Thursday, May 2, 2019

Setup Oracle Application Express 18.1 di Oracle Database 11g

Assalamu'alaikum

Selamat pagi, salam bucin ea ea!! bacot :v. Berjumpa lagi melanjutkan pembahasan sebelumnya di pembahasan setup oracle database 11g. Di pembahasan kali ini saya ingin membahas cara setup oracle apex (application express) versi 18.1 di oracle database 11g. Langsung saja berikut pembahasannya.  

Oracle Application Express

Oracle Apex atau Application Express adalah salah satu fitur akses DBMS yang disediakan oleh oracle. Dimana oracle applicationn express ini sudah support bahasa PL dan SQL di fitur SQL Workshopnya. Oracle application express ini pada dasarnya bisa di akses cloud APEX Oracle. Kalian bisa cek di apex.oracle.com, untuk melakukan SQL Workshop kalo ngga mau repot install dan setup oracle application software secara manual pada windows. 

Namun, dari oracle sendiri juga menyediakan apex offline yang include di dalam fitur dari database 11g yang sebelumnya sudah kita bahas, cek disini Install Oracle Database 11g. Mengaktifkan fitur apex pada database oracle 11g cukup rumit karena perlu step step yang dilakukan untuk menjalankannya. Infonya sih di database 10g (sebelum versi 11g), fitur apex sudah include ketika software 10g sudah di instalasi, artinya tidak ada setup setup ulang. CMIIW. Namun, di database 11g, ada beberapa command yang perlu kita lakukan untuk setup apexnya. 

Note : ada baiknya jika terlebih dahulu kalian cek pembahasan instalasi oracle database 11g diatas karena step-step setup application express di mulai dari sana. 

Download Source

Untuk setup oracle application express terlebih dahulu kita download bahannya di download oracle apex ver18.1. Versi yang akan kita gunakan disini adalah versi 18.1. Untuk versi yang terbaru saat ini di versi 19.1. Disini saya menggunakan versi 18 karena yang versi 19 gagal pas di install :v dan akhirnya saya menyerah dan testing menggunakan versi 18.1 yang benyak tutor inggrisnya :v. 

Note  : Barangkali ada yang mau coba versi 19 bisa cek di link berikut, oracle apex terbaru

Di link versi 18.1 saya menggunakan installer yang english only, untuk mendownload apexnya terlebih dahulu kalian ceklis accept license agrement, terkait lisensi pastinya ya. Dan kalian akan di arahkan ke tampilan sign in ke oracle. Kalau belum punya akun silahkan daftar terlebih dahulu.


Hasil yang sudah di download di extract here pada folder yang kalian inginkan. Saya sarankan tidak di dalam folder oracle database 11g. Path folder yang saya gunakan disini di D:\TEMP.


Sekedar catatan, pada dasarnya di database 11g sudah di sediakan fitur tools apexnya hanya saja perlu di aktifkan. Kalian bisa cek fitur apex tsb di folder software database 11gnya > masuk ke dalam folder product dst. Dan untuk versi apes yang include bawaan dari database 11g ini kalo ngga salah versi 3an.

D:\Oracle\product\11.2.0\dbhome_1\apex

Akses SQL DBMS Command Prompt

Jika sudah selesai di download dan di extract, kita masuk ke step step setup apexnya. Yang pertama kita perlu lakukan adalah akses ke SQL DBMSnya menggunakan command promt. Silahkan buka CMD, lalu terlebih dahulu kita masuk ke direktori lokasi apex ver18 yang sudah kita download tadi. Ingat!! di langkah ini, setiap ingin mengakses SQL kalian harus selalu masuk ke direktori apex ver18nya terlebih dahulu

C:\Users\User>D:
D:\>cd D:\TEMP\apex
Setelah itu, akses DBMSnya dengan menggunakan perintah sqlplus lalu login sebagai sys as sysdba dengan password sesuai yang kita masukan saat install database 11g di pembahasan sebelumnya. Note : password yang saya gunakan saat install database 11g adalah tes123. 

D:\TEMP\apex>sqlplus 
SQL*Plus: Release 11.2.0.1.0 Production on Rab Mei 1 11:02:31 2019 
Copyright (c) 1982, 2010, Oracle.  All rights reserved. 

Enter user-name: sys as sysdba
Enter password: 

Connected to: 
Oracle Database 11g Enterprise Edition Release 11.2.0.1.0 - 64bit Production 
With the Partitioning, OLAP, Data Mining and Real Application Testing options

SQL>

Check Apex Version

Selanjutnya kita cek versi apexnya. Ini di lakukan untuk melakukan check apakah pada database 11g sudah terinstall apex atau belum. Untuk melakukan checking, gunakan perintah berikut. 

SQL> select version from dba_registry where comp_id='APEX';
Jika hasilnya no row selected atau version yang muncul versi 3, ya intinya kalo kalian belum pernah setup apex sebelumnya, maka kita bisa melanjukan ke step berikutnya. Tapi semisal kalian sudah pernah install apex versi sebelumnya, seperti contoh berikut.


Maka kita tinggal menghapus saja apexnya terlebih dahulu dengan menggunakan perintah berikut. 

SQL> @apxremov.sql 

Membuat Tabel Space Untuk Installer Apex

Jika sudah checking version, selanjutnya terlebih dahulu kita buat tabel database untuk penyimpanan installer tools apexnya. Walaupun pada dasarnya kita bisa menggunakan tabel space apex yang tersedia di direktori software database 11g, tapi ada bagusnya kita buat tabel space untuk installer apexnya jika takutnya nanti terjadi kegagalan tinggal kita buat tabel space yang baru.

Untuk lokasi path tabel spacenya berada pada direktori aplikasi database 11g didalam folder oradata > orcl. Jadi terlebih dahulu kita buat file database pada lokasi folder ini.


Untuk membuat tabel space kita bisa menggunakan perintah berikut. Dimana kita menamai tabel spacenya sebagai nama apex01.db dengan size1g yang berlokasikan di direktori oradata direktorinya aplikasi oracle.

SQL> CREATE TABLESPACE APEX DATAFILE 'D:\Oracle\oradata\orcl\apex01.db' SIZE 1G; 
Jika sudah, kita tinggal install apexnya dengan menggunakan perintah berikut. Dimana APEX APEX ini adalah nama file tabelspace yang baru kita buat. Untuk instalasi apex ini lumayan cukup lama. Kurang lebih sekitar 10-15 menit tergantung spek PC yang kalian gunakan.

SQL> @apexins APEX APEX TEMP /i/ 

Apex Load Image Config  

Jika proses instalasi sudah selesai, biasanya kalian akan terdiskoneksi dari mode sql. Kalian tinggal akses kembali sqlnya dengan menggunakan perintah sqlplus lalu login sebagai sys as sysdba dengan password instalasi awal 11g. Jika sudah masuk ke mode sql lagi, kita konfigurasikan path image yang akan di load oleh konfigurasi apexnya dengan menggunakan perintah berikut. Kurang lebih prosesnya sekitar 5-7 menit tergantung spek pc.

SQL> @apex_epg_config.sql D:/TEMP 
Note : untuk penulisan pathnya saya sarankan menggunakan slash (bukan backslash). Walaupun tidak ada masalah dengan menggunakan backslash. Dan untuk pathnya sendiri diarahkan ke home direktori apex bukan direktori apexnya (D:/TEMP/apex). Ingat penulisan path config ini sangat riskan, jadi harus di perhatikan betul. 

Unlock User

Di beberapa tutor, unlock user ini perlu di lakukan walaupun saya kurang paham fungsi dasarnya di unlock ini. Kurang lebih ada 4 user yang perlu di unclock. Kalian bisa menggunakan perintah berikut untuk melakukan unlock user. 

SQL> ALTER USER anonymous ACCOUNT UNLOCK;
SQL> ALTER USER xdb ACCOUNT UNLOCK;
SQL> ALTER USER apex_public_user ACCOUNT UNLOCK;
SQL> ALTER USER flows_files ACCOUNT UNLOCK; 

Membuat Password Admin Apex

Di langkah terakhir, kita tinggal membuat user admin baru dengan password baru dengan menggunakan perintah berikut. Untuk catatan lagi, password yang digunakan disini harus mengandung huruf besar, huruf kecil dan simbol.

SQL> @apxconf.sql

Setup Port HTTP (Optional IF)

Jika di langkah membuat password admin apex tidak muncul setup port http, maka kita tinggal buat port manualnya dengan menggunakan perintah berikut   

SQL> EXEC DBMS_XDB.sethttpport(8080);
Kalian bisa mengecek port http yang sudah di konfigurasikan dengan menggunakan perintah berikut ini. 

SQL> SELECT DBMS_XDB.gethttpport FROM DUAL;

GETHTTPPORT
-----------
       8080
 

Pengecekkan

Jika semua langkah langkahnya sudah sesuai, seharusnya localhost oracle apex sudah bisa diakses di web browser. Untuk mengaksesnya kita tinggal akses link berikut http://localhost:8080/apex/apex_admin. Maka tampilan apexnya akan seperti tampilan berikut ini. Tinggal kita login sebagai ADMIN dan password yang kita tambahkan langkah password admin apex sebelumnya.

Note : barangkali ada yang tidak bisa mengakses link localhost apex kalian atau tiba tiba muncul pop up meminta user dan pass akses xdb blablabla, saya sarankan untuk menghapus cache dan cookiesnya terlebih dahulu atau melakukan restart komputer. Atau bisa menggunakan web browser lain. Karena kebetulan ketika pertama saya akses tidak bisa di firefox, saya coba menggunakan chrome dan hasilnya bisa.


Dan kurang lebih tampilan setelah loginnya akan seperti tampilan berikut ini. Ingat, disini adalah tampilan untuk admin localhost apexnya. Artinya uji coba dan impelementasi sql bukan menggunakan localhost admin, tapi menggunakan localhost workspace. Akan di jelaskan menyusul.


Demikian pembahasan mengenai setup tools oracle application express di database oracle 11g. Semoga bermaanfaat bagi pembaca. Sekian dari saya, jika ada yang ingin di tanyakan bisa letakkan langsung di kolom komentar. Terima kasih sudah berkungjung, sampai berjumpa di pembahasan oracle oracle selanjutnya. Salam bucin!!

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment