Tuesday, February 26, 2019

HTML Programming 1 - Mengenal HTML

Assalamu'alaikum

Selamat siang, lanjut posting lagi nih gaiiss dan makin keluar jalur sekali wanjay :v. Yap, di artikel kali ini saya ingin membahas mengenai HTML Programming. Lho kok admin makin melenceng :v. Wes tenang dulu, walaupun artikel di sini belum sampe line of life blogger, yang menurut saya tembus 500 artikel. Tapi ga ada salahnya berbagi mengenai html proggraming ini. 


Karena pada dasarnya, bahasa pemrogramman web html ini merupakan salah satu yang minimal harus di kuasai buat kalian yang ingin memulai debut sebagai publisher atau blogger. Karena menjadi seorang blogger atau publisher, bukan hanya menjadi seorang penulis. Tapi juga mampu menghasilkan suatu karya yang bisa di nikmati pembaca :D.

HTML Programming

Lalu apa hubungannya karya yang di hasilkan penulis dengan menguasai html programming? Lho ada hubungannya, walaupun ngga semua penulis.. Penulis yang di maksud di sini adalah seorang blogger atau publisher yang kerjanya menulis untuk mengembangkan blog pribadinya. Sehingga ngga cuma tulisan kosong yang disini, namun bisa di hiasi dengan beberapa objek yang bisa di ciptakan menggunakan bahasa pemrograman web yaitu salah satunya HTML programming. 




HTML (hyper text markup language) adalah bahasa yang digunakan untuk membuat dokumen di halaman web, sehingga dokumen yang dibuat bisa di akses menggunakan web browser seperti mozilla dan chrome contohnya. Html merupakan standar yang digunakan secara luas sebagai bahasa tanda untuk halaman web yang di kelola dan di kendalikan W3C (World Wide Web Consortium). 

Saat ini versi html yang sudah di gunakan sehari hari adalah versi html 5 keatas. Fitur yang di miliki html sudah cukup lengkap untuk sebuah kebutuhan multimedia untuk membuat dokumen sebuah website. Seperti diantaranya :
  • Mempresentasikan text, gambar dan multimedia online.
  • Menghubungkan antar dokumen atau yang kita kenal sebagai hyperlink
  • Membuat form interaktif untuk pengiriman data dll.

Editor HTML

Walaupun HTML dikenal sebagai bahasa pemrograman, namun implementasinya sangat jauh berbeda dari bahasa pemrograman yang kita kenal seperti bahasa C atau Java. Hal ini dikarenakan HTML tidak memerlukan proses compile program yang bisa di lakukan bahasa pemrograman lainnya. Karena itu banyak yang menyebut HTML sebagai skripting biasa yang setiap script yang di inject pada editor akan menghasilkan fungsi untuk menampilkan object didalam sebuah website. 

Editor HTML pada dasarnya bisa di lakukan pada notepad biasa. Nantinya tinggal di save as sebagai ekstensi htmlnya saja. Namun ada beberapa editor yang perlu kalian tau yang memiliki keunggulan tersendiri. Diataranya Notepad++, Eclipse, Netbean, Vi, Homesite dan Dreamweaver. Diantara editor yang disebutkan hanya notepad++ dan Dreamweaver saja yang banyak di kenal pengembang-pengembang web developer.

Struktur HTML Programming

Berbeda dari program program yang di kembangkan untuk desktop, jenis program untuk web lebih sederhana. Dalam html, sering nanti ada penyebutan tag yang berarti suatu function yang memiliki fungsi. Untuk struktur html, kita hanya membutuhkan 3 tag utama. Yaitu :
  • Tag <html> : untuk menandakan sebuah program html
  • Tag <head> : sebagai header dari sebuah html
  • Tag <body> : sebagai isi html, yang biasanya untuk letak artikel pada browser di tampilkan.
Note : contoh di bawah ini saya menggunakan aplikasi notepad ++

Setiap tag yang dijalankan harus di tutup kembali dengan menggunakan slash didalam kurung siku sebelum nama tag </html>. Dan tag yang ditutup menandakan berakhirnya function yang kita deklarasikan tersebut. Peteletakkan tag juga tidak bisa sembarangannya. Contohnya, untuk menandakan program html, isi semua program function harus di letakkan di antara tag <html>...</html>

<html>
.
.
Isi program html yang terdiri dari <head> </head> dan <body></body>
.
.

</html>
Contoh lainnya tulisan yang berupa paragraf harus di letakkan di antara tag <body>...</body>. 

<body>
Isi Paragraf
</body>
Sebagai catatan, untuk struktur html tidak perlu tertara secara enter atau baris baru. Satu baris tag pembuka dan penutup juga bisa di lakukan. 



Membuat Hello World

Kita akan mencoba memulai dengan membuat tulisan hello world terlebih dahulu sebagai langkah dasar. Kalian bisa mencoba membuat program web ini dengan menggunakan notepad biasa. Berikut programnya. 

<html>

<head>
</head>

<body>
Hello World
</body>

</html>
Lalu ketika ingin menyimpan hasil notepadnya, karena kita menggunakan notepad biasa. Maka, save as notepadnya manual dengan menggunakan extensi .html bukan .txt biasa. Pastikan pilihan save as typenya all files. 

Pengecekkan

Langkah terakhir adalah pengecekkan. Hasil file yang sudah di save tadi kita langsung buka saja di browser boleh firefox, chrome ataupun ie sekalipun. Dan hasilnya kurang lebih akan seperti berikut ini.


Sekian perjumpaan kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua termasuk diri saya sendiri. Saran dan pertanyaan bisa letakkan di kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa di pembahasan berikutnya lagi. Salam programming. 

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment