Monday, January 7, 2019

Database Instrumental 3 - Model Data

Assalamu'alaikum

Selamat siang, salam sejahtera untuk kita semua. Siang ini melanjutkan artikel kembali kembali ke topik database basic, basic terus nih :v. Kali ini saya akan membahas tentang model data pada database. Apa itu model data dan apa kaitannya pada database langsung saja di materi berikut.

Model Data

Model data pada database adalah suatu atau jenis permodelan atau penggambaran terhadap data yang kita tangani. Karena yang dibahas model, maka model data selalu di gambarkan dalam bentuk chart yang dihubung hubungkan. Model data di klasifikasikan dalam 2 bentuk, yaitu model data berbasis objek dan model data bebasis record



Tujuan dari model data terhadap database adalah untuk penggambarannya. Karena pada dasarnya database yang ingin di rancang harus digambarkan agar lebih mudah di siapkan dan dengan begitu perancang dan pemakai bisa tau kegunaan masing masing entitas pada data terhubung ke entitas mana saja. Dan yang terpenting dari model data adalah untuk memudahkan perancangan basis datanya.

Model Data Berbasis Objek

Model data berbasis obyek ini adalah model data yang menyiapkan setiap node / chartnya dengan basis objek database. Dengan menggunakan konsep seperti entitas, attribute dan relasi, objek yang dimaksud adalah sebuah entitas. Karena entitas adalah sebuah objek yang memiliki karakteristik (attribute) yang bisa di bedakan dengan objek lainnya. Contohnya orang, tempat, barang, atau kejadian. Contoh model data berbasis objek pada umumnya adalah :
  • Model data semantik, model data semantic adalah relasi antar obyek yg dinyatakan dengan kata kata (semantic). 
 
  • Model data  ERD (Entity Relationship Diagram). ERD adalah salah satu model data berbasis objek yang paling sering digunakan. Jenis dan bentuk ERD dari tahun ke tahun pun berbeda beda. ERD adalah cara penggambaran real case yang terjadi sesuai kasusnya. Dengan ERD kita bisa menggambarkan bagaimana entitas satu bisa terhubung dengan entitas lainnya.


Model Data Berbasis Record

Model data ini berbeda dari model data berbasis objek. Model data ini mengambil nodenya berdasarkan record-record yang di perlukan dari database. Record sendiri adalah rekaman-rekaman data yang tersimpan di database. Contoh-contoh model data berbasis record yaitu :


  • Model database hirarki. Model data ini disajikan dari kumpulan record dan relasi yang digambarkan seperti bentuk pohon (tree). Model data ini memungkinkan satu node hanya untuk memiliki satu orang tua.
  • Model database jaringan. Network data model hampir menyerupai model data hirarki. Namun pada model data ini, memungkinan satu node bisa memiliki lebih dari satu orang tua.
  • Model database relational. Model database yang disajikan dalam bentuk tabel yang terdiri dari kolom dengan nama yang unik dan baris-baris yang menyimpan data yang berbeda. Model data ini digambarkan berdasarkan recordnya dan yang paling sering digunakan untuk memudahkan perancangan sebuah database.
Demikian penjelasan mengenai model data dan keterkaitan model data dengan database. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Pertanyaan dan saran silahkan lemparkan ke kolom komentar. Sekian dari saya, selamat beraktifitas.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment