Thursday, May 16, 2019

Setup New Project - New Workspace Untuk SQL Workshop di Oracle APEX 18.1

Assalamu'alaikum

Selamat pagi, salam sehat, semoga kita selalu di limpahkan kesehatan di bulan yang penuh berkah ini. Mohon di maafkan keterlambatan menulis kembali terkait pembahasan mengenai oracle application express. Di pembahasan ini saya berencana membahas mengenai membuat workspace baru untuk latihan sql yang nantinya bisa kita lakukan untuk testing dan implementasi sebuah database pada sistem. Tentu platform yang saya jelaskan di sini adalah menggunakan oracle.

Oracle Apex Admin

Sebelum membuat workspace, terlebih dahulu kalian akses ke dalam oracle application express dengan menggunakan link url http://localhost:8080/apex/apex_admin, dengan login admin dan password sesuai yang di konfigurasikan saat instalasi apex sebelumnya, cek artikel setup oracle applicatication express di oracle database 11g.

Maka pada tampilan awal, kalian bisa langsung memilih create workspace jika belum ada workspace yang pernah di buat sebelumnya.


Step selanjutnya tinggal berikan nama workspace, workspace id dan workspace description (optional). Untuk workspace id bisa di kosongkan dan otomatis akan mendapat id sendiri dari sistem apex.
 

Selanjutnya adalah identify skemanya, untuk jaga-jaga skema berikan saja nama dan password skema sesuai password admin awal, supaya ngga lupa.
 

Berikut adalah step untuk user yang mengelola workspace yang dibuat tadi. User yang di buat disini berbeda dari user pertama saat instalasi apex diawal. User ini dibuat untuk login ke user system akses (non admin apex).
 

Jika sudah semua stepnya, kita tinggal konfirmasi saja pembuatan workspace nya dengan mengklik create workspace di pojok kanan bawah.
 

Biasanya menunggu beberapa menit sebelum workspace di buat system apex. Setelah selesai, tampilan konfirmasi pembuatan workspace berhasil akan seperti tampilan berikut ini.
 

Login Workpace

Jika workspace sudah selesai di buat, kita tinggal log out dari administrator apex, lalu login sebagai user workspace yang sudah di buat. Untuk link url sendiri antara apex admin dengan apex workspace berbeda. Untuk apex workspace linknya http://localhost:8080/apex. Setelah itu kita login sesuai nama workspace, user dan password yang kita buat sebelumnya.
 

Pada saat pertama login, biasanya kalian akan diarahkan untuk mengganti password baru. Password barunya kebetulan bisa sama dengan password awal jadi ini step optional saja.
 

Maka kurang lebih tampilan dari apex workspace akan seperti contoh berikut ini. Untuk membuat project sql kita bisa menggunakan menu SQL workshop.
 

Pada menu sql workshop, kita bisa membuat tabel baru atau bisa juga menggunakan perintah sql dengan sql commands atau juga bisa cek object yang sudah kita tambahkan pada object browser dan lain lain. 

Note : terkait pembuatan object dll akan di bahas di pembahasan berikutnya. Pada dasarnya sih jika sudah mengerti konsep dasar dari pembuatan entitas pada sebuah database, maka pembuatan object realnya biasanya akan lebih mudah di pahami.
 

Demikian pembahasan mengenai setup workspace pada Oracle Application Express, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca. Sekian dari saya, jika ada yang ingin di tanyakan bisa langsung letakan di komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai berjumpa di pembahasan selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment