurasi pada routerOS gns3nya. Setidaknya konfigurasikan identitas RouterOs dan ip address yang diarahkan ke hostnya. Karena saya disini menggunakan interface e0 pada qemu mikrotiknya, maka pada konfigurasi addressnya interface yang digunakan adalah interface ether1. Note : e0 pada gns3 sama dengan ether1 pada mikrotik RouterOS.
 

Langkah akhirnya, tinggal pengetestan menggunakan winboxnya. Cek pada tombol neighboard bagi yang menggunakan winbox lama yang winbox baru cek pada menu neighboards. Maka, identitas router yang sebelumnya di konfigurasi pada console gns3 akan muncul di winbox yang pc kita gunakan. Sampai tahap ini, kalian sudah bisa mengkonfigurasi routerOS Gns3 menggunakan aplikas winbox gaess.
 

Update Video

Untuk lebih jelasnya cek video berikut, cara setup atau install mikrotik di fitur qemu GNS3 sampai bisa di remote winbox.



Demikian penjelasan mengenai konfigurasi host loopback gns3 agar mikrotik qemu bisa diremote akses menggunakan winbox pc. Semoga artikel ini membantu kalian dan mempermudah kalian mempelajari virtualisasi komputer dan jaringan. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan silahkan letakan di kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung, salam networking.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment