Thursday, May 16, 2019

Java Programming 1 - Mengenal Java, JDK, JRE dan Netbeans

Assalamu'alaikum

Selamat siang, salam programming. Semoga tetep semangat puasanya ya, ealah dah kaya doi di semangatin wkakaka. Kali ini saya ingin mulai membahas pembahasan mengenai programming java. Karena cukup terkenal dan cukup sering digunakan sebagai bahasa pemrograman oleh global serta banyak di kembangkan di berbagai platform. Dan karena faktor matakuliah juga, walaupun di semester sebelumnya *maklum belum sempet update :v, akhirnya saya ingin membahas mengenai programming java ini. 

About Java

Mengenai tentang java, selain terkenal dan banyak di operasikan di berbagai platform seperti android contohnya. Java termasuk bahasa program yang cepat, reliabel dan secure. Selain itu java memiliki karakteristik antara lain :
  • Merupakan simple language, artinya bahasa pemrograman di java mudah di pahami. Java juga didasarkan dari pengembangan bahasa C++. Selain itu, java menghapus beberapa fitur yang membingungkan seperti explicit pointers, operator overloading dll. 
  • Java adalah platform-independent language, artinya setelah java di kompile, program di konversi menjadi intermediate level language yang di sebut sebagai bytecode. Dimana bytecode ini membuat java bisa berjalan secara portabel di mesin manapun dengan menggunakan interpreter yang di sebut Java Virtual Machine (JVM).
  • Object-Oriented Programming. Java termasuk bahasa yang sudah support OOP yang mengutamakan jumlah object dalam program.
  • Java merupakan robust language
  • Java merupakan multithread language 
  • Java programs bisa membuat applets program yang bisa berjalan di web browser. Note : applets, aplikasi portabel atau mini aplikasi sejenisnya.
  • Java tidak membutuhkan preprocessor.

Setup Java dan Alat Perang

Untuk melakukan pembahasan mengenai java, nantinya kita akan menggunakan aplikasi netbean. Selain netbeans, banyak aplikasi yang bisa mendukung untuk membuat program java diantaranya Eclipse, JCreator, Borland JBuilder, Dr. Java, Oracle JDeveloper dll. Namun kebanyakan lebih menggunakan aplikasi Netbeans yang nantinya juga akan kita gunakan sebagai platform programming java. 

Netbeans

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, netbeans merupakan salah satu platform aplikasi komponen modular untuk mengembangkan aplikasi java dekstop. Netbeans merupakan opensource Integrated Development Environment (IDE) untuk mengembangkan java, C++, PHP dan bahasa lainnya.


Mengembangkan program java membutuhkan dua komponen aplikasi utama yaitu aplikasi JDK (Java Development Kit) dan aplikasi JRE (Java Runtime Environment). Jadi pada dasarnya, pemrograman java ini harus di support penuh oleh komponen aplikasi dari java. 


Bedanya sendiri antara JDK dan JRE adalah, JDK adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan kompilasi dari kode java ke bytecode yang dapat di mengerti dan dijalankan oleh JRE. Dan JRE sendiri merupakan perangkat lunak untuk menjalankan program yang sudah dikompilasi oleh java itu sendiri. Note : versi JRE harus sama atau lebih tinggi sebagai syarat untuk membangun aplikasi java

JDK dan JRE

JRE atau Java Runtime Environment ini merupakan aplikasi yang memungkinkan sebuah program java dapat berjalan di mesin anda. JRE ini mengeksekusi binary-binary dari class-class dan mengirimnya ke JVM untuk diproses lagi ke prosesor. Setiap JRE pasti memiliki sebuah JVM di dalamnya untuk melakukan pemrosesan selanjutnya. Harus download oleh siapa saja yang ingin menjalankan  membaca Program Java (aplikasi Java, applet Java & Aplikasi Java WebStart)

JDK atau Java Development Kit berisi program-program (seperti javac yaitu program untuk meng-compile source code Membantu Anda mengembangkan menulis kode Java. Seperti halnya JRE, JDK juga memiliki JVM di dalamnya.

Install Netbeans

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, untuk melakukan install aplikasi netbean, terlebih dahulu kita membutuhkan aplikasi JDK dan JRE. Tentu, di beberapa web ada yang menyediakan install netbeans satu paket (Include JDK dan JRE). Disini saya sediakan instalasi netbeans dengan instalasi JDK dan JRE yang terpisah. Silahkan di download dan langsung di install saja.
Note : Terlebih dahulu install JDK dan JRE baru lakukan instalasi netbean. Dan untuk source download netbean download all saja atau kalau hanya butuh javanya saja, download yang java SE. 
Catatan lainnya ketika ingin mendownload pastikan tombol ceklist accept license aggrement nya terceklis dan pastikan kalian punya akun oracle untuk mendownload bahan bahan yang di perlukan. 


Demikian penjelasan di pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan diri pribadi. Sekian dari saya, jika ada yang ingin di tanyakan langsung letakkan di komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai berjumpa di pembahasan berikutnya.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment