Tuesday, January 8, 2019

C++ Programming 1 - Mengenal C++

Assalamu'alaikum

Selamat pagi, selamat beraktifitas. Berjumpa lagi dengan saya yang selalu setia memberikan artikel artikel menarik untuk di baca pembaca, semoga ya gaiss :v ngarep betul hahha. Di kesempatan kali ini saya ingin memulai membahas tentang programming yaitu tentang bahasa C++ yang saat ini sedang saya pelajari di matakuliah saya. Semoga nantinya bisa berlanjut ke materi materi programming lainnya. 

C++ Adalah

C++ adalah salah satu bahasa pemrogramman dari sekian banyak bahasa pemrogramman komputer. Bahasa C++ sendiri merupakan pengembangan dari bahasa C dengan tambahan fasilitas class. Program C++ berupa sekumpulan fungsi, bahkan program utama juga berbentuk fungsi, yaitu fungsi main(). Berikut sifat dasar dari program C++ : 
  • bahasa yang digunakan sudah mendukung pemograman berarah objek atau lebih sering di kenal dengan object oriented programming (OOP).
  • Kode C++ bersifat case sensitive, artinya membedakan antara huruf kecil dan besar dalam codingan harus di perhatikan.
  • Bahasa C dan C++ merupakan bahasa yang sangat populer dalam dunia perkembangan perangkat lunak (software). Kedua bahasa ini digolongkan kedalam bahasa tingkat menengah.
  • C++ bisa di jalankan di berbagai jenis platform seperti windows, linux, unix, mac dll. 

Alat Perang

Untuk menjalankan C++ pada dasarnya kita membutuhkan text editor dan compiler C++nya. Tergantung dari platform apa yang kalian gunakan, di artikel ini saya menggunakan aplikasi Dev C ++ untuk platform windows yang sudah mendukung text editor + compiler bahasa C. Aplikasi dev C++ bisa kalian download disini. Setelah di download langsung di install dan di jalankan.



Untuk membuat project baru kalian bisa mengklik di icon pada gambar berikut atau bisa dengan menggunakan shortcut ctrl+n. Kebetulan versi yang saya pakai saat ini versi 5.11. 

Menampilkan Hello World 

Pada project baru kita akan coba buat program awal yang sangat sederhana yaitu program menampilkan beberapa kata. Masukan pseuducode seperti contoh berikut ini.


Pada dasarnya, program c++ membutuhkan header file #include <iostream>  untuk menjalankan perintah cin dan cout (Input dan Output). Lalu apa yang dimaksud cin dan cout untuk input dan output? berikut penjelasannya :
  • cin untuk inputan keyboard (program c++ yang akan menyimpan inputan keyboard dalam bentuk variabel)
  • sedangkan cout adalah output atau jelasnya untuk menampilkan suatu kata dan cout juga bisa menampilkan variabel yg disimpan oleh program C++ pada inputan cin sebelumnya.   
  • Perintah cin dilengkapi dengan >> sedangkan cout di lengkapi <<.
  • Setiap perintah pada c++ harus dilengkapi titik koma ; untuk mengakhiri perintah program.  
Sisanya using namespace std adalah perintah yang digunakan untuk mendeklarasikan kepada compiler bahwa kita akan menggunakan semua  fungsi/class/file. Dan terakhir int main() adalah suatu fungsi utama dimana program akan menjalankan fungsi utama tersebut. Program yang kita tanam pada fungsi main() harus berada di dalam kurung kurawal {} setelah fungsi main.  Karena sudah dijelaskan semua, sekarang kita jalankan programmnya. 



Di Dev C++ untuk mengkompiler dan menjalankan program bisa dengan menggunakan tombol atau icon yang mirip seperti logo windows. Secara otomatis dev c++ akan meminta kalian untuk saving program yg telah dibuat dan langsung mengkompiler dan menjalankannya.  Maka kira kira hasilnya, command prompt akan keluar, dan menampilkan hasil output yang kita program tadi.


Demikian penjelasan mengenai pengenalan bahasa pemrograman c++ di pertemuan selanjutnya kita akan membahas tentang konstanta, tipe data, variabel pada c++. Semoga artikel kali ini bermanfaat buat kalian, sekian dari saya, terima kasih, selamat beraktifitas kembali.
 

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment