Monday, July 1, 2019

Oracle Apex 5 - Data Manipulation Language (DML)

Assalamu'alaikum

Selamat pagi, salam database!!. Melanjutkan kembali pembahasan tentang oracle application express. Jika sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang Data Definition Language yang terdiri dari Create, Alter, Rename dan Drop terhadap suatu tabel. Di pembahasan kali ini saya ingin menjelaskan tentang DML atau manipulasi datanya (bukan tablenya). Langsung saja berikut pembahasannya.

Data Manipulation Language

DML atau Data Manipulation Language adalah bahasa SQL atau Query yang di lakukan untuk melakukan manipulasi terhadap suatu atau beberapa data di dalam database. Di pembahasan kedua dan ketiga oracle apex sudah saya bahas terkait DML Instruksi Select yang digunakan untuk melakukan pencarian data. Selain instruksi Select, instruksi DML lainnya yaitu :

  • Insert (Melakukan input atau entry data)
  • Update (Merubah data yang sudah tersimpan)
  • Delete (Menghapus data yang ada)
  • dan Select (Melakukan pencarian data yang tersimpan di database)

Karena instruksi Select sudah di bahas di pertemuan sebelumnya, untuk di pembahasan kali ini saya lebih ingin menjelaskan tentang DML instruksi Insert, Update dan Delete data. Artinya berkaitan erat dengan pembuatan data. Bagi teman-teman yang mau pembahasan instruksi select, bisa kesini DML SQL Skema HR dan Query Multi Tabel dengan Variabel Penampung.

Instruksi Insert

Seperti biasa lab-lab yang saya jelaskan di pembahasan oracle apex melanjutkan dari lab-lab sebelumnya. Jadi untuk skema dan tabel yang kita gunakan untuk instruksi DMLnya bisa menggunakan skema default dengan tabel yang sudah di buat dengan perintah DDL yang di bahas di pembahasan sebelumnya Data Definition Language (DDL)

Bentuk umum perintah SQL untuk instruksi insert adalah sebagai berikut

- INSERT INTO Nama_Tabel VALUES ('nilai 1' , 'nilai2' , ...); atau juga bisa
- INSERT INTO Nama_Tabel (Field1, Field2, ...) VALUES ('nilai 1' , 'nilai2', ...) 
Dimana Field adalah list attribute dari tabel yang berkaitan dan Values adalah nilai isi data dari attribute yang ingin di tambahkan.
 
Untuk implementasi instruksi insert pada oracle apex ini kita bisa melakukan insert data terhadap tabel BARANG yang sudah dibuat misalnya. Cara mudahnya kita bisa masuk ke menu Sql Workshop > Object Browser. Lalu pada tabel yang ingin kita isi data klik di tab Data lalu klik insert row. Sisanya tinggal kita isikan data yang ingin kita insert setelah itu klik create. 


Dan berikut perintah SQL Command (jika tidak menggunakan mode GUI Object Browser). Maka hasilnya, jika kita crosscek kembali di object browser pada tab data di tabel BARANG. Data yang kita tambahkan baik yang menggunakan mode GUI atau yang menggunakan mode Command akan tersimpan di tabel BARANG.
 

Instruksi Update

Selanjutnya instruksi Update. Perintah ini digunakan untuk melakukan perubahan data yang sudah kita entry sebelumnya. Bentuk umum perintah Update adalah sebagai berikut :

- UPDATE nama_tabel SET field1='nilaibaru' WHERE [kondisi];
Untuk mudahnya sendiri merubah data pada oracle apex, seperti biasa ke menu SQL Workshop, lalu ke menu Object Browser setelah itu pilih tabel yang ingin di ubah datanya lalu ke menu Data. Dari list data yang tersedia, pilih pada icon pensil untuk modifikasi data. Setelah itu tinggal kita ganti values datanya.
 

Berikut perintah SQLnya untuk perintah update pada menu SQL Command.
 

Instruksi Delete

Yang terakhir adalah perintah untuk melakukan delete data yang ada pada database. Bentuk umum perintah delete adalah :

- DELETE FROM nama_tabel WHERE [kondisi]; 
Untuk hapus pada oracle apex dengan object browser cukup mudah. Stepnya sama seperti ketika ingin update data yaitu kita tinggal klik data yang kita ingin hapus lalu klik ikon modifikasi data. Setelah itu klik pada tombol delete untuk menghapus data tersebut. 


Berikut contoh perintah SQL command untuk instruksi deletenya.
 

Dan sekiranya begitu penjelasan mengenai pembahasan data manipulation language pada oracle application express yang lebih mengarah ke perintah INSERT, UPDATE dan DELETE. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Sekian dari saya, saran dan pertanyaan bisa letakkan di komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai berjumpa di pembahasan oracle selanjutnya.  

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment