Friday, January 29, 2021

Job Experience 8 - Install Prerequirement Setup Cacti Monitoring di XAMPP Windows

Assalamu'alaikum

Selamat siang temen-temen, salam networking!!. Di karenakan banyak yang kesulitan dalam melakukan instalasi cacti monitoring terutama di windows pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan mengenai cara install cacti monitoring di XAMPP Windows. Install cacti ini pada dasarnya sih termasuk dari kerjaan saya yang langsung di request atasan saya. Dengan minimnya support yang di lakukan untuk pengguna windows, cacti memang bukan pilihan yang tepat karena harus menyesuaikan versi dari tools yang stabil untuk menjalankan cacti itu sendiri. 
 
Ditambah step-by-step yang lumayan rumit perlu di lakukan oleh network administrator untuk melakukan researching dan surfing ke forum-forum yang sudah banyak membahas instalasi cacti ini sendiri. Langsung saja kita akan oprek satu persatu dari pembahasan kita kali ini. 

Monitor Cacti

Monitor cacti adalah salah satu tools untuk monitoring jaringan dan server web-based yang berbentuk open-source (tidak berbayar :D) yang bisa terbilang di kembangkan bersama dengan library yang begitu banyak yang bisa kita gunakan untuk di manfaatkan dalam penggunaan monitoring yang kita butuhkan. Seperti nantinya kita bisa memanfaatkan library plugin monitor, thold untuk alert, plugin mikrotik (khusus mikrotik device), weather-map, ataupun library lainnya seperti penggunaan template dan masih banyak lagi.
 

Nantinya bentuk dari monitor device akan berbentuk grafik-grafik (saya menyebut disini sebagai graph) seperti gambar di bawah. Teknisnya, tools monitoring ini sama seperti tools monitoring sistem terpusat lainnya yaitu dengan menggunakan SNMP tools yang sudah di sediakan oleh perangkat jaringan dan server.
 

Cacti Tools Version 1.x Stable Untuk Xampp Windows

Sebelum kita masuk ke step instalasi terlebih dahulu kalian tau bahwa versi terbaru yang direlease cacti kali ini adalah versi 1.x atau tepatnya 1.2.x. Untuk saat ini versi terbaru dari cacti adalah 1.2.16 bisa kalian cek langsung di website cacti pada link berikut https://www.cacti.net/. Saya sendiri tidak merekomendasikan versi tersebut untuk penggunakan cacti di xampp windows. Berikut list versi yang stable dan link download yang bisa kalian gunakan untuk bahan installer tools cactinya.
 

Untuk mempermudah kalian, saya sudah menyiapkan juga link download lengkapnya yang sudah saya letakkan di google drive saya. Kalian bisa mendownload pada link berikut. Beritau saya jika link-link tersebut expired atau jika terkendala. 

How Cacti Works

Jika bahan bahan tools installer untuk cactinya sudah kalian siapkan, terlebih dahulu disini saya akan menjelaskan bagaimana cacti bekerja dalam menampilkan grafik. 
 
  • Dalam penggunaannya untuk menampilkan tampilan monitor, cacti membutuhkan service web application (apache), database application (mysql) dan php application (php). Semua itu sudah satu paket disediakan oleh xampp. Version dari xampp sendiri harus menggunakan versi 7.4.11 dikarenakan cacti versi 1.2.15 hanya support di versi xampp tersebut. *saya belum coba juga sih di versi xampp lainnya selain versi xampp terbaru tapi kelihatannya seperti itu.
  • Cacti application hanya menyediakan tampilan untuk website cactinya saja. Jadi dengan bermodal xampp dan cacti, kita sudah dapat menghasilkan platform untuk monitoring web-basednya.
  • Untuk mendapatkan informasi dari device-device yang kita kelola, maka kita disini membutuhkan aplikasi Net SNMP. Aplikasi ini bisa kita gambarkan sebagai SNMP client untuk mengambil informasi yang sudah di aktifkan pada snmp server device perangkat kita dengan menggunakan snmp community sebagai credential SNMPnya.
  • Hasil dari informasi yang di dapatkan SNMP Client agar dapat di tampilkan dalam bentuk graph atau grafik maka di butuhkan aplikasi RRDtool. RRDtools ini lah yang bisa kita sebut sebagai aplikai geniusnya. Dia dapat mengkonvert informasi SNMP device menjadi grafik dengan mengcreate file dengan ekstensi RRA untuk di masukan ke dalam cacti website. *RRDTools yang saya sarankan untuk xampp windows disini adalah versi 1.7.2 yang di kembangkan oleh pengembang cacti windows kalo saya ngga salah. 

Instalasi Cacti Monitoring

Untuk instalasi cacti disini saya akan membagi artikelnya menjadi 2 bagian atau 2 part. Biar kalian ngga pusing juga nantinya :D. Di tahapan instalasi kali ini kita hanya akan melakukan instalasi bahan awalnya dulu, dari install xampp, net-snmp, cacti web-basednya dan rrdtool serta koneksi ke database cacti agar kita dapat terhubung ke website cactinya terlebih dahulu. 

Di tahapan selanjutnya yang akan saya jelaskan di artikel terpisah akan membahas step-by-step setup untuk installing cacti webnya dan requirementnya. Jadi langsung saja, untuk tahapan awal pastikan kalian memiliki semua bahan yang di butuhkan untuk instalasi. Kalian bisa mendownloadnya satu persatu atau juga bisa menggunakan link google drive untuk semua bahan yang sudah saya siapkan.
 
Tahapan selanjutnya kalian tinggal instal aplikasi net-snmp dan xampp seperti install aplikasi pada umumnya (tinggal next doang kok), jika sudah kalian jalankan aplikasi xampp dan start untuk service apache dan mysqlnya. *Untuk aplikasi net-snmp cukup instalasi saja.
 

Tahapan selanjutnya, kalian extract rrd-tools nya lalu folder rrdtoolnya kalian rename sama menjadi rrdtool lalu pindahkan pada directory c tepatnya dibawah folder program files.
 
 
Sama seperti rrdtool, installer cacti juga tinggal kalian pindahkan saja ke folder untuk web akses xamppnya di htdocs atau mungkin yang belum terbiasa di xampp directorynya berada di C:\xampp\htdocs.
 

Setup Cacti Database Connection 

Selanjutnya tinggal kita setup untuk cacti database connectionnya. Masuk ke menu admin untuk mysqlnya, bisa kalian klik dari aplikasi xampp yang aktif atau bisa juga langsung akses saja linknya <ip server cacti>/phpmyadmin. Setelah itu tinggal buat saja database baru dengan nama cacti dengan formati unicode_ci.
 
 
Selanjutnya setelah database cacti terbuat, tinggal kita import saja database cactinya yang berada di folder cacti di dalam htdocs yang sebelumnya sudah kita copy. Untuk lebih jelasnya lokasi folder database cacti ini bisa di temukan di dalam directory C:\xampp\htdocs\cacti.
 
 
Untuk database connectionnya kita tinggal edit saja file config.php yang berada di dalam folder include di dalam folder cacti. Lalu kita edit parameter databasenya. Kalian tinggal mengganti username dan password saja biasanya untuk mengkoneksikan database awal. Default akses database connection user : root pass : <kosong>.
 
 
Jika parameternya sudah benar, maka otomatis database akan terkoneksi dan kita bisa langsung mengakses web cactinya dengan mengakses <ip server cacti>/cacti. Tinggal kita masukan saja user password cacti defaultnya yaitu user admin pass admin.
 

Update Video

Berikut saya siapkan juga video untuk step by step instalasi cacti di xampp windows sampai step add graph devicesnya agar lebih mudah di pahami

 
Untuk step selanjutnya kalian nanti akan di arahkan ke step-by-step instalasi cacti web basednya. Untuk itu nanti akan saya bahas kembali step berikutnya di artikel yang terpisah. Cukup sampai sini dulu perjumpaan kita, sekian dari saya jika ada yang ingin di tanyakan bisa letakkan di kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung, sampai berjumpa di pembahasan berikutnya. Salam Networking!!.

0 komentar:

Post a Comment

Kenal Saya

Follow My Twitter

Profil



Nama saya Alfa Farhan Syarief, web ini ada berdasarkan nama saya sendiri. Saya sendiri masih duduk tingkat SMK. Lebih lengkapnya saya masih bersekolah di SMKN 1

More »

Blog Archive

Recent Comment