Thursday, May 2, 2019

Install Oracle Database 11g di Windows 10

Assalamu'alaikum

Selamat pagi, salam selow!! Di pembahasan kali ini saya ingin membahas cara instalasi oracle database 11g pada windows pastinya ya. Oracle database 11 g ini saya gunakan untuk melakukan sql workshop yang tentunya sudah support bahasa pl dan sql. Oracle 11g ini saya gunakan juga untuk mengaktifkan fitur application express nantinya. Langsung saja berikut pembahasannya. 

Oracle Database 11g

Untuk melakukan uji coba dan implementasi terhadap pembahasan sql, erd, pembuatan tabel dll. Kita bisa menggunakan aplikasi yang di sediakan oracle ini. Karena kebetulan di kampus platform yang digunakan adalah oracle, kalo ngga salah sih versi yang 10g. Maka di pembahasan database, kita akan menggunakan platform database oracle 11g untuk testing dan implementasinya nantinya. 

Dan di pembahasan kali ini saya hanya menjelaskan step step instalasi oracle database 11g. Jangka panjangnnya nanti kita akan melakukan uji coba pada aplikasi oracle ini. 

Download Source

Oracle database 11g bisa kalian download di situs resmi oracle oracle download, lalu pilih database 11g enterprise/standard edition.


Jika sudah, maka kalian akan di redirect otomatis ke link download oracle database. Scroll kebawah cari oracle database 11g lalu kita hanya perlu mendownload file1 dan file2nya sesuai jenis windows yang kalian gunakan.


Hasil downloanya di letakkan dalam satu direktori lalu tinggal extract here saja. Nanti installernya akan berada di dalam direktori / folder database. Tinggal di jalankan saja installernya, setup.exe.
 



Install Oracle Database 11g

Untuk tampilan installer terbaru di aplikasi oracle database 11g saat ini kurang lebih seperti ini. Di tahap awal, kalian akan di jumpai dengan tampilan mengisi alamat email. Untuk step ini saya langsung klik next saja (tanpa isi email), nanti ada jendela warning tinggal di skip atau continue saja.
 

Selanjutnya di pilihan optionnya, kita pilih opsi pertama untuk melakukan install software 11g dan dibuatkan beberapa konfigurasi database testing.
 

Untuk systemnya saya pilih yang desktop class karena kebetulan bukan server. Bedanya desktop dan server, untuk opsi server konfigurasi oracle databasenya lebih kompleks dan lebih banyak yang bisa di kustomisasi pada konfigurasi databasenya.
 

Untuk lokasi file softwarenya saya disini pasang di D, Cnya penuh oiy :v. Jadi sebelumnya saya create folder terlebih dahulu baru mengarahkannya ke file lokasi D. Untuk edition databasenya saya gunakan yang enterprise. Dan untuk password saya beri password tes123. Password ini digunakan ketika nantinya kita ingin mengakses ke DBMS SQLnya oracle.
 

Jika sudah semua, tinggal klik next untuk melanjukan instalasinya.
 

Proses instalasi file oracle databasenya, ditahap ini cukup lama. Tinggal tunggu aja. Note : Jika sewaktu waktu muncul tombol warning, di skip atau continue saja.
 

Karena tadi kita memilih opsi create and configure database, jika proses instalasi softwarenya sudah 100% di next stepnya si oracle ini akan melakukan konfigurasi database bawaan setup dari oraclenya.
 

Jika sudah semua, maka close installernya dan otomatis service database oracle 11g sudah bisa digunakan. Untuk akses dbmsnya sendiri secara manual bisa kita lakukan query menggunakan command prompt. Untuk aplikasi tambahannya (non cmd), kita bisa menggunakan Oracle SQL Developer (aplikasi portable) atau juga bisa menggunakan Oracle Application Express (Portable via web browser). Nantinya, kita akan menggunakan platform yang oracle application express untuk akses DBMSnya. 

Demikian pembahasan penjelasan instalasi Oracle Database 11g di windows10. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Sekian dari saya, jika ada yang ingin di tanyakan silahkan letakkan di komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai berjumpa di pembahasan oracle berikutnya. Salam selow!!. 

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment