Monday, July 1, 2019

Oracle Apex 6 - Query dan Entry Data dengan Application Builder

Assalamu'alaikum

Selamat siang, salam database. Masih melanjutkan pembahasan oracle, kali ini saya ingin membahas tentang application builder pada Oracle Application Express. Jadi Application builder ini adalah salah satu fitur yang di sediakan oracle yang fungsinya sendiri untuk di jadikan aplikasi baik itu aplikasi menampilkan data pada database atau juga bisa untuk aplikasi entry data. 

Application Builder

Seperti namanya, fitur application builder ini adalah untuk membuat applikasi yang berkaitan dengan database yang tersimpan pada skema di dalam oracle application express. Di latihan kali ini kita akan menggunakan fitur ini untuk menampilkan query suatu tabel dan juga untuk melakukan entry data sedalam tabel yang kita inginkan. 


Sistemnya sama seperti query dan perintah DML pada SQL umumnya, dimana kita ingin menampilkan data menggunakan perintah SELECT dan ketika ingin entry data kita menggunakan perintah INSERT. Yang membedakannya application builder ini adalah tampilannya, proses pembuatannya, dan hak aksesnya. 

Dimana hak akses application runtime ini tidak akan masuk kedalam application express tetapi di aplikasi yang berbeda. Sehingga kita bisa menerapkan keamanan terhadap user yang kita buat untuk mengakses aplikasi ini. 

Membuat Application Builder Di Oracle Apex

Untuk membuat application builder di apex, kita tinggal klik create pada menu app builder (sebelah SQL Workshop). 


Setelah itu disini kita pilih new application karena kita ingin membuat aplikasi baru. 
 

Berikut adalah tampilan application builder listnya. Apa saja yang ingin kita tampilkan nanti pada aplikasi perlu di setting terlebih dahulu di konfigurasi pada step ini. Semisal disini kita ingin melakukan query DML terhadap data pada skema SKEMA (default) yaitu query pada Data tabel Barang. Maka pada poin skema pilih skema yang ingin kita lakukan query. Untuk autentication kita biarkan default (sama seperti login application express) dan pastikan untuk memberi nama aplikasinya.
 

Setup Page

Step selanjutnya kita perlu menambahkan page untuk aplikasinya. Karena oracle apex ini basisnya web, maka setiap ke menu-menu lainnya kita membutuhkan page. Karena itu kita perlu konfigurasi page-page yang kita butuhkan yaitu page query tabel Barang dan page Entry Data ke tabel Barang.


Untuk menambahkan page klik di kolom page, lalu pilih tampilan. Untuk page pertama yaitu query tabel barang, pastikan kalian pilih tampilan sebagai report. Lalu masukan nama pagenya setelah itu arahkan ke tabel mana page report tersebut. Karena kita ingin melakukan query terhadap tabel barang, maka kita isikan tabelnya adalah barang.


Selanjutnya kita tambahkan page yang kedua yaitu page untuk aplikasi entry data terhadap tabel barang. Tampilan yang kita pilih disini adalah tampilan Form (mohon maaf ssnya gajelas harusnya itu form page :v). Setelah itu masukan nama pagenya lalu isikan tabel yang berkaitan yaitu tabel BARANG.
 

Kurang lebih hasil page yang dibuat akan seperti listin berikut. Dimana page list barang yang saya tambahkan sebagai reporting query data BARANG dan page satunya adalah aplikasi untuk entry data ke tabel BARANG yang dibuat sebagai FORM. Jika sudah sesuai seperti ini tinggal klik Create Application saja.
 

Running Test Application

Setelah applikasinya sudah selesai dibuat, biasanya kita akan di direct otomatis langsung ke menu listing aplikasi. Langsung saja tinggal kita klik run application "Data Barang"nya.
 

Setelah itu akan muncul pop up browser baru yang menampilkan login credential aplikasinya. Karena di konfigurasi tadi kita buat loginnya sama seperti login application express, kita tinggal masukan saja username dan password yang sama seperti login application expressnya.
 

Maka hasil tampilan dari aplikasi yang sudah kita buat tadi akan seperti tampilan berikut. Dimana kita membuat dua page aplikasi yaitu aplikasi report untuk query listing data tabel barang dan aplikasi form untuk entry data terhadap data barang.
 

Kita coba pilih aplikasi entry data barang. Maka tampilan page formnya sesuai dengan attribute-attribute yang berada di dalam tabel BARANG. Kita testing saja, masukan value datanya seperti kodebarang, namabarang, satuan, dan stok setelah itu kita klik create untuk menjalankan entry data.
 

Jika sudah pengecekan bisa kita lakukan pada aplikasi report yang page satunya. Maka data yang kita entry diatas akan muncul pada listing data di dalam tabel BARANG.
 

Demikian penjelasan mengenai Query dan Entry data menggunakan Application Builder. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Kurang lebih mohon maaf, jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung letakkan di komentar. Terima kasih, salam database!!.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment